Pentingnya Menjaga Kesehatan dimasa Pandemi, Lakukan 7 Hal Ini

Februari 03, 2021

Pandemi covid-19 memberikan kita banyak pembelajaran dalam hal menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan diri. Berdasarkan beberapa sumber, covid-19 disebabkan oleh sebuah virus yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang saluran pernapasan. Virus ini akan menempel di sepanjang saluran pernapasan hingga paru-paru. Penularannya berasal dari partikel air yang keluar dari tubuh orang yang terpapar virus.

Penularan virus ini pun sangat mudah, hanya melalui cipratan batuk atau bersin. Oleh karena itu pemerintah sangat perhatian  terhadap gerakan 3 M yaitu, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Gerakan ini adalah salah satu upaya untuk mencegah semakin menyebarnya virus covid-19 ini. Sebagai warga negara yang baik dan sadar akan kesehatan diri dan keluarga, sayapun selalu berusaha untuk mematuhi prosedur tersebut.



7 Hal yang Bisa dilakukan untuk Menjaga Kesehatan dimasa Pandemi

Selain patuh menerapkan 3 M tersebut, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut untuk menjaga kesehatan dimasa pandemi

Cuci Tangan

Mencuci tangan setiap kali selesai melakukan aktivitas di luar rumah. Mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan selama pandemi. Cuci tangan dengan baik dan benar sesuai anjuran dengan menggunakan sabun, kemudian bilas dengan bersih dan keringkan dengan kain bersih.

Menggunakan Masker

Saat berinteraksi dengan orang lain, dan keluar rumah, pastikan kamu memakai masker dengan cara yang benar dan pilihlah masker yang sesuai dengan standar kesehatan, sehingga memang benar-benar akan melindungi kamu dari paparan virus covid-19. 

Baca Juga : Apa yang Harus dipersiapkan Ketika Bepergian Saat Pandemi

Hindari Berkerumun

Semaksimal mungkin, hindari berkerumun. Jika terpaksa kamu harus melakukan aktivitas ke luar, seperti ke pasar, bank dan fasilitas umum yang lain, maka pakailah masker dan jagalah jarak dengan yang lain, dan segera tinggalkan tempat tersebut jika urusan kamu sudah selesai.

Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi

Asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita harus benar-benar diperhatikan, karena akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Konsumsi makanan yang sehat dan mengandung gizi. Makanan sehat dan bergizi tidak harus yang mahal, asal kamu dapat mengkombinasikan dengan tepat, maka kebutuhan gizi akan tercukupi.

Konsumsi Vitamin

Vitamin diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Jika kamu adalah seorang yang banyak beraktivitas di luar, seperti nakes, bekerja di fasilitas dan pelayanan umum, maka vitamin sangat diperlukan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Imbangi dengan mengkonsumsi air putih yang banyak dan makan makanan yang bergizi seimbang.

Olahraga

Selama pandemi mungkin kamu akan sedikit mengalami keterbatasan untuk melakukan olahraga. Pilihlah olahraga yang berada di alam bebas, seperti bersepeda, jogging. Atau lakukan olahraga sendiri di dalam rumah dengan menonton tayangan di media sosial. Olahraga akan membantu tubuh untuk tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental menjadi salah satu cara untuk tetap sehat dimasa pandemi. Pikiran yang tenang dan fokus akan membuat kamu merasa nyaman, sehingga menaikkan imunitas tubuh. Hindari stress yang bisa mengakibatkan kamu mudah terpapar virus. Kesehatan mental dapat dijaga dengan cara melakukan kegiatan yang menyenangkan dan memberi efek hiburan. 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dimasa pandemi. Kesehatan adalah salah satu harta yang sangat berharga dalam kehidupan ini, karena dengan kesehatan yang kamu milik, kamu bisa melakukan banyak kegiatan positif dalam kehidupanmu. semoga kita semua selalu dikaruniai kesehatan oleh Allah SWT, dan dijauhkan dari penyakit akibat virus covid-19 ini, aamiin.

