Sahabat Sejati

August 30, 2020


Sahabat, apa yang terbersit dalam benak kita jika mendengar kata itu? Menurut kamus besar bahasa indonesia artinya adalah kawan, teman, handai. Sahabat adalah seseorang yang selalu memberikan dukungan kepada kita di kala senang maupun susah. Sahabat dapat memberikan begitu banyak arti dalam kehidupan kita. Tanpa adanya  sahabat maka bisa dipastikan kehidupan kita akan terasa membosankan dan kurang berwarna.

Sebagai makhluk sosial tentu kita mempunyai naluri untuk menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain. Kita tidak akan bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Bagi seorang manusia, sahabat memberikan arti dan pengaruh yang cukup penting dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu sangat penting bagi mereka untuk menjalin persahabatan dengan teman yang memiliki pengaruh positif dalam bergaul.

Apa Manfaat Persahabatan?

Berbagi Suka Duka
Memiliki sahabat akan membuat hidup kamu bahagia, berwarna dan penuh dengan keceriaan. Dengan sahabat kamu bisa berbagi keceriaan dan kesedihan. Mereka akan menjadi pendengar yang baik bagi ceritamu. Saling memberikan motivasi positif dan menasehati dalam kebaikan.  
 
Meningkatkan Mood
Dalam kehidupan manusia, pasti melewati banyak sekali masalah. Dengan memiliki sahabat dan bertemu dengan mereka yang memiliki beraneka karakter akan memberikan dampak positif bagi suasana hati kamu. Bertemu dengan sahabat tentu akan membuat kamu banyak tersenyum dan sejenak melupakan masalah dalam kehidupanmu.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Memiliki sahabat akan semakin meningkatkan rasa percaya diri, karena mereka akan senantiasa memberikan motivasi kepada kamu untuk melakukan kebaikan, dan juga menggali potensi yang dimiliki. Sahabat juga akan memberikan masukan dan saran akan kekurangan kamu, sehingga rasa percaya diri itu akan tumbuh setelah kamu memperbaiki diri.

Melancarkan Rezeki dan Memperpanjang Umur
Memiliki banyak sahabat akan semakin membuka jalan rezeki kamu dan memperpanjang umur. Dengan bersilaturahim kamu akan dapat mengenalkan usaha atau bisnis yang kamu kelola, dan tanpa kamu sadari dengan menjalin persahabatan, akan banyak teman yang berbagi kebaikan, baik dalam bentuk materi ataupun tenaga kepadamu. Sahabat akan dengan suarela membantu jika kamu sedang membutuhkan mereka. Selain itu dengan menjalin silaturahim juga akan memperpanjang usia.


Apa Arti Sahabat bagi Kamu?

Sahabat bisa memberikan banyak arti dalam kehidupan. Sahabat akan menjadi orang yang saling melengkapi dan memperbaiki. Mereka menjadi penyelamat bagi kamu dari kesepian. Sahabat sejati akan selalu ada bersama kamu, meskipun tahu akan kekuranganmu. 

Sahabat akan membantu kamu dalam mencari solusi dari permasalahan yang kamu hadapi. Mereka akan menjadi orang yang bisa memahami tanpa memaksakan kehendak. Mereka akan berani berterus terang tentang kekurangan kamu dan berusaha untuk membantumu memperbaiki kesalahan yang kamu perbuat.

Sahabat adalah salah satu keluarga besar kita. Biasanya kita akan mengenal keluarga mereka lebih akrab juga. Sehingga terkadang apa yang terjadi kepada salah satu keluarga mereka, kamu juga akan tahu. Kehadiran kamu bisa memberikan semangat atau mungkin inspirasi.

Batasan Arti Persahabatan

Meskipun kita memiliki sahabat yang barangkali sudah menjalin persahabatan hingga bertahun-tahun, namun menurut hemat saya kamu harus tetap memiliki batasan tertentu dalam berbagi masalah. Ada kalanya kamu harus menjaga permasalahan yang memang kurang layak untuk kamu bagi dengan sahabat, dan ada kalanya kamu bisa berbagi tentang permasalahan yang memang layak untuk di bagi.

