Menyiapkan Menu Ala Yummy App untuk Teman Daring Anak

Agustus 17, 2021

Sampai detik ini anak sulung saya yang duduk di kelas X masih melakukan pembelajaran dengan metode daring. Hal ini dikarenakan dia mengenyam pendidikan di boarding school, yang berada di luar kota. Sehari-hari dia akan tinggal di wisma sepulang sekolah, sementara itu letak wismanya berada di luar lingkungan sekolah, sehingga pihak sekolah masih berusaha untuk mencari titik tengah dan jalan terbaik bagi proses belajar mengajar selanjutnya. 

Mendampingi anak kelas X belajar daring tentu berbeda dengan saat saya mendampingi adiknya yang kelas dua SD. Anak laki-laki usia 15 tahun ini sudah lebih mandiri dan tertib dalam mengikuti KMB daring. Si Kakak mulai belajar jam 05.00 wib, dimulai dengan kegiatan di wisma yang dilakukan via zoom meeting. Ada acara membaca matsurat, tausiyah singkat dari Ustaz pembimbing dilanjutkan dengan setoran hafalan. Setelah itu istirahat, dan dilanjut lagi pukul 07.30 wib mulai pelajaran sekolah.

Jadwal sekolahnya mulai pukul 07.30 wib sampai 14.00 wib. Bisa dibayangkan, mneskipun daring jadwal sekolahnya cukup padat. Nah, agar kegiatan daring ini bisa berjalan dengan lancar, orangtua harus mempersiapkan beberapa hal yang menunjang demi kelancaran kegiatan belajar mengajar ini. Apa saja yang harus disiapkan

Laptop atau Handphone
Perangkat pertama yang harus siap adalah laptop atau handphone. Kedua alat ini menjadi piranti yang sangat penting untuk keberlangsungan belajar daring. Apalagi untuk anak usia SMP dan SMA, mereka membutuhkan kedua piranti ini sendiri, tanpa gabung dengan orang tua. Seperti di sekolah si Sulung, dimana dia ada jadwal setoran hafalan via videocall, sehingga hp harus selalu stand by.

Jaringan Internet 
Jaringan internet menjadi salah satu kunci penting agar proses belajar daring ini lancar, karena rata-rata dalam sehari si Sulung belajar melalui aplikasi zoom meeting. Jadi orangtua harus benar-benar memastikan jaringan internet atau kuota aman.

Ruang Belajar yang Nyaman
Untuk anak usia SMP dan SMA membutuhkan ruang belajar tersendiri yang nyaman, jauh dari hiruk pikuk anggota keluarga yang lain, karena kegiatan mereka lebih kepada mendengarkan materi via zoom meeting dan mengerjakan tugas, yang membutuhkan konsentrasi. Sehingga ruang belajar yang nyaman akan mendukung lancarnya proses belajar daring ini.

Camilan
Nah, ini juga menjadi hal yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Apalagi anak saya laki-laki, masa petumbuhan sehingga makannya bisa duakali lipatnya orang dewasa. Mengingat jam belajarnya yang padat hingga pukul 14.00 wib, maka saya selalu berusaha untuk menyiapkan camilan pada saat jam istirahat.

Berbicara masalah camilan ini, saya biasa beli di pasar dekat rumah yang menjual aneka kue basah. Setiap hari saya selang seling menunya, agar si Sulung tidak bosan. Namun yang menjadi masalah adalah jajan yang dijual sama, jadi meskipun sudah di selang seling tetap saja nanti ketemunya jajan itu lagi itu lagi, hihihi.

Ditengah kegalauan saya dalam menyiapkan menu camilan belajar daring Kakak, ketemulah saya dengan sebuah aplikasi yang keren banget yaitu Yummy App. Apa itu Yummy App? Adalah aplikasi panduan memasak yang diluncurkan oleh IDN media pada senin, 8 Juli 2019. 



Apa Saja Fiturnya di Yummy App?

Yummy apps memiliki beberapa fitur yang sangat membantu para Ibu untuk mendapatkan segala macam resep masakan yang dapat di lihat di www.yummy.co.id dengan mudah. Berikut fitur yang bisa kamu temukan

Fitur Memasak
Melalui fitur ini kamu akan dibantu memililh resep sesuai dengan bahan baku yang kamu miliki di rumah, sehingga akan lebih menghemat waktu dan biaya. Kamu sudah bisa berkreasi dengan bahan yang tersedia dan menghasilkan masakan yang lezat dan sehat.

Fitur Filter Resep
Fitur ini akan membantmu untuk mengurutkan menu berdasarkan budget yang dimiliki dan waktu memasak atau porsi. Wah, asyik ya jadi bisa lebih berhemat dalam hal keuangan.

Fitur Upload Resep
Kamu juga dapat mengunggah resep kreasimu yang menjadi favorit keluarga ke halaman komunitas Yummy dan akan mendapatkan Yummy point yang bisa ditukarkan dengan uang tunai. 

