Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Melakukan 7 Hal Berikut Ini

November 17, 2019


Ginjal adalah salah satu organ ekskresi dalam vertebrata sebagai bagian dari sistem urin. Fungsi ginjal adalah menyaring kotoran (terutama urea) dari darah, dan membuangnya bersama air dalam bentuk urin. Di dalam tubuh, terdapat sepasang ginjal yang terletak di daerah dekat pinggang. Ukuran panjang satu ginjal manusia mencapai 10 cm, dengan berat sekitar lebih dari 200 gram. Ginjal sangat berperan penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga dan merawat ginjal dengan baik.

Ginjal berperan dalam mengatur keseimbangan asam-basa, mengatur tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, dan membantu mempertahankan kalsium dalam tulang. Perannya yang sangat besar tersebut, harus menjadikan kita untuk senantiasa menjaga kesehatan ginjal. Saya sudah mulai membiasakan diri menjalankan pola hidup sehat. Berusaha untuk mengurangi jenis makanan yang dapat merusak ginjal. Anak-anak juga saya biasakan untuk mengurangi konsumsi makanan yang berpotensi merusak organ ini. 

Saya mempunyai pengalaman melihat saudara yang mengalami gagal ginjal. Dalam seminggu mereka harus rutin melakukan cuci darah untuk menjaga kondisi tetap sehat. Akan tetapi, rutinitas itu sepertinya memberikan efek kelelahan dan tidak nyaman bagi penderita. Dan yang membuat saya prihatin adalah, sebagian besar pasien dengan riwayat gagal ginjal ini, akhirnya meninggal. Sedih rasanya, mengetahui begitu besar resiko yang ditanggung oleh penderita gagal ginjal ini. Oleh karena itu, saya berusaha untuk dapat menjaga kesehatan ginjal dengan menjalani pola hidup sehat. 

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal.

Memang tidak mudah untuk mengubah pola hidup. Saya membutuhkan waktu yang lama untuk memulainya. Bersyukur, saya bukan tipe orang yang mudah terpengaruh untuk mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Entah karena lidah ini yang kurang terbiasa atau selera saya yang memang agak kampungan hahaha. Berikut ada beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk menjaga kesehatan ginjal :

1. Mengatur pola makan.
Poin pertama ini, merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Konsumsi sayur dan buah-buahan organik. Jauhilah makanan olahan. Kurangi konsumsi garam berlebih, dan konsumsi ikan atau daging tanpa lemak.

2. Aktif Bergerak.
Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan cara aktif bergerak. Anda harus aktif melakukan aktivitas fisik, sehingga badan menjadi lebih sehat. Selain itu, rajinlah olahraga secara teratur, minimal 20 menit sehari. Hal ini akan membuat ginjal anda tetap sehat. Saya sudah mulai rutin mengikuti senam, satu minggu dua kali, untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. 

3. Menjaga Berat Badan. 
Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan ginjal adalah, dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Berat badan yang berlebih akan mengganggu kondisi emosional. Selain itu akan berpengaruh terhadap kesehatan, karena organ tubuh akan bekerja lebih keras, termasuk ginjal. Hal itu akan menjadikan kinerja ginjal menjadi lemah.

4. Menghindari Konsumsi Alkohol Dan Rokok.
Hindari konsumsi dual hal ini. Keduanya bisa menyebabkan rusaknya paru-paru dan ginjal. Jika perlu, anda tidak perlu lagi bersentuhan dengan kedua benda ini.

5. Mengontrol Tekanan Darah.
Tekanan darah yang tinggi dapat memicu penyakit ginjal. Sebuah penelitian mengungkapkan, 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Anda dapat memilih makanan yang tinggi kalium, sehingga membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Sumber kalium dapat ditemukan pada alpukat, kentang, pisang, susu dan ikan.

