Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Marketday di Sekolah

Juni 26, 2022

Dalam rangka mengisi kegiatan akhir semester, sekolah anak saya mengadakan kegiatan marketday. Ini adalah kali pertama ananda mengikuti kegiatan ini, setelah hampir dua tahun lebih pembelajaran dengan sistem daring, akibat efek pandemi. Marketday ini diadakan secara bergantian mulai dari jenjang kelas satu hingga enam. Tentu saja, kegiatan ini disambut dengan sukacita oleh anak saya. Teman-teman satu kelasnya pun sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Ada beberapa aturan yang ditetapkan dalam kegiatan ini. Di antaranya

  • Membawa makanan atau minuman homemade, yang halal, sehat dan bersih sebanyak 5 buah.
  • Membawa nampan atau Tempat untuk menaruh makanan atau minuman yang dijual.
  • Membawa uang @Rp2000 sebanyak 3 lembar untuk bertransaksi.
  • Masing-masing anak berperan sebagai penjual dan pembeli secara bergantian.
Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka mengekspresikan diri dengan menghias stand dagangan dengan tulisan yang kreatif dan menarik. Guru kelas mengirimkan beberapa foto dan video kegiatan ini, sehingga orangtua tahu bagaimana serunya acara marketday ini.

Foto : Dokumentasi pribadi

Anak-anak juga sangat antusias berjualan dan menjadi pembeli.
Kegiatan marketday ini merupakan salah satu cara untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak. Apa saja pendidikan karakter yang bisa ditanamkan dalam kegiatan marketday ini

Menjadi Pedagang yang Amanah dan Jujur

Anak belajar menjadi pedagang yang amanah. Memberikan deskripsi dagangan yang di jual. Selain itu, mereka akan belajar memberikan keterangan tentang bahan baku dari produk yang di jual.

Menjadi Pembeli yang Memiliki Akhlak Mulia

Kegiatan marketday juga memberikan pembelajaran kepada anak untuk menjadi pembeli yang memiliki akhlak mulia. Tidak suka mencela, dan jujur saat melakukan transaksi pembayaran.

Mengenal dan Menghargai Uang

Kegiatan marketday juga mengajarkan anak untuk mengenal dan menghargai uang. Saat bertransaksi, mereka akan belajar mengenal mata uang, menggunakan uang untuk berbelanja, belajar berhitung dan menerima pengembalian. Selain itu, anak-anak juga akan belajar menghargai uang. Mereka akan belajar menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan, karena jumlah uang yang mereka miliki terbatas.


Belajar Berkomunikasi dengan Sopan

Ketika terjadi transaksi jual beli, maka anak akan belajar berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Nah, pada kegiatan marketday ini, anak belajar berkomunikasi dengan sopan kepada penjual atau pembeli. Bagaimana cara bertanya, menjawab dan mengucapkan terimakasih jika sudah selesai bertransaksi.

Belajar Tolong Menolong

Dalam kegiatan marketday di sekolah anak saya beberapa waktu lalu, mereka menjalankan peran ganda, yaitu sebagai penjual sekaligus pembeli. Jadi, saat salah satu anak ada yang ingin berbelanja, maka dia akan meminta tolong kepada teman yang berada didekatnya untuk menunggui dagangannya. di sinilah terjadi interaksi tolong menolong. Saat ada yang membeli, maka teman di sebelahnya akan memberitahu kepada anak yang sedang belanja, bahwa tadi ada yang membeli, namanya ini dan itu uanganya.

Foto : Dokumentasi pribadi

Kegiatan marketday menjadi agenda yang sangat dinantikan oleh setiap siswa di semua jenjang kelas, dari kelas 1-6. Banyak sekali pendidikan karakter yang  bisa dipelajari melalui kegiatan ini. Selain anak mendaptkan laba, mereka juga bisa berbelanja dari laba yang diperoleh tersebut. 

Pasti akan sangat menyenangkan bukan, kalau mereka belanja dari uang hasil jualannya. Bahkan ada juga anak yang membelikan Ibu atau kakak dan adiknya oleh-oleh dari kegiatan marketday itu. Mereka membeli dagangan teman sebagai oleh-oleh buat yang di rumah. Wah, pasti akan sangat menyenangkan dan membuat anak merasa bahagia, karena bisa membelikan sesuatu dari uang hasil jualannya. 

Salam hangat

Ulfah Wahyu




You Might Also Like

38 komentar

  1. Bagus banget kalau si kecil diajarkan bagaimana suasana market day. Menjadi penjual dan pembeli. APalagi biasanya si kecil menjadi pembeli. Nah ini diposisikan sebagai penjual, bagaimana perasaan dan tindakannya?
    Jadi memang bagus banget untuk membangun pendidikan karakter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, anak-anak jadi tahu bagaimana rasanya jadi pembeli. Mereka juga berusaha membuat iklan agar jualannya laku.

