7 Ide Mengisi Liburan Sekolah dimasa Pandemi

Juli 18, 2021

Liburan sekolah sudah usai. Namun bagi anak saya yang sekarang naik kelas dua, liburan sekolah bukanlah hal yang istimewa, karena baginya setiap hari adalah liburan, hihihi. Ya, sejak pandemi melanda, semua sekolah di tutup dan proses belajar mengajar diganti dengan sistem daring. Selama PJJ anak saya hanya belajar di pagi hari via gadget, itupun tidak lebih dari dua jam.

Sekarang dia sudah kelas dua, dan bersiap untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh yang akan dimulai diawal minggu keempat bulan Juli. Selain mengikuti pelajaran sekolah, dia juga mengikuti pembelajaran mengaji dengan metode Qiroati, yang dilakukan setiap hari senin sampai jumat. 

Lalu apakah dia merasa kalau liburan sekolah yang sudah berlalu beberapa hari yang lalu, terasa menyenangkan? Jawabannya, tentu saja menyenangkan, meskipun dia tidak bisa pergi jalan-jalan keluar rumah, karena pasca lebaran, kasus covid di kota kami mengalami lonjakan tajam, sehingga harus benar-benar mentaati protokol kesehatan, dan salah satunya adalah menghindari kerumunan. So, liburan sekolah kemarin fix, kami hanya di rumah saja, tanpa ada agenda keluar kota atau mengunjungi obyek wisata yang ada di dalam kota.

Meskipun hanya berada di rumah, si kecil tetap menikmati liburannya, karena di rumah banyak temannya yang senasib, hehehe. Namun, namanya anak-anak, tentu ada kalanya mereka mengalami kebosanan karena harus berada di rumah terus dengan kegiatan yang monoton. Meskipun mereka sudah tahu tentang alasan kenapa harus di rumah saat liburan, tetapi ada masa dimana mereka mengungkapkan keinginannya untuk bisa menikmati liburan keluar rumah.


Foto : Koleksi pribadi

Nah, sebagai orang tua tentu kita juga harus tetap memikirkan bagaimana membuat anak-anak tetap merasa nyaman, bahagia dan tetap semangat meskipun liburan hanya di rumah saja. 

Berikut 7 ide mengisi liburan sekolah dimasa pandemi

Mengikuti Kelas Menulis Online

Buat anak-anak yang memiliki hobi menulis, dapat memanfaatkan waktu liburan dengan mengikuti kelas menulis secara online. Kegiatan ini terbukti mampu memberikan semangat dan menggali kreatifitas anak dengan cara mengikuti proyek menulis bersama. Selain anak-anak memiliki pengalaman menerbitkan karya tulisnya, juga akan bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki passion yang sama, sehingga mereka akan bersemangat untuk terus mengasah ketrampilan menulisnya, dan itu akan memberikan efek positif jangka panjang.

Membuat Aneka Karya 

Kegiatan ini menjadi pilihan anak bungsu saya. Dia naik kelas dua tahun ajaran ini. Meskipun anak seusianya cenderung menghabiskan waktu liburnya dengan bermain, tetapi rasa bosan juga terkadang menghampiri. Saat dia merasa bosan, maka si kecil akan mulai berkreasi dengan bahan-bahan bekas dan kertas yang ada di rumah. Seperti membuat pernak-pernik dari kertas yang dia staples kemudian di gambar aneka hewan dan benda-benda. Kegiatan ini cukup membuat dia betah duduk berlama-lama untuk menggambar.


Foto : Koleksi pribadi

Berkebun

Kegiatan berkebun dapat menjadi pilihan bagi anak-anak untuk mengisi liburan sekolah dimasa pandemi. Anak-anak dapat melakukan aktifitas berkebun ini dengan orang tua. Meminta mereka untuk ikut membantu merawat tanaman yang ditanam bersama-sama akan membuat anak bersemangat dan tidak bosan, karena memiliki aktifitas merawat tanaman setiap hari.

Mengikuti Aneka Les 

Liburan sekolah dapat menjadi awal bagi anak untuk mengikuti aneka les yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat mereka. Seperti les vokal, menggambar, kaligrafi dan lain-lain. Orang tua dapat memilih les yang aman dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menata Ulang Kamar 

Selama liburan anak-anak dapat kita ajak untuk menata ulang kamar tidurnya, sehingga menghadirkan suasana baru yang akan menumbuhkan semangat baru juga. Menata ulang kamar tidak harus mengganti dengan perabot yang baru. Kita bisa mengajak anak untuk mengganti posisi tempat tidur atau lemari, kemudian menghias dindingnya dan merapikan isi lemari sehingga lebih rapi. Orang tua dapat membuat jadwal, kegiatan apa yang pertama kali akan dilakukan, misalnya, hari pertama menggeser tempat tidur dilanjut membersihkan kamar, hari kedua menggeser lemari, hari ketiga menghias dinding dan seterusnya, sehingga anak akan mempersiapkan diri dan ide untuk menata ulang kamarnya.

Olahraga

Dimasa pandemi, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Kegiatan ini dapat menjadi pilihan bagi anak-anak untuk mengisi liburan sekolah. Olahraga ringan dapat dilakukan di sekitar rumah, seperti senam, bulutangkis, sepatu roda, catur, lompat tali. selain sehat, dengan olahraga juga akan menggali bakat yang dimiliki oleh anak-anak, sehingga orang tua dapat memberikan dukungan dengan tepat.

Menonton Film

Kegiatan ini sepertinya yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Menonton film bersama anggota keluarga tentu akan menyenangkan. Orang tua dapat memilih film yang sesuai dengan usia anak. 


Foto : Koleksi pribadi

Meskipun sampai saat ini anak-anak masih belajar dengan metode daring dan tetap berada di rumah selama 24 jam, tetapi bukan berarti tidak memiliki waktu dan kegiatan khusus saat liburan sekolah. Mereka dapat memilih beberapa kegiatan selama liburan, dengan arahan dan pantauan orang tua tentunya.

Mengisi liburan dengan kegiatan yang menghibur dan memberikan efek relaksasi bagi anak, tentu akan memberikan dampak yang positif bagi mereka selama proses belajar daring, selain itu juga dapat menjadi mood booster bagi anak untuk mengikuti PJJ kembali. Anak akan lebih siap belajar, serta menghindari kebosanan. Kalau Bunda, memilih kegiatan liburan apa bersama ananda selama pandemi. Sharing yang di kolom komentar.

Salam hangat

Ulfah Wahyu


You Might Also Like

1 komentar

  1. aku paling suka nonton film :D exploring new genres is a good thing

    BalasHapus