Nyaman Bepergian Dengan Menggunakan Bus

August 26, 2019

Assalammualaikum, Pembaca.


Bus adalah salah satu alternatif kendaraan untuk melakukan perjalanan. baik wisata, mudik maupun bekerja. Meskipun jarak tempuhnya lebih lama dibandingkan dengan moda transportasi yang lain, akan tetapi dengan menggunakan bus,  dari segi biaya lebih hemat . Namun, terkadang ada orang yang tidak kuat bila naik bus. Merasa pusing, sehingga perjalanannya akan menjadi terganggu. Dulu sekali, saya termasuk salah satu orang yang suka pusing, bahkan sampai muntah jika naik kendaraan ini. 



Akan tetapi, dengan berjalannya waktu dan usia semakin bertambah, alhamdulillah sekarang sudah tidak pernah lagi mengalami pusing saat naik bus. Berbekal pengalaman itu, ada beberapa tips yang bisa kita terapkan agar tetap nyaman saat kita bepergian dengan bus :

1. Berdoa.
Jangan lupa berdoa sebelum memulai perjalanan. Agar perjalanan kita lancar tanpa halangan apapun. Jika supir bus yang anda tumpangi ngebut, maka jangan segan-segan untuk menegurnya.

2. Menikmati Pemandangan.
Selama perjalanan, anda akan menemui indahnya pemandangan yang beraneka rupa. Nikmatilah dengan hati yang gembira. Pemandangan yang dilalui selama perjalanan akan memberikan suasana ceria dan bisa menambah wawasan anda tentang jalan-jalan atau daerah yang kita lewati.

3. Membawa Makanan dan Minuman.
Perjalanan dengan menggunakan bus akan lebih lama dibandingkan dengan transportasi yang lain. Persiapkan bekal selama perjalanan dengan baik. Namun, pilihlah makanan dan minuman yang ringan dan mudah dibawa, sehingga tidak membuat kita repot.

4. Membawa barang Berharga Secukupnya.
Pastikan anda hanya membawa barang berharga secukupnya. Seperti tas, dompet, handphone, powerbank, serta obat-obatan yang bisa menghilangkan rasa mual.

5.  Membawa Masker.
Benda yang satu ini jangan sampai terlewatkan oleh anda. Saat berada di dalam bus, kita bisa menggunakannya untuk menjaga agar tetap nyaman saat kita tidur. Dan ketika berada di luar bus pun, masker sangat penting untuk melindungi kita dari debu dan polusi. 

6. Membawa Tisue Kering dan Tisue basah.
Seringkali tempat pemberhentian bus tidak memiliki fasilitas toilet yang memadai, maka untuk menjaga kebersihan diri, anda memerlukan kedua benda ini. Selain itu, dapat kita gunakan sebagai lap muka atau tangan setelah kita selesai makan atau minum.

7. Mengenakan Baju Yang Nyaman.
Pakaialah pakaian yang sopan dan menutup aurat. Pilih jenis bahan pakaian yang mudah menyerap keringat. Persiapakan juga baju hangat atau jaket yang mudah kita bawa, untuk mengantisipasi perjalanan malam hari.

8. Bantal Leher.
Bantal leher ini akan membantu menghilangkan rasa pegal atau sakit pada leher, karena posisi duduk yang tegak terlalu lama.

9. Menyiapkan Uang Kecil.
Kalau di tempat pemberhentian bus anda ingin ke toilet atau membeli makanan untuk menambah amunisi, bisa menggunakan uang kecil yang sudah kita siapkan. taruh uang ini di tempat yang mudah kita jangkau. uang kecil ini juga bisa menjadi penyelamat jika ada pengamen di dalam bus.

10. Menjaga Barang Bawaan.
Pastikan barang bawaan anda berada dalam jangkauan. Jika harus menaruh di bagasi, maka tandai barang bawaan itu dengan benda yang mudah dikenali dan taruhlah dengan posisi yang aman.

Demikian tadi ya 10 tips yang bisa anda terapkan agar perjalanan kita tetap aman dan nyaman dengan menggunakan bus. Selain tips di atas, anda juga dapat memilih bus yang akan menemani perjalanan kita, sehingga tetap memberikan suasana menyenangkan selama perjalanan. 




