Tips Memilih Ekspedisi Agar Perjalanan Paketmu Lancar

Oktober 12, 2021

Foto : Dokumentasi pribadi


 Sejak akhir tahun 2011 saya mulai menekuni bisnis online fashion anak. Bisnis ini masih saya geluti hingga sekarang, meskipun sempat mengalami pasang surut karena saya melahirkan anak ketiga di akhir tahun 2013, dan sempat vacum hampir dua tahun. Nah, menjalani bisnis online tentu kita tidak jauh-jauh dari yang namanya ekspedisi ya. Ekspedisi dan bisnis online ibarat sebuah lem dan perangko yang akan selalu nempel, tidak bisa lepas.

Selama hampir sepuluh tahun menjalankan usaha online, saya sudah berganti-ganti jasa ekspedisi. Tentu sebagai pedagang online, saya harus membantu konsumen untuk memilih jasa ekspedisi apa yang paling murah atau terjangkau, tetapi dengan pelayanan yang oke. Di awal menjalankan usaha ini, saya sempat berlangganan dengan dua jasa ekspedisi yang menurutku cukup dapat diandalkan dengan dua kriteria yang aku sebutkan di atas.

Selain karena tarif yang bersaing dan pelayanan oke, saya juga mempertimbangkan faktor lokasi juga, dimana lokasi ekspedisi ini terjangkau dengan gerak aktifitas saya sehari-hari. Dengan kata lain, kalau lokasi ekspedisi tersebut tidak sejalan dengan area aktifitas saya, atau cukup jauh, maka akan saya abaikan meskipun harganya lebih bersaing.

Nah, selama hampir sepuluh tahun ini, berikut beberapa tips memilih ekspedisi agar perjalanan paketmu lancar, apa saja itu

Tercantum dalam Aplikasi Ongkir (Ongkos Kirim)

Sebagai pedagang online memiliki aplikasi ongkir (ongkos kirim) adalah wajib hukumnya. Saya mengunduh satu aplikasi yang cukup komplit, berisi beberapa ekspedisi yang memiliki jam terbang tinggi, terpercaya dengan harga bersaing. Saya merasa lebih yakin dengan memilih ekspedisi yang tercantum dalam aplikasi onkos kirim ini.

Memilih Ekspedisi yang Terdekat

Bagi saya lokasi ekspedisi menjadi salah satu penentu juga dalam memilih layanan ini. Apalagi rumah saya lumayan jauh dari kota, sehingga memikirkan masalah efisiensi dalam perjanan menurut saya cukup penting.

Memiliki Standar Tarif yang Jelas

Dengan mengunduh aplikasi ongkir, kita secara otomatis akan langsung disuguhi daftar nama ekspedisi beserta tarifnya. Kita dapat memilih ekspedisi yang memiliki tarif paling terjangkau atau bisa juga sesuai kesepakatan dengan konsumen.

Memililiki Jangkauan Pengiriman yang Luas

Pilihlah ekspedisi yang memiliki jangkauan pengiriman paling luas, karena akan membuat konsumen atau kita saat melakukan pengiriman barang merasa tenang. Dengan jangkauan yang luas, maka kenyamanan konsumen dan kita sebagai pengguna jasa terpenuhi, karena yakin paket akan diantar secara langsung ke rumah.

Memberikan Akses Kemudahan untuk Tracking

Mengirm paket itu seperti sedang menanti datangnya jodoh, hihihi, deg-deg ser. Apalagi kalau paket yang di kirim belum sampai-sampai, pasti langsung panik dan bingung tuh. So, kamu lebih baik memilih ekspedisi yang memberikan akses kemudahan untuk tracking. Karena saya pernah punya pengalaman kirim paket tidak sampai-sampai, tapi berkat akses kemudahan tracking, paket bisa terlacak dan tersampaikan dengan selamat.

Memiliki Jaminan Keamanan

Pada saat mengirim paket, jaminan keamanan barang menjadi proiritas utama. Terlebih untuk jenis barang tertentu yang membutuhkan perlakuan khusus. Ekspedisi dengan jaminan keamanan dalam pengemasannya, akan membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan tenang saat mengirim barang yang membutuhkan perlakuan khusus. Selain itu kemanan barang selama perjalanan juga menjadi pemikiran utama dalam memilih ekspedisi. Kamu juga dapat memilih ekspedisi yang menyediakan jaminan seperti asuransi untuk menjamin keamanan barang selama perjalanan.

