Manfaat Permainan Meronce Bagi Anak

Juni 30, 2022

14 tahun yang lalu saat saya masih menjadi guru TK, sering sekali melakukan kegiatan meronce bersama anak didik. Meronce adalah suatu seni merangkai objek benda menjadi satu kesatuan dengan bantuan benang, tali, atau bisa juga menggunakan senar halus yang lentur. Kegiatan meronce ini adalah salah satu permainan yang disukai oleh anak-anak. 

Sebelum melakukan permainan ini, orangtua harus menyiapkan media yang akan dipakai untuk meronce. Ajak anak untuk menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk permainan ini, sehingga mereka akan antusias dan belajar tentang bahan-bahan apa saja yang diperlukan.

Objek benda yang digunakan untuk meronce sangat beragam, antara lain

  • Manik-manik.
  • sedotan.
  • Sayuran seperti, batang daun singkong, kacang panjang, batang daun pepaya, dll.
  • Kerang.
  • Bunga.
  • Kertas.
Foto : Koleksi pribadi

Sementara itu, peralatan yang harus disiapkan saat meronce adalah, gunting, tali, benang atau senar. Hasil kreasi meronce juga banyak jenisnya, seperti gelang, kalung, bando, gantungan kunci, tasbih, dan hiasan lainnya. Anak-anak dapat membuat benda yang disukai dan mereka bisa membuatkan untuk saudara atau teman sebagai hadiah.

Manfaat Meronce Bagi Anak

Selain menghasilkan karya yang indah, kegiatan meronce ini memiliki banyak manfaat bagi anak, sebagai berikut

Melatih Motorik Halus
Meronce membutuhkan kerja tangan secara konsisten dan membutuhkan kekuatan otot jari tangan. Ketika anak melakukannya terus menerus, maka mereka dapat mengasah kemampuan otot jari tangannya. Hal ini bermanfaat untuk melatih kemampuan mereka menulis dan memegang benda-benda.

Melatih Konsentrasi
Ketika meronce, anak akan belajar konsentrasi, karena mereka harus memasukkan benda ke dalam tali atau benang, sehingga secara oromatis, anak akan memadukan kerja mata dan tangan yang membutuhkan konsentrasi. Anak-anak akan belajar fokus untuk menyelesaikan tugasnya.

Belajar Mengenal bentuk
Media meronce yang bermacam-macam, memberikan pelajaran mengenal bentuk bagi anak. Mereka akan belajar menegenali bentuk dari kegiatan meronce. Anak-anak akan belajar mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya, untuk disusun menjadi hasil seni yang indah dan menarik.

Belajar Mengenal Warna
Objek benda meronce yang berwarna-warni, memberikan pelajaran mengenal warna bagi anak. Mereka dapat belajar mengurutkan bentuk berdasarkan warna.

Foto : Koleksi pribadi

Mengasah Kreativitas Anak 
Meronce juga dapat mengasah kreativitas. Anak akan bereksplorasi membuat aneka kreasi dari permainan ini. Mereka dapat menggabungkan aneka bentuk dan warna, menjadi sebuah karya yang indah.

Melatih Koordinasi Mata dan Tangan
Melatih koordinasi mata dan tangan merupakan salah satu ketrampilan yang penting untuk dikembangkan pada anak. Meronce menjadi salah satu cara bagi anak untuk belajar melatih koordinasi mata dan tangan. Orangtua dapat melatih anak dengan memberikan manik-manik berdasarkan ukuran, bentuk dan warna.
 

Hasil karya meronce juga dapat bernilai jual. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama teman-teman sebaya. Mereka juga bisa saling berinteraksi dan mengembangkan imajinasi. Meronce menjadi kegiatan positif untuk mengisi waktu luang dengan banyak manfaat.

Anak-anak memiliki energi yang berlebih. Mereka membutuhkan kegiatan yang mampu merangsang kreativitas dan kemampuan motoriknya. Meronce bisa menjadi salah satu pilihan. Orangtua dapat mendampingi anak melakukan kegiatan ini, dengan cara membantu menstimulasi sesuai tahapan kemampuannya.

