Lakukan 5 Langkah Ini untuk Membangun Teamwork yang Solid dalam Organisasi

Juni 28, 2022

Sejak tahun 2016 saya sudah mulai aktif berorganisasi. Meskipun awal-awal masih sebagai anggota dan masih belajar tentang Teamwork, tetapi dengan berkecimpung di organisasi memberikan banyak pelajaran berharga bagi saya. Mungkin teman-teman ada juga yang sudah mulai belajar berorganisasi sejak sekolah. Tetutama pada jenjang sekolah lanjutan.

Berkecimpung di organisasi tentu akan memberikan efek positif bagi mental dan kepribadian kita. Dalam organisasi yang berisi banyak orang dengan karakter berbeda-beda, akan membuat kita harus belajar menyesuaikan diri. Penyesuaian ini tidak serta merta begitu mudah kita lakukan, karena interaksi dengan teman di organisasi baru kita lakukan saat bersama-sama terjun di sana.

Foto : Koleksi pribadi

Ketika sudah meniatkan diri terjun di organisasi, maka kita akan dihadapkan dengan yang namanya teamwork. Teamwork ini mutlak diperlukan di hampir semua kegiatan. Dengan perbedaan karakter yang ada dalam sebuah team, tentu akan ada banyak ide dan pemikiran yang berbeda. Nah, untuk  menjaga temawork agar tetap solild, lakukan 5 langkah di bawah ini

Menentukan Tujuan
Semua anggota dalam kepengurusan sebuah organisasi harus memiliki tujuan yang sama. Setiap anggota memiliki loyalitas, tanggungjawab dan tujuan yang sama untuk kemajuan organisasi. 

Komunikasi yang Baik
Komunikasi adalah kunci berhasilnya sebuah teamwork. Komunikasi dua arah yang lancar, akan memberikan rasa nyaman sehingga menghidari terjadinya salah paham antar anggota. Komunikasi juga menjadi jembatan bagi interaksi dengan orang atau instansi di luar team atau organisasi.

Menghargai Perbedaan
Perbedaan dalam sebuah hubungan mutlak terjadi. Bagaimana kita dapat menghargai perbedaan tanpa mengubah tujuan dari visi misi organisasi sangatlah diperlukan. membuka ruang komunikasi untuk menemukan kata sepakat lebih diutamakan, sehingga meskipun berbeda pendapat, tetapi  masing-masing anggota dapat menerima keputusan dengan legowo.

Menumbuhkan Rasa memiliki
Loyalitas dalam sebuah teamwork mutlak diperlukan. Menumbuhkan rasa memiliki akan membuat setiap anggota tim berusaha untuk menjaga dan memajukan organisasi yang dia ikuti.

Melakukan Evaluasi
Agar kerja tim dapat terukur keberhasilannya, maka kita harus melakukan evaluasi. Evaluasi dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada anggota tim agar tetap semangat dalam memberikan yang terbaik. Apabila ada kesalahan atau kekurangan yang harus diperbaiki, maka semua anggota tim dapat melakukannya bersama-sama, atau dapat juga berbagi tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Teamwork memberikan banyak pelajaran dan ilmu yang positif bagi kita. Sebagai makhluk sosial, tentu kita memiliki kebutuhan untuk bersosialisai dan mengekspresikan diri. Dengan teamwork yang solid, maka akan membuat kita belajar secara langsung dalam menghadapi tantangan kehidupan yang sesungguhnya.

Mendapat kesempatan berkumpul dengan banyak orang dalam sebuah organisasi, membuat kita belajar mengembangkan potensi diri. Teamwork yang solid akan memberikan dampak positif bagi perkembangan organisasi dan memperkuat hubungan antar anggota.

Salam hangat

Ulfah Wahyu


You Might Also Like

32 komentar

  1. Timwork emang penting dalam menjalankan suatu orgnsasi atau sebliknya karena satu saja yng ngak maksimal bakal mempengaruhi yg lain jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus saling mendukung dan menghargai ya.

      Hapus
  2. Memiliki team work ataupun menjadi bagian dari team work memang enggak mudah ya. Harus punya tujuan yang sama dan menekan egoisme masing-masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, agar organisasi semakin berkembang dan kokoh.

      Hapus
  3. menurut saya yang paling penting dalam teamwork adalah komunikasi. karena kalau tidak dikomunikasikan ya tidak akan ada jalan keluar. jadi harus sering-sering komunikasi untuk mendapatkan kesepakatan bersama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komunikasi 2 arah yang positif dan lancar akan membuat teamwork semakin solid.

