Manfaat Quality Time Bersama Keluarga

January 09, 2020



Keluarga adalah lingkungan terkecil dalam hidup kita. Memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia, adalah dambaan setiap manusia. Kebersamaan antara orang tua dan anak, adalah idaman bagi semua keluarga. Hubungan yang harmonis dan saling menyayangi, antar anggota keluarga, akan memberikan dampak yang positif dalam perkembangan anak dan juga psikologis mereka. Selain itu, pasangan suami istri juga akan merasa bahagia dalam mengasuh buah hati tercinta.

Pekerjaan orang tua yang terkadang menyita waktu, membuat keluarga kehilangan kebersamaan yang diidamkan. Padahal sangatlah penting bagi sebuah keluarga untuk menjaga kebersamaan, agar tercipta kehidupan yang nyaman, tentram dan juga bahagia. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi sebuah keluarga untuk meluangkan waktu, bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain, menikmati waktu bersama. Dalam hal ini adalah mewujudkan quality time bersama keluarga.

Quality time adalah, memanfaatkan waktu yang bermakna kita bersama dengan orang-orang yang kita cintai atau berharga dalam hidup kita. Menghabiskan waktu ini bisa dengan cara, melakukan hal bersama-sama, makan bersama, melakukan perjalanan bersama atau sekedar ngobrol tentang hal yang dilakukan sehari-hari. Quality time tidak harus dengan menghabiskan uang atau tenaga berlebih.

Saya biasa melakukan quality time bersama anak-anak, hanya dengan menemani mereka berada di rumah seharian jika hari libur. Membiarkan mereka melakukan aktivitas yang disukainya, dengan saya berada di samping mereka. Hal itu sudah cukup membuat anak-anak dekat dengan saya. Kadang-kadang kami makan bersama di luar, atau melakukan perjalanan keluar kota. Bagi saya yang terpenting dalam quality time adalah, kita benar-benar memperhatikan anak-anak dengan sepenuh hati.

Manfaat Quality Time Bersama Keluarga.

Setiap keluarga pasti pernah mengalami masalah, pun demikian dengan keluarga saya. Nah bagi kami quality time ini sangatlah penting. Suami dan saya biasa menghabiskan waktu bersama di rumah bersama anak-anak, saat dia tidak bekerja. Saya memang lebih suka berada di rumah dengan keluarga. Bagi saya, berada ditengah-tengah mereka, sudah cukup membuat bahagia. Sesekali kami meluangkan waktu untuk pergi mengunjungi tempat-tempat wisata atau makan malam di luar, sebagai selingan agar tidak bosan.

Ada beberapa manfaat quality time bersama keluarga yang akan memberikan pengaruh positif bagi keluarga, diantaranya :

1. Hubungan Antar Anggota Keluarga Semakin Harmonis.
Semakin sering sebuah keluarga menghabiskan waktu bersama, maka ikatan di antara mereka akan semakin kuat. Rasa kasih sayang dan kepedulian di antara anggota keluarga akan semakin terasa. Hal itu tentu akan berpengaruh terhadap hubungan antara masing-masing anggota keluarga. keharmonisan akan tercipta dengan seringnya berkumpul bersama. Setiap keluarga pasti memiliki quality time dengan cara yang berbeda. Dengan sering berkumpul, maka masing-masing anggota keluarga dapat saling memberikan dukungan satu dengan yang lain. 

2. Kondisi Emosional Anak Akan Stabil. 
Adanya kebersamaan dalam keluarga, tentu akan membawa dampak positif bagi perkembangan emosional anak. Mereka akan merasa nyaman berada di rumah, dekat dengan keluarganya. Komunikasi akan terjalin dengan lancar. Sehingga akan lebih memudahkan dalam penyelesaian masalah dalam keluarga. Anak juga akan merasa nyaman dan tenang, dengan kondisi keluarga yang harmonis, sehingga akan membuat emosinya stabil.

