Cerdas Mengenali Bakat Dan Minat Anak

October 30, 2019


Tumbuh kembang anak, merupakan sebuah proses yang tidak boleh luput dari perhatian orang tua. Dalam masa ini, anak akan mulai menunjukkan minat dan bakatnya terhadap sesuatu. Mengenal minat dan bakat anak sejak dini, akan sangat bermanfaat bagi orang tua. Hal itu, akan membantu orang tua, untuk mengarahkan anak dalam memilih kegiatan yang mereka sukai. Minat dan bakat anak, kelak akan menjadi sebuah kemampuan khusus, yang akan membantu anak untuk menemukan keahlian, dalam menjalani kehidupan mereka. Selain itu, mengenal bakat dan minat anak, dapat membantunya untuk mengenali diri sendiri.
                                                                       
Setiap anak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Orang tua harus dapat menerima semua itu. Menurut KBBI, bakat adalah dasar kepandaian, sifat, dan pembawaan yang dibawa sejak lahir. Sedangkan minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Dari sini saya juga sudah mulai mengamati, bakat dan minat apa yang dimiliki oleh anak-anak saya. Hampir semua anak saya, ketiga-tiganya menyukai bidang seni. Kedua anak laki-laki saya, suka menggambar. Si Sulung bahkan mempunyai bakat melukis kaligrafi. Sedangkan putri bungsu saya, dia sangat suka bernyanyi.

Saya berusaha untuk terlibat secara langsung dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh ketiga anak saya. Untuk si bungsu, beberapa waktu yang lalu, saya dan suami, bahkan berencana untuk memasukkannya ke kelas menyanyi. Namun, tampaknya si kecil masih belum percaya diri, jika harus menunjukkan bakatnya di depan orang asing. Ini menjadi tugas kami, sebagai orang tua, untuk membangun rasa percaya dirinya itu. Saat di rumah, saya membiarkan dia terus bereksplorasi dengan bakatnya itu.

Si kecil biasa bernyanyi dengan bergaya, layaknya seorang penyanyi profesional. Dia bahkan berdandan menggunakan  berbagai aksesoris untuk aksinya itu. Menurut saya suaranya juga cukup bagus. Dia juga bagus jika mewarnai. Biasanya, bakat dan minat yang dimiliki anak, tidak jauh dari yang dimiliki oleh orang tuanya. Namun, ada juga anak yang memiliki minat dan bakat yang berbeda dengan orang tuanya.

Tips Mengenal Bakat Dan Minat Anak Sejak Dini.

Dengan mengetahui bakat dan minat anak sejak dini, maka orang tuia akan lebih maksimal dalam mendampingi perkembangan anak. Berikut ada beberapa tips yang bisa Ayah/Bunda terapkan, dalam mengenalinya :

1. Memperhatikan Kebiasaan Dan Kesukaan Anak.
Ini adalah cara pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua. Dengan memperhatikan kebiasaan dan kesukaan anak, bisa jadi hal itu adalah yang menjadi bakat dan minat mereka. Cobalah untuk memperhatikan aktivitas apa yang paling disukai oleh anak kita. Sehingga dengan begitu, orang tua akan dapat mengarahkan dan melakukan pendampingan untuk mengeksplor bakat dan minatnya itu.

2. Membiarkan Anak Bereksplorasi Dengan Bakat Dan Minat Yang Dimiliki.
Biarkan anak melakukan hal-hal yang positif dalam kesehariannya. Masa pertumbuhan, tentu penuh dengan petualangan bukan? Anak-anak akan suka melakukan banyak hal yang dapat menunjukkan bakat dan minatnya terhadap sesuatu. Berikan arahan dan juga pendampingan yang maksimal, agar kelebihannya itu berkembang dengan benar dan membawa pengaruh positif dalam tumbuh kembangnya.

3. Membangun Komunikasi Yang Positif Dengan Anak.
Sebagai orang tua, kita tentu merasa senang, jika anak kita memiliki bakat dan minat yang terasah dengan baik. Jalinlah komunikasi yang positif dengan anak, sehingga mereka akan terbuka, dan menjadikan kita sebagai tempat berbagai dan bertanya. Dengan komunikasi yang positif, anak akan merasa diperhatikan dan didukung sepenuhnya oleh orang tua, sehingga, bakat dan minatnya akan dapat terasah dan berkembang dengan baik.

