Tips Aman Berenang Bagi Anak

Juli 05, 2022

Berenang adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan dan sangat digemari oleh anak. Meskipun pada kenyataannya, terkadang si kecil hanya bermain air saja, tetapi Ayah Bunda dapat sekaligus mengajarkan teknik-teknik berenang yang sederhana pada anak. Selain menjadi aktivitas yang menyenangkan, berenang juga menyehatkan. 

Pada saat liburan sekolah seperti sekarang, berenang dapat menjadi salah satu pilihan aktivitas untuk mengisi waktu libur. Pemilihan kolam renang yang nyaman juga menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Dengan memilih kolam yang nyaman, akan membuat si kecil enjoy melakukan aktivitasnya.

Kendati demikian, berenang juga memiliki beberapa resiko yang harus menjadi perhatian orangtua. Agar anak tetap merasa aman dan nyaman saat melakukan aktivitas ini, ada beberapa tips aman berenang bagi anak.

Tips Aman Berenang Bagi Anak

Pastikan Kondisi Kolam Renang Aman

Sebelum Ayah Bunda mengajak anak masuk ke kolam renang, pastikan kondisi kolam dalam keadaan aman. Tidak ada dinding keramik yang pecah, atau retak agar tidak melukai anak. 

Memilih Kedalaman Kolam Sesuai Usia

Pastikan Ayah Bunda untuk meneliti kedalam kolam yang sesuai usia anak. Bisa juga mencermati, apakah ada pembatas yang jelas memisahkan bagian kolam yang dalam dan dangkal.

Foto : Koleksi pribadi

Makan Sebelum Berenang

Sangat disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum berenang. Tidak perlu terlalu kenyang, yang penting perut anak tidak kosong, sehingga memiliki energi untuk beraktivitas di dalam air. Berilah jeda hingga minimal 30 menit sebelum  menceburkan diri ke dalam kolam renang.

Lakukan Pemanasan

Pemanasan sederhana dapat dilakukan sebelum anak berenang, Lakukan kegiatan yang sesuai dengan usianya, sehingga tidak memberatkan. Kegiatan ini berguna untuk membantu otot-otot si kecil siap melakukan aktivitas berenang.

Lakukan Pendampingan dan Pengawasan

Kondisi kolam yang ramai dan terkadang banyak lalu lalang orang, membuat Ayah Bunda harus ekstra hati-hati dalam memberikan pendampingan dan pengawasan terhadap si kecil. Pastikan mereka dalam jangkauan pandangan mata kita. Jangan biarkan mereka berenang sendiri tanpa pengawasan.

Baca juga Tips Mendampingi Anak Menekuni Hobinya

Hindari Makan atau Minum di dalam Kolam

Hindari makan atau minum di dalam kolam, karena dikhawatirkan membuat anak tersedak dan kehilangan konsentrasi, sehingga bisa terpeleset.  Selain itu, makan dan minum di dalam kolam, akan membuat air menjadi kotor.

Gunakan Pelampung

Untuk anak-anak usia batita, Ayah Bunda dapat menggunakan pelampung guna membantu mereka berenang. Penggunaan pelampung ini juga harus dalam pengawasan orangtua. Pilihlah pelampung dengan karakter dan model yang menarik, sehingga si kecil akan semangat berenang.

Foto : Koleksi pribadi

Banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui aktivitas berenang. Selain melatih keberanian, juga membantu mengencangkan dan memperkuat otot anak, juga meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Selain itu, dengan berenang anak juga akan terlatih ketrampilan sosialnya. Jika renang dilakukan di tempat umum, mereka akan bertemu dengan banyak orang, sehingga dapat menjadi salah satu media untuk belajar berkomunikasi dengan orang lain.

Salam hangat 

Ulfah Wahyu

You Might Also Like

25 komentar

  1. Wah, anak-anakku pun hobi berenang Mbak. Walaupun mereka sudah cukup PD untuk berenang di kolam yg agak dalam, tapi sepakat, bahwa pendampingan dan pengawasan tetap sangat diperlukan ya.. Terima kasih untuk tipsnya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, apalagi kalau masih anak2. Intinya ortu tetap mengawasi.

      Hapus
  2. Karena kedua anakku punya asma, maka kecilnya dulu dokter anak menyarankan buat olahraga renang karena bagus buat pernapasan dan meminimalkan kembuh asmanya. Dan, Alahamdulillah ada manfaat lainnya seperti melatih keberanian, membantu mengencangkan dan memperkuat otot anak, juga meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh mereka yaaa.

