7 Ide Mengisi Liburan Sekolah dimasa Pandemi

Juli 18, 2021

Liburan sekolah sudah usai. Namun bagi anak saya yang sekarang naik kelas dua, liburan sekolah bukanlah hal yang istimewa, karena baginya setiap hari adalah liburan, hihihi. Ya, sejak pandemi melanda, semua sekolah di tutup dan proses belajar mengajar diganti dengan sistem daring. Selama PJJ anak saya hanya belajar di pagi hari via gadget, itupun tidak lebih dari dua jam.

Sekarang dia sudah kelas dua, dan bersiap untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh yang akan dimulai diawal minggu keempat bulan Juli. Selain mengikuti pelajaran sekolah, dia juga mengikuti pembelajaran mengaji dengan metode Qiroati, yang dilakukan setiap hari senin sampai jumat. 

Lalu apakah dia merasa kalau liburan sekolah yang sudah berlalu beberapa hari yang lalu, terasa menyenangkan? Jawabannya, tentu saja menyenangkan, meskipun dia tidak bisa pergi jalan-jalan keluar rumah, karena pasca lebaran, kasus covid di kota kami mengalami lonjakan tajam, sehingga harus benar-benar mentaati protokol kesehatan, dan salah satunya adalah menghindari kerumunan. So, liburan sekolah kemarin fix, kami hanya di rumah saja, tanpa ada agenda keluar kota atau mengunjungi obyek wisata yang ada di dalam kota.

Meskipun hanya berada di rumah, si kecil tetap menikmati liburannya, karena di rumah banyak temannya yang senasib, hehehe. Namun, namanya anak-anak, tentu ada kalanya mereka mengalami kebosanan karena harus berada di rumah terus dengan kegiatan yang monoton. Meskipun mereka sudah tahu tentang alasan kenapa harus di rumah saat liburan, tetapi ada masa dimana mereka mengungkapkan keinginannya untuk bisa menikmati liburan keluar rumah.


Foto : Koleksi pribadi

Nah, sebagai orang tua tentu kita juga harus tetap memikirkan bagaimana membuat anak-anak tetap merasa nyaman, bahagia dan tetap semangat meskipun liburan hanya di rumah saja. 

Berikut 7 ide mengisi liburan sekolah dimasa pandemi

Mengikuti Kelas Menulis Online

Buat anak-anak yang memiliki hobi menulis, dapat memanfaatkan waktu liburan dengan mengikuti kelas menulis secara online. Kegiatan ini terbukti mampu memberikan semangat dan menggali kreatifitas anak dengan cara mengikuti proyek menulis bersama. Selain anak-anak memiliki pengalaman menerbitkan karya tulisnya, juga akan bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki passion yang sama, sehingga mereka akan bersemangat untuk terus mengasah ketrampilan menulisnya, dan itu akan memberikan efek positif jangka panjang.

Membuat Aneka Karya 

Kegiatan ini menjadi pilihan anak bungsu saya. Dia naik kelas dua tahun ajaran ini. Meskipun anak seusianya cenderung menghabiskan waktu liburnya dengan bermain, tetapi rasa bosan juga terkadang menghampiri. Saat dia merasa bosan, maka si kecil akan mulai berkreasi dengan bahan-bahan bekas dan kertas yang ada di rumah. Seperti membuat pernak-pernik dari kertas yang dia staples kemudian di gambar aneka hewan dan benda-benda. Kegiatan ini cukup membuat dia betah duduk berlama-lama untuk menggambar.


Foto : Koleksi pribadi

Berkebun

Kegiatan berkebun dapat menjadi pilihan bagi anak-anak untuk mengisi liburan sekolah dimasa pandemi. Anak-anak dapat melakukan aktifitas berkebun ini dengan orang tua. Meminta mereka untuk ikut membantu merawat tanaman yang ditanam bersama-sama akan membuat anak bersemangat dan tidak bosan, karena memiliki aktifitas merawat tanaman setiap hari.

Mengikuti Aneka Les 

Liburan sekolah dapat menjadi awal bagi anak untuk mengikuti aneka les yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat mereka. Seperti les vokal, menggambar, kaligrafi dan lain-lain. Orang tua dapat memilih les yang aman dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menata Ulang Kamar 

Selama liburan anak-anak dapat kita ajak untuk menata ulang kamar tidurnya, sehingga menghadirkan suasana baru yang akan menumbuhkan semangat baru juga. Menata ulang kamar tidak harus mengganti dengan perabot yang baru. Kita bisa mengajak anak untuk mengganti posisi tempat tidur atau lemari, kemudian menghias dindingnya dan merapikan isi lemari sehingga lebih rapi. Orang tua dapat membuat jadwal, kegiatan apa yang pertama kali akan dilakukan, misalnya, hari pertama menggeser tempat tidur dilanjut membersihkan kamar, hari kedua menggeser lemari, hari ketiga menghias dinding dan seterusnya, sehingga anak akan mempersiapkan diri dan ide untuk menata ulang kamarnya.