Jadilah sahabat yang bisa menghargai satu dengan yang lain. Tidak perlu memaksa hingga harus terlibat dalam permasalahan pribadi yang memang tidak layak untuk kamu ketahui. Sahabat juga memiliki ruang pribadi yang hanya ada dia beserta keluarganya saja yang ada di dalamnya, jadi posisikan diri kamu sebaik mungkin agar tidak terlalu jauh masuk ke dalamnya.

Bagaimana jika ada seseorang yang mampu menceritakan semua masalah pribadinya tanpa sungkan kepada sahabatnya? Di sinilah peran kita sebagai sahabat sejati diuji. Apakah kita akan terlarut dalam emosinya itu, atau justru kita bisa menjadi lebih bijaksana dengan memberikan nasehat yang baik, agar dia mampu menahan diri untuk tidak terlalu jauh keluar dari batasannya.

Sahabat sejati tentu tidak ingin melihat sahabatnnya jatuh, mereka akan berusaha untuk membantunya dengan tulus. Selama niat kamu menjalin persahabatan karena Allah, maka insya Allah persahabatan yang terjalin akan senantiasa mendapatkan rida-Nya.

Jadilah sahabat sejati yang mengingatkan dalam kebaikan, dan mengingatkan ketika sahabat kamu melakukan kesalahan. Selipkan mereka dalam doa lima waktumu. Berkumpul dengan orang yang baik kamu akan ikut tertular kebaikannya itu, dan berkumpul dengan orang yang buruk, tidak menutup kemungkinan kamu pun akan tertular juga akan keburukannya. 

Oleh karena itu pilihlah sahabat sejati yang akan selalu mengajakmu kepada kebaikan, mengingatkanmu di kala khilaf dan tidak segan membantumu di kala sempit. Saling menghormati dan menjaga perasaan sahabat akan menjadikan persahabatan kamu langgeng. Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengingatkan 

"Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi akan memberimu minyak wangi, atau mungkin engkau akan bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalapun tidak engkau akan tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi percikan apinya mengenai pakaianmu  dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapat bau asapnya yang tidak sedap." ( HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628 )

 

Salam hangat


 


 

 

You Might Also Like

28 comments

  1. Masya Allah, pengingat benar ini..: Plihlah sahabat sejati yang akan selalu mengajakmu kepada kebaikan, mengingatkanmu di kala khilaf dan tidak segan membantumu di kala sempit.
    Sekarang dengan makin bertambahnya umur dan berkurangnya kesibukan di luaran jadi makin mengerucut jumlah sahabat. hiks. Apapun itu yang utama tetap saling menghormati dan menjaga perasaan sahabat akan menjadikan persahabatan kamu langgeng.
    Yang makin banyak malah sahabat di dunia maya...Apapun itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sama, tapi alhamdulillah masih memiliki sahabat ya, tempat saling bertukar pikiran dan diskusi.

      Delete
  2. Sahabat sejati itu yang selalu mendukung kita, menghargai pilihan kita, dan selalu setia menemani saat pilihan kita itu salah.

    Sahabat sejati, selalu menjadi impian banyak orang ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun hanya satu, yang penting dia bisa menjadikan diri kita terus berpikir positif dan semangat melakukan kebaikan ya mbak, itu yang penting.

      Delete
  3. Susah untuk mendapatkan sahabat sejati. Tapi disini kita bisa terus berbuat baik dan menjalin pertemanan, karena apa yg orang lakukan pada kita, itu cermin dari perlakuan kita terhadap orang lain ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak. Saya juga merasa beruntung memiliki teman2 yang baik selama ini.

      Delete
  4. saya udah lama gak punya sahabat sejati, dulu waktu sekolah ada. tapi sekarang semanjak sudah pada nikah ya sudah gitu, hehe. sekarang, orang yang saya anggap sahabat ternyata tak mengganggap saya seperti itu. tapi yasudah bagi saya ada keluarga yang terus ada untuk saya juga salah satu hal yang bikin bersyukur. makasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, keluarga adalah sahabat terbaik kita ya.

