Pengalaman Menjadi Instruktur Aerobik

November 16, 2022

Bagi sebagaian besar orang, olahraga saat ini sudah menjadi gaya hidup, tidak hanya untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan, tetapi masyarakat yang tinggal di pedesaan pun sudah mulai sadar akan pentingnya berolahraga. Apalagi dua tahun yang penuh perjuangan saat terjadi pandemi. Mulai banyak orang yang rutin melakukan olahraga, meskipun hanya terbatas di dalam ruangan.

Saat ini kondisi sudah semakin membaik dan aktivitas kembali berjalan normal seperti sedia kala. Banyak orang yang akhirnya menjadikan olahraga sebagai rutinitas yang akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Banyak olahraga yang mudah dilakukan serta murah yang bisa menjadi pilihan, contohnya, bersepeda, jalan kaki, lari, aerobik, dan lain-lain.

Foto : Koleksi pribadi

Saya termasuk salah satu orang yang memilih olahraga aerobik untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Saya sudah bergabung dengan klub aerobik sejak sebelum pandemi, hingga akhir tahun 2020, kami off selama hampir dua tahun, dan mulai aktif kembali akhir tahun 2021 hingga sekarang. Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan membuat saya berusaha untuk konsisten dalam berolahraga. Semua itu tidak lain dan tidak bukan, karena saya menyadari betapa pentingnya manfaat berolahraga.

Beberapa Manfaat Olahraga

  • Menjaga Kesehatan jantung
  • Membakar kalori di dalam tubuh
  • Mengontrol berat badan
  • Menurunkan risiko penyakit tertentu
  • Meningkatkan aktivitas otak
  • Meningkatkan massa tulang dan otot
  • Mengurangi stress
  • Membangun komunitas sehat
  • meningkatkan rasa percaya diri
setelah hampir dua tahun lebih saya aktif di klub aerobik, akhirnya timbul keinginan untuk tidak hanya sekedar menjadi anggota atau murid. Tetapi saya ingin bisa berbagi ilmu kepada orang lain. Gayung bersambut, tepat satu tahun yang lalu ada tawaran untuk mengikuti TFT  ( Training For Trainer ) instruktur senam.  Setelah berdiskusi dengan suami, saya putuskan untuk mengambil kesempatan itu, sebagai  tambahan bekal  ilmu menjadi seorang instruktur.

Foto : Koleksi pribadi

Training for trainer instruktur ini dilaksanakan dua kali, dan selanjutnya kami diminta berkreasi sendiri dengan berbagai gerakan. Tim trainer mengatakan, bahwa dalam menciptakan gerakan, kami harus paham, bagian otot mana yang akan dilatih. Nah, dari situlah saya mulai rajin mantengin youtube untuk melihat contoh-contoh gerakan yang bisa dilakukan.

Dengan banyak melihat gerakan senam di youtube, saya jadi punya banyak referensi gerakan yang bisa diterapkan, dengan tetap mengacu kepada pesan tim trainer di atas tadi. So, apakah saya serta merta  langsung bisa terjun begitu saja untuk menjadi instruktur gaes ... oh, no. Tentu ada beberapa persiapan yang saya lakukan sebelum terjun praktek menjadi instruktur. Apa saja yang saya persiapkan


Persiapan mental
Persiapan mental ini penting banget, karena yang awalnya saya terbiasa menjadi murid yang hanya berdiri di belakang dan meniru gerakan, setelah menjadi instruktur, maka secara otomatis kita akan berada di depan dan semua gerakan kita akan ditiru oleh anggota. So, penting banget untuk menata mental kita agar bisa tampil percaya diri.

Belajar macam-macam Gerakan Senam Aerobik
Menjadi instruktur, kita dituntut dapat menciptakan gerakan yang dinamis, sesuai dengan musik, dan yang paling penting memiliki manfaat untuk latihan otot. Selain dari instruktur saya di sanggar, saya juga belajar dari melihat youtube. Di sana banyak sekali video aerobik  dengan gerakan yang bervariasi, dan sebagai instruktur pemula, saya memilih gerakan yang sederhana sehingga mudah diikuti oleh peserta aerobik yang rata-rata juga pemula, dan berasal dari ragam usia.

Menjaga Pola Makan
Seorang instruktur juga menjadi role model bagi anggotanya, termasuk dalam menjalankan gaya hidup dan pola makan. Saya mulai belajar mengatur pola makan dan berusaha menerapkan gaya hidup sehat, sehingga akan berpengaruh terhadap kesehatan, dan juga postur tubuh kita.

Belajar Ilmu Kesehatan
Olahraga dan kesehatan adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, karena salah satu tujuan berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan. So, sebagai seorang instruktur, saya juga harus menguasai paling tidak ilmu kesehatan yang berhubungan dengan gerakan-gerakan senam yang dilakukan. Sebagai contoh, ada yang bertanya tentang bagaiman cara mengatasi tangan atau kaki yang sakit, maka sebagai instruktur kita bisa menjelaskan, gerakan senam seperti apa yang bisa dilakukan untuk melatih tangan atau kaki yang sakit agar kembali sehat.

Foto : Koleksi pribadi

Jujur, menjadi instruktur aerobik ini adalah pengalaman yang benar-benar baru bagi saya. Meskipun masih sambil belajar, saya memberanikan diri untuk terus mencoba meningkatkan skill, karena ternyata banyak Ibu-ibu rumah tangga baik yang bekerja di luar rumah, maupun tidak, membutuhkan refreshing, dan salah satunya dengan mengikuti kegiatan senam aerobik

Alhamdulillah sudah dua bulan ini saya rutin menjadi instruktur dalam sebuah klub yang saya rintis bersama teman-teman. Ada sekitar 10 orang lebih yang bergabung bersama kami untuk berolahraga bersama. meskipun kami hanya membuka kelas satu bulan sekali, karena keterbatasan waktu yang saya miliki, tetapi itu tidak menyurutkan langkah kami untuk semangat berolahraga. Yuk, semangat sehat untuk beribadah kepada Allah SWT.

