Lezatnya Nugget Ayam Sayuran Homemade

August 16, 2019

Assalammu'alaikum, Pembaca.



Makanan nugget adalah salah satu yang menjadi favorit anak-anak. Tidak hanya sekedar menjadi lauk, tetapi mereka juga suka memakannya tanpa nasi. Di pasaran juga banyak sekali di jual produk nugget ayam. Namun, sebagai Ibu rumah tangga saya berusaha untuk dapat menyajikan makanan yang selain halal juga sehat. Benarkan Bunda? Salah satu cara untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga, saya belajar bagaimana membuat nugget ayam sayuran yang sehat.

Resep ini sudah diuji coba di dapur saya. Bunda dapat mencobanya sendiri di rumah. Karena bahan dan proses pembuatannya pun cenderung mudah. Berikut resep nugget ayam sayuran ala saya :

Bahan-bahan :


Foto : Bahan nugget ayam sayuran.

1. 400gr daging ayam tanpa lemak dan kulit
2. 1 butir telur
3. 4 siung bawang putih.
4.  1/4 sendok makan garam.
5. 1 pucuk sendok teh gula pasir.
6. Wortel atau loncang secukupnya.
7. lada bubuk secukupnya.
8. Tepung panir untuk membalur secukupnya.

Cara membuat :

1. Giling daging ayam sampai halus.

Foto : Daging ayam yang sudah digiling.

2. Haluskan bawang putih, garam,gula dan merica. Campur menjadi satu dengan telur, daging ayam yang sudah digiling dan parutan wortel/ loncang. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.

foto : Daging ayam yang sudah dicampur bumbu, sayuran dan telur.

3. Masukkan ke dalam loyang, untuk kemudian kita kukus selama kurang lebih 30 menit.

Foto : Daging ayam yang sudah siap dikukus.

4. Setelah 30 menit. kita angkat, dinginkan. kemudian kita potong-potong sesuai selera. balur dengan telur kemudian masukkan  ke dalam tepung panir dan siap kita goreng.

Nugget ayam sayuran siap untuk dinikmati. Lezatnya daging ayam asli berpadu dengan sayuran, membuat cita rasa nugget ini sangat istimewa. tepung panir menambah rasa crispy saat digigit. Selamat mencoba ya, Bunda sholihah. Insya Allah mudah dan ramah di kantong.

Salam hangat dari saya.

Kudus, medio Agustus 2019.


You Might Also Like

16 comments

  1. Saya suka banget sama nugget juga anak-anak makanya aku ijin share yaa

    ReplyDelete
  2. Waaaw..jadi pengen nyoba. Taksave yaa resepnya. Kalo pas liburan cocok nih dipraktekkan dng si gendhuk.
    Btw, itu nggilingnya pakai apa ya mba'?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatuk Mbak di coba. Saya pake blender. Memang tidak bisa langsung selesai, sedikit-sedikit biar blendernya juga lebih awet. Kasih es atau air sedukit ya Mbak saat mbelnder, biar lebih mudah.

      Delete
  3. Mbak, giling dagingnya sendiri apa dibawa kepasar. Saya suka males dibagian giling mengggiling. Soalnya NGgak punya gilingan daging ato food processor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake blender Mbak, bertahap. Kasih es atau air sedikit buat mempermudah dan blender lebih awet.

      Delete
  4. Makanan favorit anak² saya nih mbak. Biasanya saya campur tahu juga karena si kecil enggak doyan ayam. Jadi rasa ayam bisa tersamarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak bisa di campur debgan bahan lain, seperti tempe juga kalau memang kurang suka ayam saja.

      Delete
  5. Nugget ayam itu keras jadinya klo semua daging ayamnya dicincang halus. Saya biasanya 1/2 daging dicincang halus & 1/2 dicincang kasar... Maklum biar anak2 sdh besar2 msh suka dg nugget buat sarapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarkah Mbak. Saya biasa tak belnder halus semua. Selera mungkin ya Mbak.

      Delete
  6. Ini sih makanan kesukaan adek dan keponakan yuni. Boleh yuni adopsi ya kak resepnya. Terima kasih.

    Hehehe

    ReplyDelete
  7. wah.. kesukaanku nih.. dari tampilannya aja sudah menggugah selera....terima kasih sudah berbagi resepnya..cukup praktis untuk dicoba sendiri dirumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, cukup mudah dan praktis. Hasilnya pun banyak, bisa disimpan buat cadangan.

      Delete
  8. Mbak, berarti pakai ayam giling yang di supermarket bisa ya? Langsung dibumbui gitu..
    Terus kalau mau rencana disimpan enggak langsung digoreng gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang daging giling beli saya belum pernah nyoba Mbak. Gak apa2 Mbak, disimpan aja di freezer taruh wadah rapet. InsyaAllah aman untuk beberapa hari.

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images