      Delete
  5. Dulu ya punya sahabat zaman sekolah. Tetapi sejak menikah, sahabat zaman sekolah udah jarang ketemu. Sahabat di tempat kerja paling chat di WA, karena pandemi engga berani bertemu. Teman sih sering curhat. Tetapi aku jarang euy curhat ke teman...takut ember. Haha...diceritain lagi ke teman lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah menikah mungkin sahabat terbaik adalah suami ya mbak, tanpa takut bocor ceritanya hihi.

      Delete
  6. mbak aku sedih ih bacanya, udah lama banget ga punya "sahabat" yang benar2 sesuai definisi mbak. dulu ya punya ketika sekolah dan kuliah. perlahan ketika kita masuk gerbang menikah dan punya anak jadi sibuk masing-masing dan gelar sahabat cuma manis di bibir. ah semoga bisa bertemu teman sahabat yang menginggatkan selalu dalam kebaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mbak. Alhamdulullah dengan bergabung dalam sebuah grup yang berisi teman2 dengan misi yang sama, menjadikan kita saling peduli satu dengan yang lain.

      Delete
  7. Baca ini aku jadi ingat sahabat sahabat sejatiku..
    Kami sudah bersahabat selama 18 tahun...
    Dan emang cari sahabat nggak mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lama juga ya mbak 18 tahun, semoga langgeng ya.

      Delete
  8. Semakin dewasa saya semakin selektif memilih sabahat Mba. Pilih yang bener-bener klik dihati dan bisa mengajak pada kebaikan seperti yang Mba Ulfa sampaikan diatas. Inner circle memang semakin kecil tapi lebih adem dipikiran dan hati. Sahabat terbaik saya justru adik sendiri, tempat berbagi suka duka dan semuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak. Meskipun hanya satu yang penting dia baik dan memberi efek positif dalam hidup kita.

      Delete
  9. Sahabat adalah tempat dimana kita bisa menjadi diri sendiri. Aih rindu sahabat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat mbak, tanpa harus pura2 menjadi baik agar kelihatan sempurna ya.

      Delete
  10. Sahabat tentu maknanya besar dan dalam, mampu jadi support system saat lagi down. Tapi ketika menikah berbeda ya mba karena menceritakan rumah tangga kan gak boleh. Tetap sih adanya sahabat itu membantu kita walau gak semua dishare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, tetap ada batasan saat curhat sama sahabat. Kita juga harus tahu batasan agar tidak terlalu jauh masuk dalam kehidupan pribadi mereka.

      Delete
  11. Saya termasuk yang susah menjalin relation sampai ke tingkatan sahabat. Tapi begitu punya, bakal awet. jadi sahabat saya sekarang selain suami, ya tetap sahabat saya sejak kuliah lebih dari 20 tahun lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah awet ya mbak. Bener banget, sahabat terbaik setelah menikah adalah suami, karena mereka akan selalu ada untuk kita dalam kondisi apapun.

      Delete
  12. Masya Allah, jadi kangen meet up sama sahabat2ku. Benar banget sahabat terbaik adalah yang berani menjewer kita saat sedang khilaf dan ngajakin balik ke kebenaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang benar2 sahabat ya mbak. Senangnya jika memiliki sahabat yang seperti itu.

      Delete
  13. Sahabat itu teman dekat yang bisa menerimaku apa adanya. Segala kelebihan dan kekuranganku. Kami nggak mesti selalu satu pemikiran, sih. Kan ada yang namanya diskusi. Malah enak bisa saling memberikan masukan dan ide masing-masing. Sahabat itu susah dicari sih menurutku. Kalau sudah ada, mesti dijaga baik-baik agar langgeng dan sama-sama membawa jalan ke surga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, sahabat yang selalu memberikan pengaruh postif dalam kehidupan kita.

      Delete
  14. Sependapat mbak.
    Sahabat yang baik, adalah yang selalu mengingatkan kita pada kebaikan.

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images