Olahraga

Dimasa pandemi, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Kegiatan ini dapat menjadi pilihan bagi anak-anak untuk mengisi liburan sekolah. Olahraga ringan dapat dilakukan di sekitar rumah, seperti senam, bulutangkis, sepatu roda, catur, lompat tali. selain sehat, dengan olahraga juga akan menggali bakat yang dimiliki oleh anak-anak, sehingga orang tua dapat memberikan dukungan dengan tepat.

Menonton Film

Kegiatan ini sepertinya yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Menonton film bersama anggota keluarga tentu akan menyenangkan. Orang tua dapat memilih film yang sesuai dengan usia anak. 


Foto : Koleksi pribadi

Meskipun sampai saat ini anak-anak masih belajar dengan metode daring dan tetap berada di rumah selama 24 jam, tetapi bukan berarti tidak memiliki waktu dan kegiatan khusus saat liburan sekolah. Mereka dapat memilih beberapa kegiatan selama liburan, dengan arahan dan pantauan orang tua tentunya.

Mengisi liburan dengan kegiatan yang menghibur dan memberikan efek relaksasi bagi anak, tentu akan memberikan dampak yang positif bagi mereka selama proses belajar daring, selain itu juga dapat menjadi mood booster bagi anak untuk mengikuti PJJ kembali. Anak akan lebih siap belajar, serta menghindari kebosanan. Kalau Bunda, memilih kegiatan liburan apa bersama ananda selama pandemi. Sharing yang di kolom komentar.

Salam hangat

Ulfah Wahyu


You Might Also Like

54 komentar

  1. aku paling suka nonton film :D exploring new genres is a good thing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak menonton film bagi anak2 juga menyenangkan. Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  2. Dua anak saya yg sekarang masih serumah mengisi waktu luangnya dengan menonton.
    Si putri bungsu nontonnya drama Korea, sedangkan kakaknya nonton film lain.
    Kadang saya ikutan nonton daripada ikutan gabut di rumah kan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bund, nonton itu menyenangkan biar gak bosan.

      Hapus
  3. Liburan kemarin, krn ga bisa piknik, yawda bikin² aja di rumah. Bocil saya ajak bikin kue pastry, suka, ntar dihabiskan sendiri...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah memasak beesama juga bisa menjadi pilihan mengisi liburan. Anak saya sukanya bikin roti di olesi cokelat.

      Hapus
  4. Wah, terima kasih idenya Mbak, menarik. Kalau balita saya lagi senang-senangnya belajar naik sepeda. Setelah sekian lama, sepedanya menganggur

    Semoga segera lancar dan saya sabar mendampingi, hehe

    BalasHapus
  5. Harus ekstra kreatif ya libur di masa pandemi begini. Apalagi kalau range usia anaknya berbeda-beda (anak-anak dan remaja ky di rumahku hehe..).
    Ide-ide aktivitas liburan di rumah saja yang bagus juga nih, makasih sudah berbagi, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus kreatif biar anak2 tidak bosan ya mbak.

      Hapus
  6. Aku seringnya bikin kreasi bareng anak-anak, entah mainan kertas atau sekadar menggambar seru-seruan. Berikutnya nonton film anak, ini kruntelan berempat nonton film doraemon yang diputar berulang-ulangn tanpa bosan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menonton palilng asyik ya mbak. Membuat mood benar-benar naik lagi,

      Hapus
  7. Tantangan dalam mengisi liburan ini bagi saya adalah usia anak yang berbeda, jadi sulit untuk mencari aktivitas yang sama. Yang besar nyusun, yang bungsu bongkar🤣.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya ya mbak, kalau harus sama kayaknya susah soalnya usianya beda. Mungkin bisa di pilih kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama, kayak olahraga, menonton.

      Hapus
  8. Bener mbak, anak anak harus tetap bisa beraktivitas walau liburan di rumah aja. Jangan sampai mereka bosan. Ide yg mba tulis semuanya sangat menarik utk diikuti anak

    BalasHapus
  9. Dulu masih kecil2, mau nih anak2 diajakin activity kaya di atas. Sekarang udah abg milih2. untung masih mau setidaknya diajak ngobrol ngalor ngidul, main kucing bareng dan masak bareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau abg kayaknya lebih suka ngobrol sama teman2nya lewat wa ya mbak sama nonton.

      Hapus
  10. Seru kegiatannya, meskipun liburan di rumah aja tapi kalau dihabiskan sama ibu bapak rasanya seneeeng terus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak serasa liburan terus buat si kecil.

      Hapus
  11. Bebikinan memang jadi jalan ninja saat nggak bisa keluar-keluar rumah. Anak-anak jadi kreatif memaksimalkan lahan dan bahan yang ada di rumah. Kemarin anak-anakku pada bikin boardgame sendiri. Terus bikin maket-maketan. Seru juga lihatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, terutama anak usia Sd ya, mereka masih suka nguiplek bikin kerajinan sama membaca buku juga.

      Hapus
  12. Wahhh aselik, ide2 utk kegiatan ini membantu bangettt mba
    anak saya udah mengeluh BOSAAANN melulu
    sementara sahabat2nya pada mondok
    jadi ya kasian dia ga ada temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di rumah sendiri terasa banget ya mbak bosannya, jadi harus benar-benar kreatif nih kita jadi ortu biar anak gak bosen.