Setahun terakhir ini saya termasuk orang yang sering menggunakan jasa ekspedisi untuk pengiriman paket ke pondok tempat anak saya menuntut ilmu, dan pemilihan jasa ekspedisi yang tepat sangat membantu kelancaran perjalanan paket dan memastikan barang diterima dalam kondisi baik.

Nah, buat kamu yang juga menjalankan bisnis online atau suka kirim paket juga ke saudara atau teman, pastikan memilih ekspedisi yang terpercaya dengan harga bersaing, karena sekarang sudah banyak sekali jenis-jenis ekspedisi yang menyediakan berbagai layanan menarik dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Selamat mengirim paket dan memilih ekspedisi ya, agar perjalanan paketmu lancar.

Salam hangat

Ulfah Wahyu




You Might Also Like

34 komentar

  1. Memilih ekspedisi ini memang tidak bisa sembarangan ya mbak. Kalau di desa saya ini cuma ada dua ekspedisi jadi saya pakai yang paling murah. Biasanya saya tanya dulu lewat WA tarifnya. baru deh milih yang murah, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mengunduh aplikasi cek ongkir mbak, dan yang paling murah serta pelayanan baik alhamdulillah ada dekat rumah juga.Beberapa pakai itu cocok

      Hapus
  2. Beberapa kali menggunakan jasa ekspedisi untuk kirim-kirim barang dagangan yang jumlahnya cuma seiprit, hahaha ... So far belum pernah ada masalah dalam pengiriman, meski dengan jasa ekspedisi yang berbeda-beda. Tapi aku juga paling suka kalau ekspedisi itu terbuka di awal, mulai dari harga, waktu kirim dan kondisi terburuk yang bisa terjadi misalnya terjadi keterlambatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, paling efektif memang unduh aplikasi, jadi lebih jelas.

      Hapus
  3. Saya pernah mengalami kejadian buruk saat order beberapa produk dari luar kota, si agen menggunakan ekspedisi yang harga ongkirnya memang murah banget. Ternyata paket saya gak nyampe himgga bermimggu-minggu. Sejak itu saya kapok dengan ekspedisi tersebut, saya pilih ekpedisi yang reputasinya benar-benar baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sesuai kesepakatan dengan konsumen juga mbak, ditawari beberapa pilihan biar milih sendiri yang cocok mana. Memang pelayanan menjadi prioritas ya.

      Hapus
  4. Setuju, Mbak, kita harus hati-hati saat memilih ekspedisi. Selain harganya ramah di kantong, ekspedisi yang kita gunakan harus terjamin keamanannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, agar perjalanan paket kita lancar.

      Hapus
  5. Sejak pandemi, aku malah dimudahkan oleh pemilik satu-satunya ekspedisi yang lokasinya dekat rumah, sekarang menyediakan layanan jemput ke rumah. Tadinya tidak. Sekarang malah enak, bisa kirim foto barang yang akan dikirim, dibuatkan resi, lalu jam 15 di pick up, bayarnya via transfer. Jadi aman di rumah saja, Mbak. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senangnya bisa dapat pelayanan kayak gitu mbak, jadi lebih nyaman ya.

      Hapus
  6. Saya pernah punya pengalaman buruk dengan ekspedisi, makanya sekarang saya betul-betul memeriksa bibt bebetnya, eh, emangnya orang hahaha. Yang paling penting adalah ekspedisi yang terpercaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Bund, yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan terbukti berkualitas dalam hal pelayanan ya.

      Hapus
  7. Setuju banget mba, ekspedisi yang yahud itu sangat penting apalagi di era pandemi yang notabene kita sangat ngandelin pengiriman barang ke sana-sini. Kalau ekspedisinya kredibel, pasti hepi. Aku pernah punya pengalaman buruk sama salah satu jasa ekspedisi dan sampe sekarang ekspedisi itu aku blacklist saking keselnya hahahaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelayanan yang maksimal menjadi kunci ya mbak, agar tidak kecewa.

      Hapus
  8. Saya skrng udh ada langganan ekspedisini via aplikasi play store sih mba. Hampir semua ekspedisi pasti punya aplikasi di playstore ya. Senengnya bisa pick up deh jadi ga repot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak, jadi lebih meringankan kerja pedagang online ya.