Salam Hangat

Ulfah Wahyu

You Might Also Like

18 komentar

  1. hambatan ku saat musim hujan adalah olahraga, bingung kapan waktu yang tepat untuk bergerak karena becek terus Bun :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di dalam rumah aja mbak, sambil lihat tayangan di youtube bisa buat olahraga sendiri.

      Hapus
  2. Setuju, menjaga kesehatan mental juga harus menjadi satu hal yang dapat perhatian khusus selama pandemi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mental yang sehat akan memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik kita.

      Hapus
  3. jaga kesehatan mental itu pentiiingg banget.
    Karena dikurung di rumah aja rentan bikin stres/depresi ye kan
    wis, gimana caranya kudu happy!

    BalasHapus
  4. Aku sepakat mam.... Makasih remindernya. Udah 7 bulan aku ngga meluangkan waktu untuk serius workout. Harus mulai lagi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya harus tetap beraktifitas mbak, biar pikiran juga tetap fres, dengan tetap mematuhi prokes tentunya.

      Hapus
  5. Kadang, kelamaan terkurung di rumah bukannya merasa senang. Tapi pikiran bertambah suntuk. Untung di daerah kasus corona tidak separah di kota-kota besar. Sampai kini kami di desa mau ke mana aman-aman saja. Selamat malam, Mbak Ulfah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bunda, alhamdulillah masih bisa beraktivitas dengan tetap memperhatikan prokes.

      Hapus
  6. Yang belum saya lakukan adalah minum vitamin ni mbak, paling banter saya ganti dengan buah, vitamin paling vitamin C yang jaman bahulak itu,yang harganya 7-8000 rupiah, tapi jarang juga ni mbak. Kalau olahraga sekarang saya rutinkan, meskipun hanya sebentar tapi rutin. Belum berani yang berat-berat takut bosen dan malah mandeng, xixi. Untuk prokes harus dunk ya...dan lagi menjaga kesehatan mental, aku bahagia dulu dengan caraku mengurus 3 anak baru nanti kebahagiaanku tertular untuk keluarga lainnya, eaaaa

    BalasHapus
  7. Konsumsi vitamin dan makan makanan bergizi terutama sayur dan buah adalah the most! Soalnya terkadang menghindari stress itu agak-agak gimana gitu -_-"

    BalasHapus
  8. Makasih diingetin Mbak, terutama untuk kesehatan mental. Kadang tidak terlihat tetapi malah sangat penting.

    BalasHapus
  9. Wuih mantap jiwa. Bener banger Mbak ini tipsnya. Apalagi soal kesehatan mental. Masa pandemi gini kayak dikurung di rumah itu kadang bikin suntuk. Belum lagi harga kebutuhan pokok naik, perekonomian juga tak selancar sebelum pandemi. Kudu dibawa nyantuy ya, Mbak.

    BalasHapus
  10. Haduh olahraga ini yg perlu d tingkatkan yaa. Biarpun udah bersih2 rumah seharian, tp skrg kalo ngapa2in dikit badan cepet pegel2. Kayak'y butuh olahraga yg beneran. Tapi atut uga kalo sepedaan atau joging2 gtu soal'y d tempat saya kayak nggak Covid, Mba ☹ semua bebas dan banyak bgt yg abai prokes..

    BalasHapus
  11. Tujuh hal ini yang harus selalu diperhatikan kini dan sampai nanti..
    Sungguh pandemi mendatangkan banyak hikmah terutama menjaga kebersihan dengan senantiasa ingat cuci tangan.

    BalasHapus
  12. Semua aku lakukan itu mbak, yang paling seeing kalau badan terasa nggak enak cepet cepet minum vitamin hehehe

    BalasHapus
  13. Yang paling mager, olahraga di saat musim hujan
    Srmoga kita srmua selalu diberi kesehatan. Aamiin

    BalasHapus
  14. Dan skrng aku menjadi penggila hand sanitizer. Duh, habis pegang apa gitu lsg pake HS. Mungkin terkesan alay tapi mau gimana lagi. Ikhtiar tetap jalan walau sudah pasrah

    BalasHapus