Fitur Notifikasi dan Ikuti Akun Teman
Fitur ini akan membantumu berinteraksi dengan sesama pengguna di komunitas Yummy.

Yummy App meyakini bahwa setiap orang bisa masak, Sesuai dengan tagar resmi Yummy, yaitu #MasakItuGampang. Oleh karena itu melalui Yummy App ini kamu diajak untuk lebih berani berkreasi dalam memasak. Bahkan sejak peluncuran versi beta, aplikasi ini berhasil menjadi trending di google play store, dan tercatat sudah diunggah hampir 150 ribu kali ( per Juni 2019 ). Aplikasi ini juga sudah hadir di media sosial facebook & instagram, dan sudah bisa didapatkan di google play store dan App store.


sumber gambar : m.medcom.id


Setelah mengunduh di hp, saya pun tidak sabar lagi untuk langsung praktek memasak dengan menggunakan bahan yang tersedia di kulkas. Berikut beberapa masakan dan jajan yang saya buat

Telur Balado
Saya memanfaatkan telur yang sudah ada di kulkas untuk membuat telur balado, dan hasilnya bikin anak dan suami pengin nambah telurnya hihihi.


Cireng
Ini adalah jajanan favorit saya dan anak-anak. Begitu menemukan resepnya saya langsung eksekusi jajanan ini sebagai camilan teman daring.


Hunkwe 
Kalau yang ini adalah favorit saya, hehehe. Menjadi resep selanjutnya yang saya eksekusi dan hasilnya benar-benar lezat.


So tunggu apalagi, kamu dapat langsung mendownload aplikasi resep masakan Yummy app di hp atau laptop kamu dan temukan berbagai macam resep masakan, minuman, jajanan, roti atau kue dengan berbagai macam bahan yang mudah didapatkan dan dengan budget terjangkau. Saya jadi merasa tenang sekarang karena dapat menyiapkan menu ala Yummy app untuk teman daring anak.

Sekarang kita tidak akan lagi kehabisan ide untuk membuat camilan ya Moms, biar anak lebih semangat belajar dan tubuh terjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi masakan rumahan yang lebih sehat dan terjamin kebersihannya. 

Salam hangat

Ulfah Wahyu 


Sumber : m.medcom.id,Yummy App, Aplikasi Panduan Memasak dengan Mudah, diakses 14 Agustus 2021.

You Might Also Like

34 komentar

  1. Sama nih, jajanan di watung sebelah juga itu-itu saja. Kalau mau selingan yang benar-benar lain memang harus buat sendiri ya dan Yummy bisa diandalkan, banyak banger resep cemilannya.

    BalasHapus
  2. luengkap abis memang aplikasi ini ya mbak. dalam sehari, aku bisa buka beberapa kali buat cari inspirasi, secara jajan di luar sekarang dibatasi, jadinya ngedapur terus dan bikin jajanan sendiri

    BalasHapus
  3. Selama PPKM, ngeri-ngeri sedap kalo sering jajan di luar. Mau buat masakan, suka bingung. Eh, beruntung dikenalkan aplikasi ini. Jadi nambah referensi resep memasak juga nambah ilmu dari tips-tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, jadi lebih efektif dan efisien ya waktu masak kita

      Hapus
  4. Tiap malam sebelum tidur, aku tuh udah mikir, besok bikin apa ya, utk temani anak belajar daring, juga buat menu sarapan?

    Gegara Yummy App, pagi ini aku eksekusi resep semur daging kentang, sama tumis kangkung super endeussss :D

    Yeayy, makasiii Yummy App! You really save my day :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya ya mbak ibu2 suka bingung mikir masak apa hari ini. Dengan Yummy app jadi teratasi nih, karena resepnya banyak dan lengkap.

      Hapus
  5. Iya nih aku udah download Aplikasi Yummy, ternyata banget banget resepnya ya dan bisa difilter sesuai kebutuhan, seperti menu makanan sesuai budget belanja harian....jadi lebih hemat dan praktis, ngak pusing lagi nyari menu makanan untuk anak-anak yang selama belajar daring jadi doyan makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, lebih hemat dan praktis ya masaknya.

      Hapus
  6. Kalau beli frozen juga mahal ya mbak camilan camilan. Nah daripada beli mending buat resep sendiri aja dari Yummy App

    BalasHapus
  7. Yumy App keren. Kayaknya Masakan sederhana ala kampung juga ada ya. Seperti telur balado dan hunkwe. Selamat sore, ananda Ulfah. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus
  8. Lihat camilan yang dibuat mbak ulfa, saya kok jadi penasaran dengan hunkwe ya, terbuat dari apa ya itu....hmmmmm.....Otw ke aplikasi yummy app dunk yang ada diponsel saya, uhuuuuy

    BalasHapus
  9. Waahh iya benar juga ya. Bisa bikinin camilan untuk anak-anak nih menggunakan resep2 yang ada di Yummy App. Sudah lama pengin bikin cireng tapi ga tau caranya. Ngikutin yang ada di Yummy App aja yang langkah-langkahnya mudah.