    BalasHapus
  3. Udah lama gak bawa anak berenang. Anakku masih takut Mba dibawa berenang apalagi di air yang dingin. Anehnya dia malah seneng berenang di kolam yang dalem bareng ayahnya. Mungkin karena lebih hangat kali ya dari kolam yang tidak terlalu dalam. Makasih ya Mba tips aman berenang buat anaknya. Sangat bermanfaat 😍

    BalasHapus
  4. Full pengawasan ini orangtua suka lupa. Karena anak kalau tenggelam super silent dan waktunya cuma 4 menit untuk bisa diselamatkan

    BalasHapus
  5. Wah, terima kasih tips-tipsnya Mbak. Makan sebelum renang dan pemanasan sering kali dilupain sih, saking nggak sabar buat nyebur ke kolam yah hihihi

    BalasHapus
  6. Hingga kini masih takut2 bawa anak ke kolam renang umum, karena parno kebersihannya sih. Mungkin ngga semua kolam ngga sekotor yang saya pikir, tergantung pengelolanya juga ya

    BalasHapus
  7. Anakku suka banget berenang, kemaren2 sebelum pandemi smpet les. Sekarang uda berhenti, eh malah nagih minta lagi. Iya penting banget sarapan sebelum berenang, sama pemanasan.

    BalasHapus
  8. Keponakanku seneng banget berenang, coba aku terapkan tipsnya juga ah biar makin aman

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah~
    Tipsnya sangat bermanfaat sekali, kak Ulfa.. Anak-anak seneng banget kalau berenang sehingga kadang lupa kalau belum pemanasan terlebih dahulu. Atau jadi lupa cek kondisi kolam, ada lantai yang pecah atau engga.

    BalasHapus
  10. Anakku suka banget main air. Bener banget harus waspada dan siap siaga kalau anak renang

    BalasHapus
  11. terima kasih tipsnya kak, sepakat sarapan sebelum berenang itu penting agar tidak masuk angin dan perut tidak kram, selain itu juga saya balurkan minyak kayu putih di punggung dan dada hingga perutnya

    BalasHapus
  12. Ternyata untuk berenang ada panduannya juga ya. Aku kadang suka kesel sama ibu ibu yang nyuapin anaknya di kolam renang. Selain bukan tempatnya, itu juga bisa buat anak tersedak. Bahaya.

    BalasHapus
  13. twaaa, terima kasih tips tips nya mbak, sangat bermanfaat sekali mengingat anak-anak jarang berenang, sekalinya berenang langsung exited termasuk emaknya yang kadang malah suka lupa step step sebelum berenang

    BalasHapus
  14. iya nih, harus pemanasan dulu
    kan bahaya kalau tiba-tiba kaki kram saat berenang

    BalasHapus
  15. he iya mba, anakku pas les renang juga dalam kondisi perut kenyang. Dan sama gurunya juga diajak pemanasan dulu sebelum nyemplung kolam. Tapi entah kenapa dia sekarang nggak mau les lagi hiks

    BalasHapus
  16. Terima kasih tipsnya, Kak. Setuju banget dengan pengawasan ortu meski anak sudah pakai pelampung. Jangan pernah tinggalkan anak sendiri tanpa pengawasan di kolam renang kalau belum bisa berenang.

    BalasHapus
  17. Jadi mengingat ingat kembali kapan terakhir kali saya berenang, susah dari sd dulu sampai sekaranh nggak nyebur kolam lagi. Btw tipsnya bener banget, tapi abis berenang nafsu makan jadi bertambah biasanya heh

    BalasHapus
  18. Biasanya anak-anak suka berenang, ya. Mereka suka lupa waktu kalau sudah main di air, tapi ada juga beberapa anak yang enggak suka berenang. Mungkin karena takut atau tidak percaya diri. Orang tua tetep harus beri pendampingan dan bimbingan, ya ^-^

    BalasHapus
  19. Saya takut kedalaman sejak dulu jadinya anak-anakku tak ada yg tahu berenang waktu kecil. hiks. Sekarang mereka sudah dewasa baru belajar renang sambil bilang, mama sih, dulu kita tidak pernah dibawa ke kolam renang. huu...

    BalasHapus
  20. Pernah baca, ada anak malah sakit karena di antara berenang itu sambil makan. Engga boleh katanya. Karena perubahan badan dari dingin kemudian makan, perutnya kram. Memang ada tata caranya juga sih ya. Makan dulu sebelum berenang, nanti sudah beres, mandi, pakai baju yang kering. Baru deh makan lagi gpp...

    BalasHapus
  21. Sejak pandemi si kecik puasa berenang. Sampai hari ini emaknya masih setengah hati setiap kali dia minta berenang. Padahal emang betul ya berenang itu selain bikin sehat pastinya juga bikin happy. Terima kasih untuk tipsnya, Mbak. Noted banget biar kecik aman saat kembali berenang nanti.

    BalasHapus
  22. Wah, sebaiknya makan dulu ya? Iya nih kalau pas renang emaknya ekstra waspada mengawasi mereka. Untungnya kolam renang yang kami pilih seperti yang mbak wahyu sarankan, jadi nggak sampai parno waktu dampingi anak2 renang

    BalasHapus
  23. Anak saya masih adaptasi banget kalau ketemu kolam renang. Padahal, awalnya dia yang minta tapi begitu dihadapkan dengan kolam, belum berani main sendiri. Hehe

    Terima kasih tipsnya, Mbak. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  24. Pemanasan sebelum berenang memang penting banget,sih mbak agar otot bener-bener relaks saat berenang. Soalnya pernah ngalami otot tegang terus kram, bahaya banget ternyata.

    BalasHapus