Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

March 22, 2020


Foto : Dokumen pribadi

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Daya tahan tubuh harus ditingkatkan, agar tidak mudah terkena penyakit. Apalagi saat ini, sedang merebak wabah virus corona yang menggemparkan dunia, dan kesehatan kita menjadi taruhannya.

Sebenarnya, tubuh manusia memiliki sistem imunitas yang berfungsi untuk melawan mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit. Namun, bukan berarti sistem imunitas itu tidak bisa gagal dalam mencegah serangan penyakit. Saat daya tahan tubuh kita melemah, maka penyakit akan dengan mudah hinggap, sehingga menjadikan kamu sakit.

Saat ini anak-anak diliburkan di rumah karena meminimalkan penyebaran virus corona. Sebagai ibu tentu kita yang bertugas untuk mendampingi anak belajar di rumah. Nah, karena itu dibutuhkan fisik yang kuat, sehingga bisa mendampingi anak-anak belajar. Saya sendiri mulai mempersiapkan diri untuk menjadi pendamping yang baik bagi mereka, salah satunya dengan menjaga kesehatan.

Tidak hanya karena virus corona yang sedang menyebar ke seluruh dunia, namun musim pancaroba yang terjadi di wilayah Indonesia juga menjadi salah satu penyebab menurunnya daya tubuh. Bahkan dalam satu hari, terkadang pagi hingga siang panas, sorenya hujan, atau sebaliknya.

Berikut ada beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh :

1    Konsumsi Makanan Bergizi
Memperbanyak konsumsi buah dan sayur menjadi salah satu cara membantu meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi makanan bergizi dengan komposisi yang seimbang, akan menjadikan tubuh kamu menjadi lebih sehat. Jangan hanya mementingkan kelezatan atau rasa yang enak saja dari makanan, tetapi pastikan juga, makanan yang kamu konsumsi mengandung gizi. Terutama adalah buah atau sayur yang banyak mengandung vitamin C. Buah menjadi makanan wajib di rumah kami.


Foto : Dokumen pribadi

2     Istirahat yang Cukup
Jangan menyepelekan masalah istirahat ya, karena daya tahan tubuh kamu akan melemah jika kurang istirahat. Sementara itu istirahat yang paling tepat dan baik adalah tidur. Penuhi jam tidur sesuai dengan usiamu. Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama kurang lebih 7-8 jam, remaja membutuhkan waktu sekitar 9-10 jam, sementara anak-anak lebih lama lagi antara 10-12 jam dalam sehari. So, pastikan kamu memenuhi jadwal tidur yang sesuai, sehingga menjadikan tubuh kembali fit.

3       Rutin Berolahraga
Olahraga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit, selain itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Lakukan olahraga secara rutin, minimal 30 menit setiap hari, dan olahraga yang paling mudah adalah berjalan kaki. Saya juga sudah merasakan manfaat dari berolahraga secara rutin. Tubuh jadi lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Pada saat sekarang, dimana ada anjuran untuk stay at home, maka kita bisa melakukan olahraga di dalam rumah, dengan menonton youtube atau melakukan gerakan-gerakan ringan.


Foto : Dokumen pribadi

4     Hindari Stress
Stress memiliki peran yang cukup besar dalam mengendalikan pikiran seseorang, dan hal itu akan berakibat pada melemahnya sistem daya tahan tubuh. Stress yang tidak terkendali akan meningkatkan hormon kortisol, dan dalam jangka waktu yang lama peningkatan hormon tersebut akan mengakibatkan menurunnya fungsi kekebalan tubuh. Kelola stress dengan lebih baik agar terhindar dari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

5      Minum Air Putih yang Cukup
Pernahkan kamu merasakan letih meskipun tidak beraktivitas? Ternyata salah penyebabnya adalah kurang minum air putih. Dalam sebuah situs kesehatan disebutkan bahwa, kekurangan cairan dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemah. Oleh karena itu, minumlah air putih minimal 8 gelas sehari, untuk membentuk sistem imun dalam tubuh. Saya sudah merasakan sendiri khasiat minum air putih yang cukup, jadi lebih segar dan tidak mudah terserang flu. Bahkan saat pilek, hanya dengan memperbanyak minum air putih dapat mempercepat penyembuhan.

