Tips Mengenali dan Mengembangkan Bakat dan Minat Anak

Desember 18, 2020


Dunia anak selalu penuh dengan keceriaan, dunia yang berisi tentang cerita indah masa kecil yang penuh warna. Pada masa tumbuh kembang anak ini, sangat diperlukan sekali adanya pendampingan dan support dari orang tua. Perkembangan anak akan melalui beberapa tahapan yang berbeda, dimana akan ada banyak dinamika yang mengikuti setiap tumbuh kembangnya.

Meskipun mereka terlahir dari rahim yang sama, setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Setiap orang tua harus memahami hal itu, dan berusaha untuk mendukungnya dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Salah satu cara untuk mendukung anak adalah dengan mengenali dan mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh mereka.

Mengenali bakat dan minat anak sejak dini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang mereka. Jika orang tua mampu mengenali dan membimbing anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya sejak dini, maka ketika usianya bertambah, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan mampu bersosialisasi dengan baik.

Motivasi orang tua bagi anak dalam mengenali dan mengembangkan bakatnya akan memberikan dampak positif bagi tumbuh kembangnya, di antaranya adalah

  • Menumbuhkan Percaya Diri Anak
Anak akan memiliki rasa percaya diri yang kuat, jika orang tuanya memberikan dukungan baik dalam suka maupun duka. Ketika mereka sukses atau barangkali saat terpuruk. Dengan dukungan orang tua, maka anak akan tetap menjadi bersemangat dan bangkit dari kegagalannya.

  • Mendukung Anak untuk Terus Berusaha
Dukungan orang tua dalam mengenali dan mengembangkan bakat dan minat anak akan membuat mereka terus berusaha mewujudkan impiannya tersebut. Mereka akan berusaha dengan maksimal. agar kemampuan dirinya muncul, sehingga anak dapat mengembangkan bakat dan minatnya sesuai dengan keinginannya.

  • Menjadi Profesional di Bidangnya
Dengan adanya pendampingan orang tua dalam mengenali dan mengembangkan bakat dan minat anak adalah, anak akan menjadi seorang profesional di bidangnya, karena mereka melakukan kegiayan yang menjadi pilihannya itu dengan sungguh-sungguh.

 

Baca Juga : Cerdas Mengenali Bakat dan Minat Anak 


Tips Mengenali dan Mengembangkan Bakat dan Minat Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Saya mempunyai tiga anak yang memiliki bakat yang hampir sama di bidang musik. Sebagai orang tua, kami memberikan ruang dan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkannya, meskipun itu hanya sekedar hobi. 

Berikut 4 tips yang bisa dilakukan untuk mengenali dan mengembangkan bakat dan minat anak sejak usia dini 

Memberikan Stimulasi

Berikan kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi, dengan cara mengenalkan berbagai macam kegiatan, seperti musik, olahraga, memasak, dan lain-lain. Dampingi mereka untuk dapat mengenali, kegiatan apa yang paling di sukai dan ingin dilakukan secara rutin. Lakukan pendekatan sesuai dengan usia mereka, sehingga anak akan meras senang dan terbuka dengan orang tua.

Perhatikan Kecerdasan Anak

Dalam ilmu parenting kita mengenal ada istialah kecerdasan majemuk. Dimana ada sembilan jenis kecerdasan yang dimiliki oleh anak, yaitu kecerdasan bahasa, logika, matematika, visual spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan kecerdasan ekstensial. Orang tua dapat mengamati masuk kategori manakah anak kita. Setelah mengetahui kecerdasan yang dimiliki oleh anak, maka akan lebih mudah bagi orang tua untuk menggali dan mengarahkan bakat dan minat anak.

Memberikan Ruang Bereksplorasi

Setelah orang tua mengetahui bakat dan minat anak, maka bantulah mereka untuk dapat mengembangkannya sesuai dengan kemampuan mereka. Orang tua dapat memberikan pendampingan atau meminta bantuan kepada para ahli untuk mendukung dalam pengembangan bakat dan minat anak ini. Tentu semua harus melalui diskusi bersama dengan anak.

