Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

February 04, 2020


Buah pisang merupakan salah satu makanan yang sehat dan harganya cukup murah.  Selain itu, pisang juga sangat mudah didapatkan. Kita dapat menemukan buah ini di pasar tradisional maupun supermarket. Selain mudah didapatkan, ternyata buah pisang ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan. Saya termasuk orang yang sering mengkonsumsi buah ini. Anak-anak juga menyukainya. Selain rasanya yang lezat, buah ini cenderung lebih mudah saat di konsumsi. Kita tidak perlu mengupasnya dengan menggunakan pisau, tinggal dikupas kulitnya, langsung santap.

Dalam satu minggu, hampir bisa dipastikan saya selalu menyediakan buah ini di rumah. Jenis yang biasa saya beli adalah jenis pisang mas. Selain karena bentuknya yang tidak terlalu besar, rasanya juga manis. Pisang juga menjadi makanan favorit para atlet, karena dapat dengan mudah diserap oleh dan bisa mengembalikan energi mereka. Ada beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang, diantaranya :

A. Kalori 99 kalori.
B. Protein 1,2 gram.
C. Lemak 0,2 gram.
D. Karbohidrat 25,8 mg.
E. Serat  0,7 gram.
F. Kalsium 8 mg.
G. Fosfor  28 mg.
H. Besi  0,5 mg.
I. Vitamin A 44 RE.
J. Vitamin B 0,08 mg.
K. Vitamin C 3 mg dan air 72 gram.

Kandungan gizinya yang lengkap ini, akan membuat kebutuhan gizi kita terpenuhi secara minimal, jika hanya mengkonsumsi buah pisang saja. Pisang yang mudah dicerna, sehingga gula buahnya akan diubah menjadi glukosa alami dan cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, adalah pisang yang berkulit hijau kekuningan dengan bercak coklat atau kuning. Sementara pisang yang masih mentah, akan sulit untuk dicerna.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan.

Ada beberapa manfaat buah pisang yang bagus untuk kesehatan, diantaranya :

1.Sumber Energi.
Buah pisang dapat dicerna dengan mudah. Gula yang dihasilkan akan diubah menjadi sumber tenaga dengan cepat. Sehingga itu bagus untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan dapat menghilangkan rasa lelah.

2. Bermanfaat Bagi Ibu Hamil.
Pisang mengandung asam folat yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat ini mudah diserap oleh janin melalui rahim. Tetapi, jangan mengkonsumsi secara berlebihan, karena satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori. 

3. Mengatasi Anemia.
Kandungan zat besi ( Fe ) dalam pisang, dapat membantu mengatasi anemia. Konsumsi sehari dua buah pisang setiap hari. 

4. Menurunkan Hipertensi.
Buah pisang tinggi kalium dan rendah garam, hal itu diakui mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi dari penyakit stroke dan jantung.

5. Membantu Meredakan Masalah Pencernaan.
Saat anda sedang sakit perut, cobalah mengkonsumsi pisang, karena salah satu manfaatnya adalah membantu meredakan masalah pencernaan. Pisang mengandung serat, sehingga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

6. Mengurangi Resiko Kanker Usus Besar.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, dengan mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin, termasuk pisang, dapat mengurangi resiko terkena kanker usus besar. Hal itu diduga karena kandungan serat dan antioksidan yang terdapat di dalam pisang.

7.Menyehatkan Tulang.
Kandungan magnesium yang cukup tinggi, yang terdapat dalam pisang, dapat membantu untuk menyehatkan tulang. Konsumsi buah ini secara rutin dan rasakan manfaatnya.

Begitu banyak ya manfaat pisang. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung, atau diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lain. Rasanya yang manis dan lezat, banyak disukai oleh semua umur, termasuk anak-anak. Harganya pun sangat terjangkau. Cara menanam dan merawatnya juga cukup mudah. Hasil panennya juga banyak. Bagaimana Bunda, sudahkah membiasakan diri dan keluarga mengkonsumsi pisang secara rutin? yuk kita mulai dari sekarang.