Foto : Dokumen pribadi

Menerapkan pola hidup sehat memang tidak mudah ya, karena banyak sekali godaannya. Apalagi kaum hawa yang tidak bisa lepas dari yang namanya makanan. Meskipun bukan kita sendiri yang menginginkan makanan itu, tetapi sebagai seorang ibu, biasanya kita akan menjadi “tempat sampah” bagi anak-anak yang tidak menghabiskan makanannya. Nah, dari situlah terkadang kita jadi keasyikan dan menikmati.

Akan tetapi kamu harus tetap berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat, karena hal itu merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kamu termasuk orang yang memiliki aktivitas tinggi dalam keseharian, maka pastikan agar selalu menjaga kondisi kesehatan dengan melakukan hal di atas, karena daya tahan tubuh yang kuat akan berpengaruh terhadap produktivitas.

Yuk, menjadi pribadi yang sadar akan kesehatan diri sendiri, karena kesehatan kamu sangat berharga bagi orang-orang tersayang dalam keluarga.

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti
#TantanganBlogging dari grup IIDN interaktif dengan tema Menjaga Daya Tahan Tubuh.

Kunjungi juga ya website IIDN di https://ibuibudoyannulis.com

Salam hangat
Kudus Maret 2020




You Might Also Like

22 comments

  1. Benar ya mbak menjaga daya tahan tubuh itu sangat penting sekali di masa seperti ini dua kali lipat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mis, harus meniatkan diri dengan sungguh-sungguh.

      Delete
  2. Aku masih susah nih olahraga mbak, kalau keluar suka rada parno takutnya apaaa gitu. hehe, kalau makanan yang bergizi mah aku semangat ( emang doyannya makan ehehe )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olahraganya di dalam rumah teh, 30 menit cukup lah.

      Delete
  3. Air putih. Aku selama banyak dirumah aktivitas fisik sedikit jadi jarang haus. Belum lagi faktor lupa. Kudu ditambah lagi nih,pake pengingat klo perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mewajibkan diri minum air putih meski tidak haus Mbak, jadi terbiasa akhirnya.

      Delete
  4. Stay at home dan pandemi ini membawa pengaruh positif juga buat Saya mbak. Jadi lebih menjaga kebersihan dan rajin olah raga ringan. Terima kasih tipsnya lengkap banget mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi banyak waktu luang buat diri sendiri dan keluarga ya Mbak.

      Delete
  5. Giliran olahraga yang cukup ini masih sering yuni absenin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi yang lain mah udah oke-oke saja... HEhehe

      Delete
    2. Di dalam rumah aja Mbak yang ringan.

      Delete
  6. Aku gara-gara tukang sayur jarang lagi jualan. Jadi sering ga makan sayur nih mba. Kasian keluargaku ga diksih makan sayur. Padahal kita harus jaga kesehatan dengab makanan bergizi dan gizi seimbang. Smga segera berlalu ya badai corona ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya Mbak. Jadi susah juga ya. Aamiin.

      Delete
  7. Bagus sekali tipsnya mbak, ayo kita selalu jaga daya tahan tubuh kita supaya kuat melawan penyakit apapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuncinya memang itu ya Mbak, menjaga daya tahan tubuh.

      Delete
  8. Tips yang lengkap, Mbak Ulfah..Lagi bingung olahraga nih, karena harus di rumah aja..biasa saya jalan atau sepedaan di komplek. Ya sudah paling senam ringan di halaman sambil berjemur juga naik turun tangga, atau olga di depan Yutub saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, olahraga ringan di sekitar atau dalam rumah saja. Saya jug gitu.

      Delete
  9. Tips keren mba ...semoga kita bisa menerapkan ya. Tetap sehat dan corona mlipir jauh dari kita n Indonesia

    ReplyDelete
  10. Aduh olahraga ku yang kurang nih kayaknya. Dikalahkan rasa malas hehe. Ok deh mulai besok bangun lebih pagi biar bisa menyempatkan olahraga biar tubuh makin kuat dan sehat :))

    ReplyDelete
  11. Aku nih, 2 minggu di rumah malah ambruk. Rupanya di bawah sadar, stress. Perlu 2 minggu untuk bangkit sih. Duh...heran sendiri, di rumah aja kok daya tahan tubuh malah melorot...

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images