Salam hangat

Ulfah Wahyu 







You Might Also Like

26 komentar

  1. Jadi inget juga waktu anak pertama, masih rajin banget stimulasi anak... Dari meronce ini mesti sabar banget ya baik ortu maupun anak. Tapi lama-lama bisa enjoy dan seru buat anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enjoy banget mbak. Apalagi meronce bareng teman.

      Hapus
  2. Waktu kelas 1 sampai 3 SD, anakku seneng banget dengan aktivitas meronce ini, kadang bikin gelang atau kalung terus dijual ke temannya...hahaha, tapi memang banyak manfaatnya ya jika anak suka dengan aktivitas meronce, anakku jadi lebih peka dengan warna dan belajar mix and match warna agar tampak menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak. Anak saya buat gelang persahabatan dikasihkan ke sahabatnya.

      Hapus
  3. Meronce bagi anak anak kegiatan yang menyenangkan dan menantang hihihi, inget pas anak pertama ia enjoy dengan meronce, saat diterapkan ke anak kedua sebenarnya juga enjoy tapi ditengah jalan ia bete karena gak masuk masuk ke lubangnya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, kalau usia pra sekolah memang harus didampingi biar tidak bete kalau pas gak bisa-bisa, hehehe.

      Hapus
  4. Benar sekali mbak
    Meronce adalah salah satu permainan yang bermanfaat bagi anak
    Banyak stimulasi yang terjadi saat anak melakukan kegiatan meronce ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bermanfaat sekali untuk stimulasi anak.

      Hapus
  5. Laily Fitriani16 Juli 2022 06.59

    Meronce ini digemari anak-anak ya Mbak? dulu anakku ada pelajaran ini saat di TK dan SD kelas 1,2,3. Seru ya? meronce ini pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tetapi juga menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melatih konsentrasi dan motorik ya mbak.

      Hapus
  6. Ya ampun jadi inget waktu kecil akupun seneng banget meronce, ternyata ada banyak manfaatnya juga ya

    BalasHapus
  7. Wah masyaAllah bisa nih yaa buat Isya jugaa biar dia juga belajar motorik halus juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak, dan ini adalah kegiatan yang menyenangkan

      Hapus
  8. Pas banget. Beberapa hari lalu anakku yang baru aja masuk TK juga dapat kegiatan meronce. Melatih kesabaran banget ya meronce ini.

    BalasHapus
  9. Seru dan mengasyikkan loh aktivitas yang satu ini. Anak sulungku waktu kelas 2 atau 3 SD dulu, seneeeng banget kalau dibelikan bahan-bahan untuk meronce. Ada saja yang dibuatkannya untuk ibunya. Ada kalung, gelang dan cincin gitu dari manik-manik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, anakku membuatkan gelang trman2nya. Pada suka mereka.

      Hapus
  10. Kesukaan anak aku banget inii..
    Sering beli manik-manik dan benang satu paket dan ketika sudah jadi, suka dikasih-kasihin ke temen-temenya.
    Mereka serasa bangga banget kalau dapat hadiah dari teman, jadi membalas dengan apa yang mereka bisa lakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anakku kelas 3 SD mbak. Bikin gelang persahabatan buat teman-temannya. Mereka senang sekali.

      Hapus
  11. Makasih ya bun, bisa di noted nanti kalau anakku sudah umur tiga tahunan. Bahan bahannya, kisaran harga berapa ya bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah harga bermacam2 mbak. Pakai bahan alami juga bisa kok, tidak harus beli.

      Hapus
  12. Selain melatih motorik anak, hasil dari meronce juga bagus-bagus ya, menarik untuk dijual. Sekaligus bisa mengajarkan bisnis nih ke anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, bisa dijual saat marketday di sekolah.

      Hapus
  13. Anak memang perlu dikenalkan dengan banyak keterampilan ya mak. Btw, usia tk sudah amankah diajak meronce? Khawatirnya nanti asyik main manik-manik nanti malah ketelen atau masuk hidung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus didampingi Bund kalau usia pra sekolah. Kalau mau lebih aman bisa pakai bahan alami.

      Hapus