Manfaat Rempah-Rempah bagi kesehatan

July 07, 2020


Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Bersyukurlah kita yang tinggal di tanah air tercinta ini. Bahkan sejarah mencatat rempah-rempah negara kita  terkenal sampai ke luar negeri. Itulah sebabnya banyak negara barat yang datang ke Indonesia dengan maksud menguasai kekayaan alam yang satu ini. Rempah-rempah memiiliki banyak manfaat, selain untuk penyedap masakan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Apalagi dimasa pandemi ini, pilihan untuk kembali ke alam menjadi alternatif yang banyak diminati.

Selain lebih sedikit efek samping yang ditimbulkan, rempah-rempah juga lebih mudah didapatkan dan murah. Kita bahkan bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Berikut beberapa contoh rempah-rempah yang biasa dipakai dipakai sehar-hari :

Jahe
Kunyit
Serai
Cabai
Kencur
Pala
Lada
Ketumbar
Kayu manis
Vanili
Lengkuas
Daun salam
Asam jawa
Jeruk nipis
Kemiri
Jintan
Jeruk purut, dan lain-lain.

Apa saja manfaat rempah-rempah bagi kesehatan? Di antaranya adalah :

Menjaga Kesehatan Tubuh
Rempah-rempah sudah terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh secara alami. Banyak jenis rempah yang dapat di konsumsi dan relatif aman bagi penderita
beberapa penyakit. Selain itu juga relatif lebih sedikit efek samping yang ditimbulkan.

Sebagai Penyedap Masakan
Untuk yang satu ini tidak dapat di pungkiri lagi ya. Rempah-rempah bermanfaat untuk menyedapkan masakan. Untuk jenis masakan tertentu bahkan menggunakan rempah-rempah yang cukup banyak dan komplit. Contoh rempah untuk penyedap masakan adalah, jahe, kayu manis, daun jeruk, pala, laos, salam, dan lain-lain.

Sebagai Pewarna Alami
Rempah-rempah sangat bagus dan aman sebagai bahan pewarna makanan. Saya biasa menggunakan kunyit untuk mewarnai nasi kuning. Selain alami juga lebih aman.

Sebagai Pengawet Makanan
Pengawet makanan sudah menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari, namun untuk kondisi tertentu ada bebrapa orang yang dianjurkan untuk mengurangi makanan yang mengandung bahan pengawet kimia, contohnya adalah ibu hamil atau penderita penyakit tertentu. Nah salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan rempah-rempah untuk bahan pengawet. Contoh rempah yang bisa digunakan untuk bahan pengawet adalah, bawang putih, andaliman, rimpang, temulawak, kunyit, dan lain-lain.

Memanfaatkan rempah untuk menunjang kehidupan dan menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting, apalagi di zaman sekarang, mulai muncul berbagai jenis penyakit yang disebabkan karena pengaruh konsumsi makanan yang mengandung banyak pengawet dan pewarna kimia.

Sepertinya kita harus mulai memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam aneka rempah yang bermanfaat untuk kesehatan. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Semangat menanam ya Bunda.

Kudus awal Juli 2020













You Might Also Like

9 comments

  1. Belakangan ini, keluarga saya juga menggunakan rempah-rempah untuk menjaga kesehatan badan. Bahkan saat salah satu anggota keluarga kami sakit juga menggunakan rempah untuk mengobati keluhan kesehatan.
    Masakan juga akan lebih sedap dengan tambahan aneka rempah ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mbak, kita dikaruniai Allah rempah-rempah yang berlimpah, yang bermanfaat bagi kesehatan.

      Delete
  2. Rendang itu emang contoh makanan yang bisa awet karena bumbu rempahnya banyak. Makannya juga nggak bikin bosen.

    ReplyDelete
  3. bahan alami untuk menjaga tubuh emang rempah-rempah ya mba.tanpa efek samping lagi. sudah seharusnya nih kita lebih banyak konsumsi rempah-rempah pada masakah. biar kenyang sekaligus sehat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka mengkonsumsi perasan jeruk nipis dicampur madu mbak. Asem-asem manis gitu rasanya, enak.

      Delete
  4. gara-gara Covid-19 harga jahe sempet mahal di pasar loh mbak hehe. Katanya wedang jahe bisa menangkal virus, termasuk di Korona ini. Aku biasanya kalo lagi haid minum kunyit asam mbak, gak tahu kayaknya udah jadi kepercayaan aja turun temurun biar badan lebih seger hehe. Emang Indonesia ini gak kurang rempah2 ya, yang banyak khasiatnya. Alhamdulillah atas nikmat ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya juga gitu ya mbak. Tapi alhamdulillah sekarang kayaknya suda normal lagi ya. Saya kadang minum perasan jeruk nipis campur madu mbak, buat jaga stamina.

      Delete
  5. Aku percaya manfaat herbal tersebut bagi kesehatan tubuh sih. Apalagi sekarang udah banyak dijual dalam kemasan siap seduh, jadi lebih praktis aja. Trims infonya...

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images