6. Minum Air Putih Dengan Cukup.
Konsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas sehari. Hal ini sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Jika asupan cairan di dalam tubuh kita tercukupi, maka aliran darah ke ginjal akan baik. Terutama saat anda sakit. Pastikan tidak mengalami dehidrasi. Saya selalu telaten untuk minum air putih yang banyak saat sakit, sehingga kerja ginjal tidak berat. Dengan mencukupi cairan di dalam tubuh, juga akan terhindar dari infeksi saluran kencing. Namun, perlu diketahui. Bagi orang yang sehat, konsumsi air putih yang banyak dapat membantu menjaga kesehatan. Tetapi bagi penderita gagal ginjal, maka mereka harus mengatur asupan cairan yang masuk ke dalam tubuhnya, sehingga tidak memperparah kondisi ginjalnya.

7. Menghindari Konsumsi Beberapa Obat Dan Suplemen.
Usahakanlah untuk tidak mengkonsumsi beberapa obat antibiotik dan antinyeri, karena kedua obat ini mempunyai resiko dapat merusak ginjal. Sebelum mengkonsumsi obat, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis, sehingga anda dapat mengetahui, dosisi yang tepat dalam penggunaan obat tersebut. Saya salah satu orang yang tidak membiasakan diri untuk mengkonsumsi obat - obat kimia. Berusaha menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan hidup sehat, serta konsumsi air putih yang banyak, sesuai anjuran. Alhamdulillah, hal itu cukup membantu saya, untuk tetap sehat dan fresh.

Saya berusaha untuk menularkan kebiasaan baik dalam menjalani pola hidup sehat kepada keluarga. Saya adalah orang yang paling cerewet menyuruh anak-anak dan suami untuk konsumsi air putih sesuai anjuran. Mengurangi konsumsi makanan instan dan siap saji. Memang membutuhkan kerja keras, karena anak-anak cenderung menyukai jenis makanan cepat saji dan instan. Tetapi, saya mulai membiasakan mengurangi semua jenis makanan itu, dengan cara tidak menyetok di rumah. Tetapi bukan berarti mereka tidak boleh mengkonsumsinya ya. 

Sesekali saya mengizinkan mereka untuk mengkonsumsinya, sebulan dua atau tiga kali. Mari Bunda kita bersama untuk menjaga kesehatan ginjal keluarga. Mulailah dengan melakukan 7 hal yang disebutkan di atas. Salam sehat.

Kudus, medio November 2019





You Might Also Like

12 comments

  1. Sama satu lagi, mba. Kalau boleh menambahkan karena pengalaman pribadi. Jangan sampai nahan BAK. Karena, ini pengaruh juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Bisa kena infeksi saluran kencing juga ya.

      Delete
  2. Makasih ya mba. Tulisannya mengingatkan saya, soalnya saya suka makanan asin gitu. Maklum orang padang suka asin pedes hihihi. Tapi aku akan belajar kurangi kalau gitu demi menjaga ginjal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak sama-sama. Saya juga berusaha untuk memulai hidup sehat.

      Delete
  3. Yuni kalau sudah minumnya dikit tu pinggang rasanya sakit banget. Kalau sudah mulai terasa sakit, yuni buru-buru minum banyak. Mungkin salah satu indikasi ginjal protes ya masalah sakit pinggang ini juga kali ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa menjadi penyakit infeksi saluran kencing juga Mbak. Jadi harus banyak minum.

      Delete
  4. Tipsnya oke semua ni mba. Aku juga lagi melatih diri untuk konsistem minum air putih yang banyak. Palagi cuaca sekarang panas banget. Bisa dehidrasi kalo kurang minum ya.. sama satu lagi tuh mengurangi makanan instan. Ini kadang juga dilema. Kadang kita pengin masak yang sehat, tp terhambat waktu dan tenaga. Pokoknya berusaha meminimalisir aja deh.. hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak diminimalisir. Bagaimanapun juga, kesehatan lebih penting ya.

      Delete
  5. Makasih mb informasinya sangat bermanfaat banget lho. Mulai menjaga kesehatan dan mnjalankn tips sehat untuk mncegah sakit ginjal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencegah lebih baik daripada mengobati ya Mbak. Semangat deh.

      Delete
  6. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Kak, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir.

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images