Memberikan Dukungan Positif

Mendampingi anak dalam mengenali dan mengembangkan bakat dan minatnya dibutuhkan sebuah kesabaran dan juga kerja keras. Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga orang tua harus mampu memahami bagaimana bersikap terhadap anak yang satu dengan yang lain. Kuncinya adalah senantiasa memberikan dukungan yang positif terhadapa anak. Berikan kesempatan bagi mereka untuk berkarya sesuai dengan kemampuan. 

Satu hal yang harus orang tua ingat dalam mengenali dan mengembangkan bakat dan minat anak adalah, jangan sampai membandingkan mereka dengan yang lain, karena kita harus ingat tentang sembilan kecerdasan majemuk di atas, bahwa setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda. Meskipun mereka memiliki kecerdasan yang sama, tetap saja mereka memiliki keunikan sendiri, jadi jauhi sikap mencela, membandingkan apalagi merendahkan anak.

Salah satu cara untuk mengenali bakat dan minat anak bisa juga dengan mengenalkan macam - macam profesi. Pastikan anak menikmati setiap proses dalam tahapan mengenali dan mengembangkan bakat dan minatnya ini. semua membutuhkan proses, dan pastikan anak menikmati semua proses tersebut, sehingga mereka merasa nyaman. 

Salam Hangat

Ulfah Wahyu


You Might Also Like

12 komentar

  1. Harus jeli ya mbak untuk mengetahui bakat anak apalagi untuk usia dini karena mereka mudah bosan dan mudaj tertarik pula pada hal baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, karena anak2 masih mudah juga terpengaruh dengan lingkungan.

      Hapus
  2. Betul ya Mba, kita harus memberi dukungan positif dan kesempatan bagi anak untuk berkembang sesuai dengan apa yang diminatinya, lebih baik lagi kalau distimulasi. Kalo anak saya usia 5 dan 3 tahun, sampai saat ini belum kelihatan bakatnya cenderung ke arah mana hehe, mungkin sebagai ortu saya harus lebih giat lagi mencari hal-hal yang kira-kira menjadi minat mereka di masa mendatang. Makasih tipsnya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya juga mudah berubah, tetapi yang penting ortu memberikan dukungan positif dalam setiap prosesnya ya mbak.

      Hapus
  3. Benar sekali Mbak. Apalagi kalau punya adik yang pemalu banget. Rasanya sulit sekali mengenali bakatnya. Apalagi mengembangkannya.

    Lihat saja adikku. Diminta melakukan hal apa saja katanya malu. Rasanya sampai emosi. Mungkin perlu dicoba tips-tipsnya ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cari lagi mbak, kira2 apa yang menjadi kesukaan dan minatnya, pasti ada deh.

      Hapus
  4. Si bungsu dan sulung saya juga kelihatan beda banget minatnya, mbak. Yang sulung suka hal yg spontaneous, mencoba hal baru dan corat coret bebas. Sementara adiknya, cenderung suka hal yg teratur, tidak terlalu suka hal baru, corat coretnya apa apa pakai penggaris. Hehe. .Padahal lahir dari tempat yang sama.
    Tipsnya bermanfaat nih mbak untuk semakin jeli mengamati dan mengembamgkan anak anak saya.
    Sepertinya it's gonna be a long exciting journey!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua membutuhkan proses ya mbak, orang tua harus sabar mendampingi dan memberikan semangat.

      Hapus
  5. Ulasan yang menarik tentang mengenali dan mengembangkan bakat anak ini...dan benar adanya biarkan anak menikmati prosesnya, merasa nyaman sehingga pada saatnya nanti punya pilihan.
    Semangat mendampingi anak-anak kita!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Dian, sabar mendampingi prosesnya biar maksimal hasilnya.

      Hapus
  6. uraian yg bagus, saya sdh melakukan itu saat anak2 masih kecil. Si kk memilih les gitar, si Ade les.piano & vocal. Mereka.mwminta & bertanggungjawab dg pilihannya.
    Saat ini anak2 sdh dewasa, bahkan sdh memberikan cucu. Jd saya melakukan seperti yg Mba uraikan. Keren Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keduanya berbakat dan minat di bidang musik ya Bund. Anak saya juga suka musik, meskipun jalurnya beda. Si sulung gabung di grup rebana, adiknya yang kecil suka bernyanyi.

      Hapus