Tetap Sehat dan Bugar Diusia 40

Agustus 06, 2021

Usia 40 tahun menurut sebagian orang adalah usia yang rawan terhadap masalah kesehatan. Menurut para ahli, usia 40 tahun menjadi waktu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kamu. Di usia ini konon juga merupakan waktu yang tepat untuk mengevaluasi masalah kesehatan dan menyusun rencana jangka panjang untuk tetap sehat dan bugar di usia 40.

Dalam sebuah artikel yang saya baca pada laman klikdokter.com usia 40 adalah masa ketika banyak resiko mulai meningkat. Laju metabolik atau pembakaran dalam tubuh menurun pada usia ini, sehinga akan memberi efek terhadap masalah berat badan. Pada usia ini kamu juga akan mengalami masalah perubahan hormon. 

Hormon adalah pembawa pesan kimiawi dalam tubuh yang mengatur hampir semua fungsi tubuh, dari reproduksi hingga rasa lapar. Pada perempuan yang akan mencapai menopause (terhentinya siklus menstruasi), kadar hormon estrogen, progesteron, dan testosteron akan berfluktuasi, sehingga akan mengakibatkan rangkaian perubahan dalam tubuh. Antara lain, kepadatan tulang dan masaa otot tanpa lemak yang menurun, hingga menurunnya dorongan seksual dan perubahan mood.

Kamu tidak dapat mencegah perubahan yang terjadi saat memasuki usia 40 tahun ini, namun semua dapat diminimalkan dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut beberapa tips hidup sehat agar tetap sehat dan  bugar di usia 40 tahun :

Olahraga

Memasuki usia 40 tahun, kesibukan kamu tentu semakin bertambah, karena pada usia inilah produktifitasmu semakin meningkat. Dengan banyaknya kesibukan ini, terkadang membuatmu melupakan untuk melakukan olahraga. Padahal olahraga sangat penting untuk menjadikan tubuh tetap sehat dan bugar. Di usia 40 tahun ini kamu dapat memilih olahraga yang tidak berlebihan, contohnya renang, yoga, senam, sepeda statis dan bersepeda.




Memperhatikan Asupan Makanan

Pada usia 40 tahun kamu sebaiknya mengurangi karbohidrat, karena karbohidrat akan meningkatkan kadar gula darah secara cepat dan akan turun langsung kembali dengan cepat juga, sehingga akan membuatmu menjadi cepat lapar. Sebagai gantinya kamu bisa mengkonsumsi protein, serat, dan lemak yang sehat agar merasa lebih lama kenyang.


Foto : Koleksi pribadi

Istirahat yang Cukup

Pastikan kamu mendapat waktu istirahat yang cukup. Pola tidur yang baik akan mempengaruhi kesehatan seseorang di masa depan. Hindari bergadang, saatnya kamu memprioritaskan waktu tidur yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup.

Minum Air Putih

Menjaga kecukupan cairan sangat penting. Hal ini akan dapat kamu rasakan saat usia 40-an, dimana kulit di usia ini mulai menua. Dengan mengkonsumsi banyak air puith, akan membantu menunda tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, kulit yang kendur, serta menjaga kulit tetap cerah dan terlihat segar.

Menjaga Postur Tubuh 

Postur tubuh yang baik tentu menjadi idaman semua orang bukan? Meskipun kamu sudah beranjak tua. Tidak hanya enak dipandang, postur tubuh yang baik akan mencegah terjadinya masalah terhadap otot, sendi, dan struktur pendukungnya. menjaga postur tubuh dapat dimulai dengan memperhatikan cara kamu duduk dan berdiri dengan tegak, janngan biarklan posisi bahu membungkuk.

Memperhatikan Kondisi Mata

Pada usia 40, kondisi penglihatan mulai menurun. Fungsi kelenjar air mata menurun sehingga kerap menimbulkan gejala, seperti mata kering dan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya kamu dapat diet tinggi buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan, vitamin, serta mineral. 

Cek Kesehatan 

Pada usia 40 tahun adalah waktu yang tepat untuk melihat secara detil kesehatan kamu. Seperti kolesterol, tekanan darah, kadar gula darah dan berat badan. Dengan melihat kondisi kesehatan secara lebih detil, akan membantu kamu dan dokter untuk mengidentifikasi faktor resiko penyakit yang berpotensi tersembunyi. Sehingga ada pencegahan dan penanganan lebih awal jika memang timbul masalah kesehatan.

Baca juga : Resep Makaroni Skotel Ala Anak Pondok

Kamu termasuk orang yang sudah memasuki usia 40 tahun ini? Saya bahkan sudah melewatinya hihihi. Kondisi tubuh di usia ini memang tidak seprima saat masih usia 20-30an, tetapi dengan menjalankan pola hidup sehat sejak awal maka kamu akan tetap sehat dan bugar di usia ini.

Saya bahkan masih aktif senam di usia 40 tahun, tetapi setelah pandemi aktifitas ini berhenti dan sekarang berencana memulai lagi setelah kondisi sudah mulai membaik nanti. Pikiran yang tenang juga memberikan pengaruh terhadap kesehatanmu. Oleh karena itu, selain menjaga pola makan dan olahraga kamu juga harus dapat mengendalikan pikiran agar lebih tenang dan terhindar dari stress.

Usia 40 tahun juga dapat menjadi refleksi bagi diri kamu agar lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, memperbanyak dan meningkatkan ibadah, sehingga ada kesimbangan antara usaha duniawi dan akhirat. Semangat sehat dan teruslah berkarya, agar kamu tetap sehat dan bugar di usia 40 tahun.

Salam hangat

Ulfah Wahyu


sumber :

m.klikdokter.com, ditulis oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSC MSC,diakses 5 Agustus 2021.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Memasukj usia 40 kita memang harus makin aware dengan kesehatan. Terasa sekali semakin byk fungsi tubuh yang mulai menurun. Terimakasih mak sdh diingatkan melalui artikel ini.

    BalasHapus
  2. Saya udah empatpuluh plus plus, dan memang benar, di usia ini mulai cepat letih dan mulai muncul penyakit-penyakit yang sebelumnya nggak pernah dirasakan.

    BalasHapus