Resep Makaroni Skotel Ala Anak Pondok

Mei 20, 2021

Setelah hampir sepuluh bulan lebih anak kedua tinggal di pondok,  dan karena pandemi maka tidak ada jadwal menengok bagi orang tua, akhirnya bulan ramadan kemarin kakak mendapat libur akhir tahun. Liburan yang lumayan lama selama hampir dua bulan. Setelah menahan rindu selama hampir sepuluh bulan lebih, kami akhirnya bisa berkumpul bersama dan dapat menjalankan ibadah puasa dan merayakan lebaran bersama.

Sepulangnya kakak dari pondok ternyata membawa banyak perubahan. Selain akhlak dan semangatnya yang semakin bertambah baik, ternyata kemampuan dia memasak juga semakin terasah, hahaha. Anak kedua ini memang hobi memasak. Bahkan saat masih duduk di bangku sekolah dasar kesukaanya memasak sudah terlihat. Dia bahkan sudah bisa membuat omelet yang lezat dan roti sandwich yang yummy.

Saat berada di pondok dia terbiasa melihat Ustaznya memasak untuk teman-teman satu kelasnya. Di pondok yang notabene laki-laki semua, sehingga membuat para Ustaz terbiasa memasak sendiri saat ingin makan bersama dengan para santrinya. Ketika bulan Ramadan kemarin kami mengunjungi sebuah toko kue dan menemukan makaroni skotel di salah satu raknya, karena itu makanan kesukaan anak-anak, maka kami pun membelinya. Tetapi setelah di coba, ternyata rasanya kurang pas di lidah kami.

Alhasil itu membuat kakak penasaran, sehingga dia ingin mencoba membuat makaroni skotel sendiri. Makaroni skotel merupakan salah satu makanan favorit anak-anak, terutama anak nomer dua ini, dan akhirnya diapun mencoba resep yang didapatkan dari internet, dan ternyata hasilnya enak banget hehehe. Dengan memanfaatkan bahan yang sederhana dan makaroni hasil sponsor dari tantenya, maka jadilah makaroni skotel yang lezat dan bikin nagih ini.

 

Foto : Dokumentasi pribadi

Apa saja sih bahan dan bagaimana cara membuatnya? Simak yuk di bawah ini

Bahan :

200 gr Makaroni

250ml Susu cair

100gr Keju parut

2 Butir  telur

2 Buah sosis

2 Siung bawang putih

1/2 Bawang bombay cincang

1 sdt Merica bubuk

1 sendok makan tepung terigu

1 sendok minyak goreng

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Kaldu jamur secukupnya


Foto : Dokumentasi pribadi

Cara Membuat :

1. Rebus makaroni dengan mencampur 1 sendok minyak goreng hingga empuk

2. Tiriskan dalam wadah

3. Haluskan bumbu bawang putih, tambahkan merica, garam dan gula secukupnya.

4. Tumis semua bumbu halus hingga layu, kemudian masukkan bawang bombay cincang dan lanjutkan menumis hingga layu


Foto : Dokumentasi pribadi

5. Setelah layu masukkan makaroni yang sudah ditiriskan tadi, aduk hingga bumbu bercampur

6. Masukkan sosis yang sudah di potong-potong kecil-kecil, masak hingga sedikit kecoklatan, lalu tambahkan susu dan tepung terigu, kemudian aduk sampai rata dan mendidih.

7. Setelah rata tambahkan telur ke dalam adonan, aduk hingga bercampur dan terakhir masukkan parutan keju, kemudian tumis hingga semua bahan bercampur dan bumbu merata.

8. Setelah rata, angkat dan masukkan ke dalam wadah aluminium foil dan kukus selama kurang lebih 15 menit.


Foto : Dokumentasi pribadi

Setelah 15 menit angkat dan makaroni siap dinikmati. Lebih lezat jika di makan dengan tambahan saos, humm yummy.

Dalam waktu sekejap makaroni skotel made in kakak ludes di makan oleh kami sekeluarga. Rasanya lebih enak dan terasa lebih empuk dibanding makaroni skotel yang kami beli di toko kue beberapa waktu yang lalu. 

Nah, Bunda bagaimana? Tertarik mencoba, yuk langsung dieksekusi ya, mudah cara buatnya, lezat dan tentu saja bergizi. Cocok buat camilan sambil menikmati suasana sore yang cerah, hehehe. Selamat mencoba ya.

Salam Hangat

Ulfah Wahyu


Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan menulis Pasukan Blogger Joeragan Artikel bulan Mei tema "Resep Masakan"

You Might Also Like

1 komentar

  1. Hem kebayang deh nikmat cemilan makaroni ni mb, dengan susu dan kejunya memang nikmat. Kesukaan anak-anak juga di rumah. 😋👍

    BalasHapus