    BalasHapus
  10. Mbak menu-menu buat belajar daring anak-anak lengkap Ada di yummy app ya, keren banget nih

    BalasHapus
  11. wuih mantap nih. emang yummy app ini kece banget. banyak resep masakan enak dan praktis

    BalasHapus
  12. duh pasti lelah banget ya mata anak-anak kalau harus zoom seharian, mbak. mana pastinya juga bosan. untung ada yummy app ya jadinya ibu nggak kehabisan ide buat bikin cemilan di rumah

    BalasHapus
  13. biar belajar daring makin semangat, perlu disiapin menu yg enak enak ya mbak
    resepnya bisa dilihat di Yummy App deh

    BalasHapus
  14. ngikutin kegiatan daring anak tuh bisa sampe siang gak kelar-kelar. kami di sinipun musti sedia stok cemilan yang banyak untuk ganjel mata dan perut di tengah-tengah daring yang kadang membosankan. Yummy app to the rescue udah yang paling bener lah. ide masakannya buanyaaak.

    BalasHapus
  15. Bener banget nih, Mbak. Salah satu pendamping penting di saat daring emang camilan. Membeli memang praktis tapi biasanya rasanya 'biasa'. Menurut saya, sih. Kalo bikin sendiri, rasanya bisa lebih spesial. Roti, misalnya. Kalo buatan saya sendiri, lebih "berisi" sehingga mengenyangkan karena ga terlalu banyak pengembang :)
    Yes, Yummy App sangat membantu sekali untuk urusan dapur termasuk baking. Sip

    BalasHapus
  16. Samaan, Mbak.. Selama sekolah daring ini anak-anak juga minta dibuatin aneka cemilan. Maklum ya, ga pernah jajan kalo di rumah, beda dg di sekolah dulu.

    Wah, saya udah mulai kehabisan ide nih mau buat cemilan apa lagi. Sepertinya perlu tengok2 Yummy App nih biar ada inspirasi. ��

    BalasHapus
  17. Menyediakan camilan itu wajib banget untuk anak-anak yang sekolah daring secara mereka jadi lebih cepat lapar ya. Jadi pengen nyontek juga ide camilan buat anak dari Yummy App terutama yang tinggi protein nih. Karena protein bagus untuk otak.

    BalasHapus
  18. Komplit ya fitur-fitur di Yummy App. Kereen dan membantu banget buat emak-emak yang bingung masak apa sepertiku.

    BalasHapus
  19. Hu hu hu... Jadi pengen masak hunkui itu mbak. Aku pernah eksekusi sekali tapi gagal. Belum cobain resep dari yummy app. Kapan-kapan praktik ah. Banyak juga ya resep di yummy app.

    BalasHapus
  20. Anak-anak semakin semangat belajar karena Ibunya rajin menyiapkan menu makan dan cemilan yang menggugah selera.
    Terimakasih banyak-banyak sama Yummy apps.

    BalasHapus
  21. Masakannya bikin ngiler nih, memang pas pandemi gini masak sendiri lebih sehat ya mba apalagi untuk makanan cemilan pas anak belajar

    BalasHapus
  22. hunkwe ini justru aku baru tahu
    kayak agar-agar gitu kah?
    duh, langsung cari di yummy deh aku

    BalasHapus
  23. Langsung praktik ya mbak....mau makanan berat sampe camilan, lengkap banget ya mbak, keren ini aplikasi

    BalasHapus
  24. Wiwin | pratiwanggini.net30 Agustus 2021 17.11

    Anak-anak sekian lama belajar daring lama-lama bosan atau jenuh juga. Salah satu penyemangatnya adalah camilan yang enak-enak. Yummy app nih bisa jadi solusi buat cari resep camilan.

    BalasHapus
  25. Hungkwe, entah kapan terakhir kali makan. Dulu semasa kecil jadi cemilan wajib keluarga. Kalau sekarang sangat jarang. Bersyukur bisa membaca Yummy dan tulisan ini.

    BalasHapus
  26. Pas banget untuk saya yang anaknya banyak. Darioada jajn di luar, bikim sendiri tentu lebjh hemat

    BalasHapus
  27. Aku dulu tu pengen bisa masuk asrama kayak anak mbak. Sholat jamaah terus, baca al matsurat, dengerin kultum, dll. Tapi karena ga kesampean, nanti aku pengen Umar sekolah di asrama.

    BalasHapus
  28. kalau telur balado aku mah lauk mbak bukan camilan kyahaha. cireng itu pasti disukai anak-anak ya mbak

    BalasHapus
  29. Bikin camilan untuk teman daring anak-anak jadi lebih bervariasi ya mbak dengan adanya Yummy App, jadi ide masak gak ada habisnya

    BalasHapus