Tips Memilih Bus Yang Nyaman Untuk Perjalanan

Selama perjalanan Anda tentu menginginkan kenyamanan bukan? Oleh karena itu pastikan agar pilihan bus kita tepat, karena perjalanan yang kita tempuh lebih lama. Berikut beberapa trik yang bisa kita terapkan :

A. Memilih Bus Dari Jasa Yang Tepercaya.
Pilihlah Bus yang berasal dari jasa yang ternama. Sudah dikenal masyarakat sebagai penyedia bus yang memiliki pelayanan baik. Pemilik Jasa bus yang ternama setidaknya memiliki dua hal berikut :

1. Memiliki legalitas yang sudah jelas. Menunjukkan bahwa bus tersebut sudah memiliki izin operasi resmi dari pemerintah.

2. Memiliki Driver dan layanan Customer Service yang bisa dipercaya dan informatif.

B. Pilihlah Bus Yang Baru.
Menjadi hal yang penting untuk memilih bus yang berusia lebih muda, karena secara fisik dianggap lebih layak dan nyaman untuk digunakan. Bus yang sudah berusia tua biasanya kondisinya kurang bagus. 

C. Pilihlah Yang Memiliki Fasilitas Lengkap.

Pada saat anda memutuskan untuk bepergian jauh dengan menggunakan bus. Maka pastikan bus tersebut memiliki fasilitas yang lengkap, baik dari sisi hiburan maupun dari sisi keamanan. Sehingga perjalanan kita tidak membosankan.

Demikian ya, beberapa tips agar kita tetap merasa nyaman saat bepergian dengan menggunakan bus. Pastikan fisik kita juga dalam keadaan sehat, sehingga perjalanan kita akan menyenangkan. Semoga perjalanan kita memberi kesan yang mendalam.

Selamat melakukan perjalanan, salam sayang dari saya.

Kudus, akhir Agustus 2019.





You Might Also Like

12 comments

  1. Aku tambahin ya mbaaak 😍
    Kalo perjalanan jauh, lebih baik pake jaket atau bawa selimut karena dalam bus itu dingin hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...iya Mbak, itu di no 7 sudah ada. Pengalaman pribadi ya soalnya, Makasih.

      Delete
  2. Sip. Tips keren dan bermanfaat, saya kalau perjalanan darat atau menggunakan bus minimal pakai jaket, baju tidak terlalu tebal dan menyerap keringat. Pakai sepatu dan membawa permen banyak banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat Mbak, memang harus di buat senyaman mungkin biar tetap betah selama perjalanan.

      Delete
  3. Dulu seringnya naik bus malam, karena antar kota antar provinsi. Engga kuat dinginnya...Sampai hidung ikut dingin. Brrr...
    Makasih tipsnya Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bus malam dinginnya ampun deh. Saya pakai kaos kaki sama jaket.

      Delete
  4. Zaman kuliah langganan banget naik bus buat PP ke kampung halaman. Sekarang mikir dua kali setelah punya bocils. Dari Jakarta masih lebih nyaman naik kereta sih, meskipun bus juga lumayan cepat stlh ada tol trans Jawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, zaman kuliah saya langganan naik bus antar kota. Sekarang kalau pergi wisata aja naik busnya.

      Delete
  5. Wuaaa.... bisnya keren keren, suamiku seneng banget sama bis kayak gini. Aku sih trakhir naek bis udah lamaa banget. Jadi pengen naik lagi deh nar kalo ada trip keluar kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bus dari Kudus Mbak, jurusan Jakarta. Kemon Mbak Bety, asyuk lho naik bus. Apalagi kalau rame-rame pas acara wisata.

      Delete
  6. Dulu saya juga sukanya naik bus dari Semarang ke Surabaya. Maklumlah anak rantau. Hehehe,,,

    Sekarang ini lebih suka naik kereta api. Tapi naik bus juga emang nggak kalah keren kok,
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang busnya bagus-bagus Mbak. Fasilitasnya jug oke punya. Setelah ada tol jadi lebih cepat perjalanannya.

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images