3. Meningkatkan Semangat Hidup.
Setiap keluarga pasti mendambakan kehidupan yang harmonis. Dengan meluangkan waktu berkumpul bersama keluarga, akan dapat meningkatkan semangat hidup. Rasa bahagia dan nyaman, karena memiliki keluarga yang saling menyayangi, akan menghadirkan pikiran tenang dan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Bisa Merencanakan Kegiatan Seru Bersama.
Berkumpul bersama keluarga, tentu akan banyak membicarakan beberapa hal. Diantaranya, merencanakan liburan bersama keluarga, melakuan aktivitas untuk mengisi waktu libur saat di rumah, dan lain-lain. Hal itu tentu sangat menyenangkan, karena akan melibatkan semua anggota keluarga dalam pembicaraan itu.

Waktu yang kita punya tidak akan pernah kembali. Berkumpul bersama orang-rang tercinta, tentu akan menjadi salah penyemangat dalam menjalani kehidupan kita selanjutnya. keluarga adalah lingkungan terkecil yang miliki. Bersama mereka, kita dapat melakukan banyak hal yang menyenangkan. Menjadikan rumah dan keluarga sebagai tempat kembali yang paling nyaman, setelah lelah seharian bekerja dan bertemu dengan berbagai masalah, adalah solusi yang tepat.

Quality time tidak harus melakukan hal yang mahal. Kebersamaan bersama keluarga itu adalah yang terpenting. Anak-anak mampu mengekspresikan diri mereka, dan kita juga dapat mencurahkan cinta serta kasih sayang secara utuh dan tulus kepada mereka, akan membuat keluarga bahagia dan saling merindukan satu sama lain. Yuk, Ayah Bunda, pastikan kita memiliki waktu berkualitas dengan keluarga kita, karena setiap detik dalam hidup kita, sangatlah berharga. 

Kudus, awal Januari 2020

You Might Also Like

12 comments

  1. Setuju banget dengan poin kedua Mba. Menyediakan waktu berkualitas sama anak ngaruh banget ke kondisi emosinya. Terutama kalau anaknya masih balita. Quality time jadi bikin ga mudah rewel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak saya yang paling kecil soalnya mintanya diperhatikan terus Mbak Titik, jadi kayak quality time terus deh tiap hari.

      Delete
  2. Hubungan keluarga semakin harmonis memang sudah yuni rasakan. Apalagi mengenai perencanaan kegiatan keluarga. Iyuh, bener banget, Mbak. Yuni sepakat. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi lebih bisa mengakrabkan anatar anggota keluarga ya Mbak Yuni.

      Delete
  3. Aku juga sedang membangun ikatan yang erat nih dengan anak-anak. Sulung sudah berusia 10 tahun. Sebentar lagi jadi remaja. Aku ingin di masa remaja saat teman-teman adalah sesuatu yang berharga, dia tetap yakin bahwa rumah adalah tempat ternyaman. Jadi dia akan tetap menceritakan apa yang membuat dia resah, bingung, atau bahagia, ke ibunya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih terus berusaha Mbak Melina, untuk bisa menjadi ibu yang menyenangkan bagi anak-anak.

      Delete
  4. bener quality time itu gak perlu mahal, kalo dulu zaman saya belum nikah. Ibu bapak saya selalu ngajak sekeluarga makan di luar tiap malam minggu. Enggak usah ke resto ke kaki lima pinggir jalan aja udah quality time banget. sambil cerita-cerita santai. Ah jadi kangen sama ibu bapak ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting itu kebersamaannya ya Mbak Stefi. Masalah mau dimana, tetap bahagia.

      Delete
  5. waah quality time with family itu bagai boster yg memberi hal2 positif bagi semua anggota keluarga. Salam buat keluarga ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Sri Ningsih. Benar sekali. Terima kasih.

      Delete
  6. Setuju Mbak, manfaat quality time itu banyak. Maka mesti adaquality time bersama keluarga
    Apalagi kalau anak sudah besar dan punya jadwal berbeda seperti saya. Harus pintar-pintar cari waktu agar tetap bisa menguatkan keharmonisan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Kita pasti tidak ingin kehilangan moment kebersamaan dengan keluarga.

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images