      Hapus
  9. Bener banget mba. Memilih ekspedisi harus jeli dan tepat juga nih... Kudu pilih yang terpercaya, mudah ditracking dan harga terjangkau. Sukur yang bisa cepat sampai. Paling utama sih barang aman yaaa... Sukse terus ya mba bisnisnya

    BalasHapus
  10. Sama banget mbak. Aku sendiri punya beberapa pilihan ekspedisi, tergantung mau ngirim apa. Kalau berkas aku percaya sama ekspedisi T, kalau makanan beku sama si P, sedangkan kalau paket biasa sekarang banyak banget pilihannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah saya langganan pake P dan sudah terbukti cepat dan murah, serta pelayanan juga oke.

      Hapus
  11. Setujuuuu bangett mba Ulfah.
    Ekspedisi dengan jaminan keamanan dalam pengemasannya, akan membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan tenang saat mengirim barang yang membutuhkan perlakuan khusus.
    Sharing-nya sarat faedah ini mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, senang kalau ada ekspedisi yang punya pelayanan maksimal.

      Hapus
  12. Wiwin | pratiwanggini.net20 Oktober 2021 08.05

    Saya pake beda-beda ekspedisi. Ada alasan-alasan tertentu pastinya. Disesuaikan dengan barang yang dikirim, juga alamat tujuan. Tak jarang juga mengikuti pilihannya si penerima barang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bund, kalau sebagai pedagang biasanya kasih beberapa pilihan ekspedisi ke konsumen, atau sesuai permintaannya.

      Hapus
  13. Jaminan keamanan barang itu penting banget. Apalagi kalau barang yang kita paketin itu sangat berharga. Dengan terjaminnya isipaket, kekhawatiran akan hal2 yang tidak diinginkan menjadi lebih mudah ditangani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jadi pilihan ekspedisi yang tepat sangat membantu.

      Hapus
  14. Dahulu saya hanya fanatik dengan pos dengan alasan telah terpacaya dan tidak was2, barang pasti sampa, tapi agak lama. Sekarang kayaknya ekspedisi lain malah banyak yang lebih bagus dan cepat, tinggal pilih. Terima kasih informasinya, ananda Ulfah.

    BalasHapus
  15. jasa ekspedisi sudah seperti jantung umkm sebetulnya. jualan seluruh indonesia bisa terjangkau dengan mereka. Nah, kita juga harus pandai ya dalam memilih jasa ekpedisi ini jangan sampai salah strategi

    BalasHapus
  16. Ah iya, urusan kirim paket ini memang nggak bisa dilepaskan dari memilih jasa ekspedisi ya mbak
    klo salah pilih ekspedisi bisa berabe

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu nih ada aplikasi ongkir mbak buat ngecek ekspedisi dengan ongkir termurah. Tahunya cuma cek di website gitu. Kalau aku beberapa kali jualan sih ngirim paketnya ikut yang disediakan marketplace aja mana yang memberikan gratis ongkir. Hehe

    BalasHapus
  18. Kalau aku karena keseringan dapat klien luar negeri masih bingung pilih jasa pengiriman yang cepat. Apalagi yang aku kirim modelnya dokumen. Pengennya tiga hari bisa nyampe. Tapi kayae nggak mungkin

    BalasHapus
  19. Wah keren bisnisnya Mbak yang udah jalan tahunan. Aku baru jalan kehantam pandemi. Hiks. Ini mau mulai lagi. Makasih infonya soal ekspedisi ini.

    BalasHapus
  20. Betul, dengan banyaknya kurir skrg bikin kita makin picky karena kesal kalau kurir yang overload terus semua tertunda

    BalasHapus
  21. Kepuasan konsumen dan si penjual ini memang terletak pada jasa pengiriman ya..
    Aku juga pernah kesel, gak jadi repurchased karena beliau menggunakan jasa pengiriman yang selalu membuatku harus jalan ke jalan utama. Dengan alasan "Susah menemukan rumah Ibu."

    Padahal jasa pengiriman yang lainnya, baik-baik aja.
    Salut dengan kak Ulfa yang mendengar apa kata hati konsumen.

    BalasHapus