      Hapus
  4. terima kasih Mbak. saya pun lagi terlibat sebuah komunitas, jadi tersadar memang harus selalu diingatkan tujuan awalnya ada organisasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, biar semua anggota memiliki visi misi sama demi kemajuan komunitas/organisasi.

      Hapus
  5. Emak2 juga harus punya teamwork lho biar ngga stres. Emang harus menyamakan tujuan. Bener mba salah satunya komunikasi dua arah harus lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurutku meskipun Emak2 hanya di rumah, tetap harus punya kehidupan sosial yang lancar, agar hidupnya tetap seimbang ya mbak.

      Hapus
  6. Laily Fitriani2 Juli 2022 06.27

    Sepakat, menjaga perbedaan adalah hal penting dan terkadang agak bias, ternyata berasa masih kurang menjaga perbedaan ini. Thanks atas tipsnya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar tidak terjadi gontok2an yang gak jelas, atau debat kusir yang gak selesai2 ya mbak. Komunikasi dan saling menghargai antar anggota team.

      Hapus
  7. Waaaa makasih mbaaa tipsnya. Aku dah lama nggak gabung komunitas secara offline gara-gara pandemi. Eh sekarang hamil gede, allhamdulilah tambah blm bisa kemana-mana. Setuju banget dengan tipsmu mba Ulfa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lancar dan sehat kehamilannya ya mbak.

      Hapus
  8. Komunikasi yang baik dan saling menghargai ini point' utama. Gak hanya dengan orang kerja tapi dimana saja kita berada. Termasuk dalam keluarganya. Menjadi pribadi demikian ini yg susah. Harus dibiasakan sejak kecil ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, melatih komunikasi yang baik dan saling menghargai sangat penting sekali.

      Hapus
  9. Kereeenn! Kebetulan saya juga punya komunitas Mbak, kerja tim jadi benar2 harus solid supaya project yang lagi dikerjain bisa berjalan dengan baik dan kendala yang ada bisa dihadapi bersama dengan kepala dingin. Nice sharing, Mbak👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling mendukung dan memberikan masukan yang membangun ya mbak, biar tetap solid.

      Hapus
  10. Teamwork ini memang penting ya, kak. Setuju banget, memang menyatukan beberapa isi kepala butuh komunikasi yang bagus ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah mbak. Komunikasi harus dibangun dengan positif.

      Hapus
  11. Kekompakan dan kerjasama dalam team work itu penting ya mbak
    Makanya harus diusahakan
    Makasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, agar terwujud apa yang menjadi tujuan team.

      Hapus
  12. Setuju banget, kak.
    Sebuah Teamwork yang kuat dibangun di atas komunikasi yang lancar. Dan memang kudu banget menyamakan visi dan misi agar bisa saling memberi dukungan positif dan semangat untuk maju bersama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah terbangun komunikasi dan kesamaan visi misi, jadi lebih semangat lagi ya dalam kerja team.

      Hapus
  13. Tiap anggota tim pasti punya sifat yang berbeda. Memang penting nih komunikasi yang baik untuk menjembatani permasalahan yang ada dalam tim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, agar tidak terjadi salah persepsi dan salah paham sesama anggota.

      Hapus
  14. Setuju, Mbak, untuk menjaga team work agar tetap solild penting sekali mengutamakan komunikasi yang baik. Karena kalau ada miss komunikasi malah susah untuk bekerja sama mencapai tujuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komunikasi yang positif dann lancar ya mbak, akan membuat teamwork tetap solid.

      Hapus
  15. Komunikasi memang penting ya, tapi beneran harus dibarengi sama saling menghargai. Pastinya harus ada kata saling, supaya saat bersosialisasi apalagi dalam hubungan teamwork bisa lancar dan damai😍

    BalasHapus
  16. Wah, bisa jadi poin penting saat berorganisasi atau ber-networking. Terima kasih

    BalasHapus
  17. Sebagai makhluk sosial, kita memang tak bisa menghindar dari yang namanya kelompok dan berorganisasi. Dan untuk bisa eksis di sana salah satu yg harus dimiliki tentu saja keahlian dalam menjaga teamwork agar tetap solid.

    BalasHapus
  18. Teamwork itu penting banget ya. Terimakasih tipsnya, Mbak

    BalasHapus