Salam hangat

Ulfah Wahyu 




 
 


 

You Might Also Like

23 komentar

  1. Jadi instruktur kudu olahraga lebih banyak ya karena kan sambil belajar menyiapkan gerak dan musik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, karena jam terbang sangat berpengaruh terhadap ketrampilan dan postur tubuh

      Hapus
  2. Baca artikel Mbak Ulfah jadi keinget dulu aku juga paling semangat aerobik sebelum pandemi. Seneng aja bisa kumpul sekaligus olahraga bersama para ibu-ibu. Apalagi kalau keringat bercucuran, cem kaya lemak hilang gitu, eee bawaannya happy donk. Jadi instruktur aerobik gitu keren euy, Mbak. Pasti harus selalu semangat terus nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sambil terus belajar dan rajin senam.

      Hapus
  3. Wah seru banget ya mba menjadi instruktur aerobik, kayaknya kan badannya jadi lebih sehat, happy terus meski capek, karena banyak bertemu dengan orang-orang baru, dan pastinya sangat bermanfaat buat orang lain karena membantu mereka menjadi lebih sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun waktunya terbatas, mereka antusias mbak.

      Hapus
  4. Wah keren mbak
    Bisa menjadi instruktur aerobik seperti ini
    Makin bugar pastinya ya mbak
    Sehat karena lebih banyak bergerak

    BalasHapus
  5. Ikut dong gabung. Ya saya sangat suka aerobik. Badannya jadi lebih energik banget. Bersemangat tapi biasanya kalau lagi pingin olah ragabunu cuma pake tutorial di YouTube

    BalasHapus
  6. Keren nih mbak. Bukan lagi jadi peserta, tapi jadi instrukturnya.

    Aku lihat foto-fotonya sepertinya seru.

    BalasHapus
  7. Aerobik itu seru lo. Cuma udah lama ngga ikutan zumba atau aerobik badan ini rasanya berat sekali wkwkwk. Harus pelan-pelan mulainya

    BalasHapus
  8. Keren Mbak.. Menjadi instruktur itu menantang loh menurutku. Terlebih lagi instruktur senam. Harus menjaga energi, terus komunikasi dengan peserta, tampil bahagia. Wah kalo saya bisa pucet di tempat mungkin Mbak.. hehehe.

    BalasHapus
  9. wah keren, mbak. awalnya dari murid sekarang bisa jadi instruktur yaa. jujur saya penasaran nih gimana instruktur aerobik itu menemukan gerakan buat senamnya soalnya pastinya ada ilmunya juga kan yaa

    BalasHapus
  10. Keren mbak yang asalnya cuma ngikutin gerakan instruktur sekarang malah jadi instruktur yaa. Jujur saya penasaran nih sama instruktur senam aerobik ini gimana menentukan gerakannya soalnya pasti ada panduannya kan ya

    BalasHapus
  11. Pengalaman tak terlupakan pastinya ya
    Sehat dapat, kenalan juga dapat pastinya apalagi jika bisa memperluas networking meski dari kegiatan olahraga

    BalasHapus
  12. Luaarrr biasaaaa
    Aku jd ikutan semangat baca ceritanya mbaaa
    Mantuulll

    BalasHapus
  13. Seneng banget kalau lihat orang aerobik. Di salah satu mall di sini tuh rutin ada aerobik tiap hari apa gitu.. jadi kalau pas ke sana sering lihat. Ya ampun semangat bener yaa, seru lihatnya. *apaan nih saya, lihat doang, gak ikutan.. hihihi

    BalasHapus
  14. Semoga bisa lebih dari sekali ya mba buka kelasnya, biar makin semangat para anggotanya untuk ikutan. Keren nih udah lanjut ke level jadi pelatih. Yuk yuukk tetap sehat dan semangat, berbagi semangat olahraga kepada sesama perempuan agar selalu fit dalam beraktivitas.

    BalasHapus
  15. Olahraga memang terasa menyenangkan kalau dilakukan bersama-sama.
    Apalagi bonusnya adalah badan sehat, bugar dan penuh semangat.

    Seneng banget jadi instruktur olahraga.
    Kereen~

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah. Semangat. Kedepannya dengan semangat yang besar ini sepuluh orang bakalan jadi ratusan dan bahkan ribuan.
    Salam olahraga... Semoga sehat selalu

    BalasHapus
  17. aih ini mah keren banget yang lain masih pada males olahraga dirimu tetap semangat jadi instruktur senam semiga tambah sehat ya

    BalasHapus
  18. Iya ya...instruktur itu jadi roll model pesertanya. Gimana mau percaya olahraga bikin badan sehat dan langsing kalau instrukturnya kelebihan bb

    BalasHapus
  19. Waah, hebat Mbak. Kapan-kapan bolehlah ajarin saya. Biasanya saya ngikutin instruktur di youtube. Kalau diajarin langsung pasti lebih seru, deh

    BalasHapus
  20. Seruya jadi instruktur aerobik, Mbak. Menurut saya, malah enak kalo orangnya dikit kayak gitu dan senamnya nggak di keramaian. Malu. Hehe

    Semoga selalu menginspirasi dan kita semua dalam keadaan sehat, ya, Mbak

    BalasHapus