      Hapus
  13. Biasanya isi liburan sekolah anak2 tuh suka main game aja nih mbak tapi lihat ide ini jadi asyik nih buat memberikan kegiatan pada anak ya ..keren ide bermainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau usia remaja mungkin lebih suka ngegame ya mbak, tetapi bisa juga dicoba untuk kegiatan olahraga atau ikut kelas menulis online.

      Hapus
  14. Kreatif banget nih idenya. Selain berkebun dan belajar online, putra saya juga ikut saudaranya nginap di setiap sepupu. Jadi giliran nginap di rumah saudara saudara. Kebetulan jaraknya cuma beda beda kecamatan saja, masih di Cianjur. Jadi gak kena PPKM hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah acara nginep-nginep ini juga bisa jadi salah satu kegiatan mengisi liburan, seru bisa kumpul bareng saudara.

      Hapus
  15. sekarang sudah mulai masuk sekolah, tapi ide ide mbak wahyu ini memang bisa mengisi kegiatan bersama anak. khususnya menata ulang kamar nih, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak menata ulang kamar ini juga menyenangkan lho.

      Hapus
  16. idenya bermanfaat sekali mom. dengan begini bakat Anak-anak bisa terstimulasi dengan baik. biar nggak mantengin gadget terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, siapa tahu dengan ikut les atau olahraga yang menjadi favoritnya bisa mengasah bakat mereka.

      Hapus
  17. Masih PR banget nih bikin anak betah di rumah. Tinggal di komplek rusunawa, tantangannya besar buat bisa ngelarang anak ke luar rumah. Tiap hari dipanggilin main. Padahal kalau dengan tips ini, bisa asyik juga walau di rumah aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anak2 memang cenderung suka bermain bersama teman sebaya. Menonton sama olahraga kayaknya bisa jadi pilihan.

      Hapus
  18. Libur di rumah pun bisa tetap asik ya sebenarnya. Asal ortunya juga memfasilitasi anak untuk berkegiatan di rumah. Kalau anak-anak saya ikut kelas online sesuai hobi masing-masing selama liburan kemarin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyik kalau anak2 punya hobi yang bisa menjadi pengisi waktu luang.

      Hapus
  19. Iya benernya banyak kegiatan yang bisa dilakukan, cuman akutu suka gajelas aja jadinya liburan berlalu begitu saja. hiiikkssss....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka bingung juga ya mbak kadang hihi. Tapi sebenarnya banyak yang bisa dilakukan layak yang dia atas itu.

      Hapus
  20. Ide-idenya bisa diterapkan juga buat orang dewasa nih karena seru, hehe.. Kalo punya ide kegiatan bervariasi seperti ini jadinya liburan sekolah nggak akan bikin bosen ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, anak2 ada variasi kegiatan gak monoton.

      Hapus
  21. wah iya, makasih idenya mbak
    ternyata meski di rumah saja, liburan bisa tetap seru ya
    dengan melakukan berbagai kegiatan menarik seperti ini

    BalasHapus
  22. Bener nih, anak biasanya cepat bosen dengan kegiatan yang itu-itu aja. Makanya kadang aku ajak dia ke toko bahan perlengkapan prakarya agar dia terinpirasiembuat suatu Karya, alhamdulillah ini jadi kegiatan rutin. Dan setiap karya yang dia buat semuanya terpakai untuk kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  23. Emang mesti kreatif cari kegiatan buat anak ya mbak kalau masa pandemi gini.

    Makasi ya mbak buat ide kegiatannya. Anak aku belum sekolah sih, tapi ini bisa aku terapin tipis-tipis ke dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih belum sekolah sih mungkin belum begitu terasa ya mbak bosannya, karena usia pra sekolah setiap hari adalah hari yang menyenangkan

      Hapus
  24. kalau anak sy karena dititip di rumah neneknya ya jaga neneknya
    sorenya baru dijemput ayahnya lalu ayahnya ngajak berkebun, entah membersihkan tanaman ato panen
    klu akhir pekan kami jalan2 tuk ilangin suntuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah itu kegiatan yang menyenangkan, jagain nenek.

      Hapus
  25. Semua ide di atas benar2 patut untuk dicoba, selain positif juga dapat mengisi kekosongan waktu yang ada di masa pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak dan bisa di selang seling kegiatannya.

      Hapus
  26. Idenya mantap.... Memang benar salah satunya berkebun, anak saya senang bantu ayahnya. Hanya saja belum terlalu sering. Masih lebih banyak nonton he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menonton juga asyik mbak, bisa diselingi dengan berkebun atau olahraga

      Hapus
  27. Rindu sekali les beneran..
    Anak-anak sejak pandemi, berhenti les menggambar. Padahal kalau les itu keliatan banget progresnya.
    Kalau gak ada yang bimbing, jadi bisa tapi kaya free style gitu, hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, selama pandemi lasnya ganti privat mungkin ya.

      Hapus