Kudus, awal Februari 2020

You Might Also Like

32 comments

  1. Yuk kita perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah seperti buah pisang

    ReplyDelete
  2. Wah kalau saya sendiri, pisang merupakan buah favoritku. Selain manis juga legit.
    Oh ya salam kenal saya juga blogger Kudus

    ReplyDelete
  3. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  4. Saya selalu sedia pisang di rumah, Mbak
    Semua suka
    Seadanya saja, kalau pas ada pisang ambon, pisang mas, pisang barangan...dan lainnya
    Manfaatnya ternyata banyaak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak. Pokoknya buah yang paling mudah didapat dan semua suka.

      Delete
  5. Banana/pisang makanan favorit saya semasa kecil. Saya ingat sekali setiap pagi saya kecil akan makan pisang kapas (namanya). Hingga sekarang anak-anak pun suka pisang yang dinamai pisang mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Helen. Pisang mas, rasanya manis dan bentuknya relatif kecil, jadi anak-anak lebih suka.

      Delete
  6. Pisang tuh buah serbaguna. Manfaatnya banyak dan semua suka. Kalau engga habis bias diolah jadi macam-macam kue...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Hani. Betul sekali. Murah dan juga gampang di dapat.

      Delete
  7. Aku dan sulung sama-sama suka pisang. Sayangnya bungsu nggak. Tapi buat mengakali, aku biasanya mengubahnya dalam bentuk lain, misalnya dijadikan smoothies. Repot sedikit nggak papalah. Bungsu memang agak susah makan buah. Pilih-pilih banget.

    Padahal pisang dimakan mentah atau digoreng pakai tepung, yummy ... enak banget kan rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alahamdulillah anak-anak saya suka sama buah pisang semua. Wah enak tuh Mbak Mel di buat smoothies.

      Delete
  8. Aku sekeluarga suka banget pisang. Enak dan bisa diolah jadi apa aja ya, buat anak-anak biasanya aku bikin jadi smoothies pasti minta nambah terus

    ReplyDelete
  9. Di antara semua buah, say apaling suka pisang. Walau enggak semua jenis, sih. Tapi tetaplah kalau lihat pisang suka ngiler. Bahkan sering banget kayak ngidam gitu hanya ingin makan pisang. Hidup pisang! (hehehe...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga lho Mbak Ati. Gak perlu repot kupas pakai alat ya.

      Delete
  10. Aku suka banget mba buah pisang. Selain enak rasanya juga murah. Bahkan aku lebih suka pisang daripada apel hahaha. Padahal kan harganya mahalan apel ya. Tapi aku tetep suka pisang 😂

    ReplyDelete
  11. Yuni juga doyan pisang lho Mbak. Dulu sih mikirnya, namanya buah pasti banyak seratnya. Eh ternyata banyak juga manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sekali Mbak Yuni. Kalau saya memang dari dulu suka pisang. Mudah didapatkan juga.

      Delete
  12. Pisang itu salah satu buah favorit kami di rumah. Anak-anak terutama si kecil paling doyan. Selain harganya yang ramah di kantong, manfaatnya kaya banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, benar sekali. Paling mudah didapatkan juga ya.

      Delete
  13. Aku kalo pisang masih milih-milih mba. Paling suka pisang yang kecil-kecil manis itu. Kalo yang kegedean suka auto eneg hehehe. Padahal manfaatnya sama ya... Harus lebih meniatkan diri deh kayaknya makan pisang. Thks infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga lebih seringnya beli yang kecil kok Mbak.

      Delete
  14. Minggu lalu aku sakit nyeri semacam peradangan otot. Sama terapisnya disuruh banyakin makan pisang. Katanya sih kaliumnya bagus untuk kondisiku. Untungnya aku emang doyan banget. Apapun jenisnya oke aja aku mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakah Mbak. Obatnya cukup murah dan sehat, serta mudah didapatkan.

      Delete
  15. Sejak kecil saya suka sekali makan pisang, selain suka rasanya juga bisa melancarkan pencernaan, hehehe. Alhamdulillah semua anggota keluargaku juga suka makan pisang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Paling jadi favorit ya di keluarga.

      Delete
  16. Ternyata pisang banyak manfaatnya juga ya. Walaupun termasuk buah yang terjangkau. Emang enak sih, apalagi kalau dijadiin smoothies. Duh jadi ngiler

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images