4. Memberikan Kesempatan Kepada Anak Untuk Bersosialisasi.
Dengan bersosialisasi, anak akan belajar berkomunikasi. Dengan cara ini, akan membantu anak, menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya kepada teman-teman atau lingkungannya. Cara ini juga melatih mereka untuk lebih percaya diri dalam mengembangkan bakat dan minatnya tersebut. Seperti putri bungsu saya. Kami dan gurunya, harus meyakinkan dirinya, kalau dia mempunyai bakat mewarnai yang bagus. Sehingga, oleh gurunya dia diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba mewarnai, mewakili sekolahnya, bersama dengan temannya,ternyata mampu menumbuhkan rasa percaya dirinya. Yang awalnya dia menolak untuk ikut lomba mewarnai, setelah bersama dengan temannya, dia jadi berani.

5. Ajarkan Kepada Anak Untuk Berusaha.
Terkadang ada anak yang merasa kurang percaya diri dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Ajarkan kepada anak untuk berusaha, mewujudkan dan mengasah bakat dan minatnya tersebut, dengan sabar. Mungkin mereka membutuhkan dukungan yang lebih dari orang tua. Anak akan cenderung menyerah dan tidak mau mengasah kelebihan yang dimiliknya tersebut. Teruslah memberikan motivasi dan harapan-harapan yang positif kepada anak, sehingga mereka akan berusaha untuk mengasah bakat dan minatnya itu dengan serius.

6. Berikan Dukungan Penuh Kepada Anak.
Teruslah untuk memberikan dukungan kepada anak, dalam mengasah bakat dan minat yang dimilikinya. Peran orang tua, sangat besar dalam menentukan keberhasilan anak dalam mencapai prestasi. Jika kita memberikan dukungan yang penuh, maka anak akan merasa yakin dan percaya diri. Selain itu, anak juga akan merasa dihargai dengan pilihannya itu.

Semua anak adalah hebat. Mereka mempunyai bakat dan minat yang berbeda-beda. Kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh setiap manusia, menjadi salah satu jalan bagi munculnya beraneka bakat dan minat yang dimiliki anak. Orang tua harus bijaksana dalam menyikapinya. Kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada anak, untuk menyukai sesuatu yang disukai oleh saudaranya, teman sebayanya atau bahkan yang kita sukai. Biarkan mereka menunjukkan kelebihan yang dimilikinya itu secara alami.

Bagaimana Cara Mengembangkan Bakat Dan Minat Anak.

Dalam mengasah bakat dan minat anak, orang tua harus memiliki cara yang tepat. Berikan anak kesempatan untuk mengembangkan bakat dan minatnya itu. Meskipun kita memiliki kesamaan dalam bakat dan minat dengan mereka, tetapi setiap individu pasti mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mengembangkannya. Dengan memberikan kesempatan kepada anak, maka hal itu akan melatih mereka lebih kreatif dan maksimal dalam mengembangkan bakat dan minatnya.

Memposisikan diri sebagai pendengar dan penonton yang baik. Anak akan merasa dihargai dengan sikap kita yang mendukung sepenuhnya terhadap bakat dan minat mereka. Berikan penghargaan kepada anak, karena prestasi atau kelebihan yang mereka miliki. Penghargaan bisa berupa ucapan rasa bangga, pelukan, tepuk tangan, barang dan lain-lain. Dukungan dari orang tua, tentu akan menjadi kunci bagi anak, untuk semakin sukses dengan bakat dan minat yang dimilikinya.

Mengajak anak mengunjungi tempat-tempat yang memberikan pengaruh positif dan memiliki nilai edukasi terhadap anak, juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bakat dan minat yang mereka miliki. Anak akan banyak mendapatkan pelajaran dengan melihat secara langsung hal-hal yang menarik dan memberinya pelajaran, sehingga akan semakin mengasah bakat dan minatnya.

Menjadi orang tua yang bijaksana, tentu akan memberikan dampak positif bagi anak. Saya juga berusaha untuk memberikan motivasi kepada anak-anak saya, agar lebih percaya diri dalam mengembangkan bakat dan minatnya. Anak-anak yang kreatif dan memiliki keahlian di bidang tertentu, akan menjadikan hidupnya lebih berwarna dan kelak akan menjadikan masa tumbuh kembang mereka berjalan dengan positif.

Kudus, akhir Oktober 2019.




You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images