      Hapus
  2. Kegiatan marketday pasti menyenang bagi anak2. Di samping adanya unsur pendidikan karakter, mereka bisa bermain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Bunda, susananya sangat menyenangkan. Bermain sambil belajar.

      Hapus
  3. Masyaa Allah, pasti seru banget nih kegiatannya. Saling jajan punya temen itu unik. Boleh dicontoh nih kegiataannya buat para pendidik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, pilihan jajannya jadi banyak, anak-anak sangat antusias. Apalagi mereka juga jadi penjual, jadi selain bisa jajan juga dapat laba.

      Hapus
  4. Anaknya jualan apa, Kak? Seru banget ya ada market day di sekolahnya. Anak-anak jadi belajar bertransaksi, mengenal uang, menambah percaya diri, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jualan pizza mie Kak, bikjn sendiri, dikasih sayur dan telur. Anak-anak antusias sekali.

      Hapus
  5. Marketday di sekolah anakku belum terealisasi ni, Mbak. Baca tulisan Mbak sepertinya menarik kalau anak berperan layaknya penjual dan pembeli secara real dengan uang yang memang nyata. Asyik kayaknya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak, belajar mengenal mata uang dan adab jual beli.

      Hapus
  6. Wah iya, ternyata acara market day punya banyak manfaat bagi anak ya
    Menanamkan pendidikan karakter juga

    BalasHapus
  7. Wahh banyak pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan tersebut ya, kalo menggunakan metode mengajar yang seperti itu anak jadi lebih aktif dan mudah menangkap ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, belajar jadi lebih menyenangkan.

      Hapus
  8. Kegiatan marketday emang seru banget, bisa melatih kreatifitas anak sambil belajar wirausaha juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapannya bisa mencetak wirausahawan Muslim yang punya karakter positif mbak.

      Hapus
  9. Laily Fitriani29 Juni 2022 10.13

    Ada banyak hal penting dalam kegiatan market day ini ya Mbak? Daku jadi inget jaman sinsulung kuliah juga market day dan jualan kue sama nasi ayam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah kuliah pasti lebih seru ya. Jualannya lebih beragam.

      Hapus
  10. bagus sekali ini idenya, saya jadi ingat dulu waktu sekolah ada kegiatan masak-masak di kelas, ada kantin kejujuran yang bayar sendiri juga. seru banget dan banyak insight yang bisa diajarkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendidukan karakter secara langsung ya mbak. Menanmkan jiwa wirausaha juga.

      Hapus
  11. Seru banget market day ini menumbuhkan jiwa entrepreneur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mbak. Itu salah satu tujuannya.

      Hapus
  12. Seru ya sekolah zaman now, banyak kegiatan-kegiatan positif yang nggak cuma duduk di bangku dengerin guru. Tapi juga aktif terlibat dan secara nggak langsung membentuk karakter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembelajaran yang meyenangkan tentunya.

      Hapus
  13. Bagus banget sih menurut saya adanya market day ini ya mbak. Selain untuk refreshing anak, ada pesan moral yang terselip. Seperti yang mba Ulfah bilang, menumbuhkan kejujuran pada diri sang anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini penting ya, menumbuhkan kejujuran sejak dini.

      Hapus
  14. Melalui market day banyak juga yang bisa dipelajari anak ya. Pada intinya, anak bisa tahu mengenai entrepreneurship sedini mungkin.

    BalasHapus
  15. Dari aktivitas jual-beli jadi banyak pelajaran yang bisa diambil ya...
    Gak hanya berdagang, tapi ada nilai-nilai yang bisa menanamkan karakter anak-anak, terutama adab dalam perdagangan jual beli yang halal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, prinsip ini harus ditanamkan sejak dini, agar kelak mereka dewasa bisa menerapkan dalam kehidupannya.

      Hapus
  16. Bener banget, Mbak. Kegiatan market day tuh bisa stimulasi karakter positif anak didik. Aaahh, jadi kangen ngajar lagi😞

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah ngajar juga ya mbak. Pasti banyak pengalaman beekesan ya.

      Hapus
  17. Di sekolah anakku yang kecil juga kemarin diadain bazar sekaligus marketday buat siswa mba. Emang bener bermanfaat banget ya buat anak-anak untuk belajar banyak hal. Sebagai ortu, aku sangat mendukung kegiatan positif seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sangat mendukung. Anak-anak antusias banget, dan pelajaran karakternya oke banget.

      Hapus
  18. Pendidikan karakter melalui kegiatan kewirausahaan. Memang penting bagi sekolah untuk menanamkan nilai-nilai positif melalui kegiatan yang menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, kegiatan ini benar-benar membuat anak-anak senang dan bersemangat.

      Hapus
  19. Jadi kangen market day di sekolah anakku. Terakhir sebelum pandemi soalnya. Sekarang belum ada lagi. Moga segera ada. Anakku senang soalnya. Selaku cerita sampe rumah tentang keseruan market day

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang seru banget mbak. Kegiatan tengah semester yang paling ditunggu-tunggu.

      Hapus