Tips Memilih Dekorasi Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Desember 08, 2022

Kamar adalah salah satu tempat yang paling nyaman yang berada di rumah. . Hampir semua orang memilih mendekorasi kamar agar menjadi tempat istirahat yang nyaman. Jujur, bagi saya pribadi, kamar menjadi salah satu tempat nomer satu yang paling nyaman untuk bersantai, karena saya berhijab, jadi salah satu tempat yang aman dan nyaman adalah kamar, hehehe. 

Demikian juga dengan anak. Selain menjadi tempat beristirahat, kamar juga menjadi tempat bermain, berkreasi dan juga tempat bersantai. Berbicara masalah kamar anak, tentu tidak lepas dari masalah dekorasi yang menarik ya, karena hampir sebagian besar anak menyukai kamar yang nyaman dan eye catching.

Foto by : Canva

Apalagi kalau mereka sudah beranjak remaja, maka bisa dipastikan mereka akan lebih suka menghabiskan waktu di kamar saat berada di rumah. Oleh karena itu, rasanya menjadi hal yang penting untuk menciptakan kamar yang nyaman dan menyenangkan bagi mereka. Berikut beberapa Tips memilih dekorasi kamar tidur anak yang nyaman

Sesuaikan dengan Gender 

Tentu hal ini sangat penting, karena antara anak laki-laki dan perempuan itu memiliki selera yang berbeda dalam mendekorasi kamar tidur mereka. Biasanya dalam hal pemilihan cat, hiasan dan juga sprei.

Faktor Keamanan

Orangtua tidak selalu hadir setiap saat bersama anak. Terutama ketika buah hati kita sudah beranjak remaja. Pastikan dalam pemilihan furnitur juga perlu diperhatikan. Jika memilih furnitur dari bahan kayu, kamu dapat memilih produk yang sudah diamplas dan memiliki ujung-ujung yang tumpul. Selain itu, perhatikan juga tentang penempatan barang-barang elektronik yang menggunakan arus listrik agar aman dari jangkauan anak-anak.

Ukuran Tidak Terlalu Besar

Ukuran kamar tidur anak yang biasa dipakai adalah 3mx3,5m. Ukurannya tidak terlalu besar, karena menilik kepada efektifitas dan juga kenyamanan anak. Kalau ukurannya terlalu besar, anak akan merasa tidak nyaman. 

Memilih warna cat yang cerah

Anak-anak cenderung menyukai sesuatu yang berwarna warni so, dalam memilih cat kamar orangtua harus memperhatikan selera anak dalam pemilihan warna. Pilihlah warna cat yang cerah untuk mendekorasi kamar mereka. Kita bisa memadukan dua warna yang kontras atau senada, sehingga menimbulkan kesan ceria di dalam kamar.

Gunakan Perabot yang simple

Pemilihan perabot juga menjadi perhatian dalam mendekorasi kamar anak. Anak-anak belum memiliki banyak barang dan membutuhkan ruangan yang lebih nyaman untuk aktifitas keseharian mereka di dalamnya, oleh karena itu, gunakan perabotan yang simple dan mudah di bersihkan. misalnya tempat tidur yang tidak terlalu berat bahannya atau lemari pakaian yang mudah dijangkau, serta meja atau kursi yang berbahan ringan, sehingga mudah digeser dan ditata ulang.

Memilih desain kamar tidak harus menggunakan bahan yang mewah atau mahal. Cukup menata kamar anak dengan rapi dan menghadirkan nuansa ceria, sudah cukup membuat mereka nyaman. Pemilihan sprei dan juga hiasan kamar yang sesuai dengan gender juga perlu diperhatikan.

Kamar tidur sebagai ruang paling pribadi di rumah, harus benar-benar memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya. Apalagi anak-anak terkadang masih merasa takut jika harus tidur sendirian. So, menciptakan kamar yang aman dan nyaman bagi mereka dengan pemilihan dekorasi yang tepat sangat diperlukan.

Salam hangat

Ulfah Wahyu


 






You Might Also Like

12 komentar

  1. Wah next kalo aisyah udah usia sekolah rencananya emang harus belajar tidur sendiri. Nanti aku pasti pilih dekorasi yang aman dan nyaman tentunya buat si kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa dimulai dari pemilihan cat kali ya

      Hapus
  2. Sama, Kak. Tempat paling nyaman menurutku saat di rumah tu ya kamar. Apalagi aku sudah memutuskan untuk bekerja dari rumah.
    Untuk anak memang harus memikirkan gimana selera mereka ya. Karena anak kan juga suka main di kamar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka banget mbak, kamar serasa workshop bagi mereka.

      Hapus
  3. Bermanfaat banget isi tulisannya, Mbak. Kalau kita cukup berani dan percaya diri menata kamar anak, tentu bisa cutting the budget jasa interior designer ya ... apalagi banyak pilihan yang bisa kita lihat di youtube atau buku tentang kamar anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting aman, nyaman dan efisien ya mbak dalan hal budget

      Hapus
  4. Pas banget lagi cari ide dan masukan untuk dekor kamar anak. Pengen banget si sulung start belajar tidur sendiri, dan mungkin mendekorasi kamarnya bisa bikin motivasi tersendiri. Makasi mbak tipsnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mbak, melibatkan mereka dalam mendekorasi kamar juga bisa menjadi motivasi agar berani tidur sendiri

      Hapus
  5. Terima kasih sharingnya, Mbak. Perabot yang simpel jadi salah satu kuncinya. Semoga bisa diterapkan kalau anak mulai tidur di kamar sendiri. Bismillah semoga ada rezekinya punya rumah sendiri. Aamiin. Hehe

    BalasHapus
  6. Kedua anak saya akhir-akhir ini minta untuk rombak kamar mereka. Katanya ingin punya warna baru dan perabotan kekinian. Pengennya sih bisa nurutin maunya mereka. Bikin suasana baru, supaya mereka jadi tambah semangat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak, karena yang nempatin kamar itu kan mereka

      Hapus