Memikat Hati Antar Suami Istri

November 24, 2021

Memiliki keluarga yang harmonis, Sakinah Mawaddah Warahmah adalah impian setiap pasangan di dunia ini. Lalu apa sebenarnya arti Sakinah Mawaddah Warahmah itu? Sebenarnya arti ungkapan ini diambil dari ayat Al Quran yang menjadi tujuan dalam pernikahan Islam. 

Sakinah berarti ketenangan, Mawaddah adalah perasaan kasih sayang dan Rahmah artinya ampunan, rahmat, rezeki dan karunia dari Allah SWT.

 

Dalam sebuah pernikahan yang mempertemukan dua orang dan dua keluarga dengan segala macam perbedaan, tentu menjadikan pasangan berusaha untuk dapat memahami dan menerima setiap kelebihan dan kekurangan pasangan. Nah, setelah mengetahui dan memahami konsep Sakinah Mawaddah Warahmah ini, diharapkan keluarga yang terbentuk mampu menjadi keluarga yang harmonis dan langgeng.

Menyatukan hati dengan segala perbedaan adalah hal yang tidak mudah, tetapi semua itu bisa dilakukan jika masing-masing pasangan memahami arti dan tujuan pernikahan yang mereka jalani. Nah pada hari Ahad, tanggal 21 November 2021 kemarin saya berkesempatan mengikuti sebuah webinar keluarga yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Salimah Jawa Tengah dengan tema Memikat Hati antar Suami Istri-Merawat Hubungan Romantis Suami-Istri.

Sebuah tema yang menarik dengan keynote speaker Ustaz Satria Hadi Lubis. MM, MBA. Beliau adalah seorang dosen, penceramah, penulis buku dan juga pembicara di berbagai seminar.

Dalam sebuah hubungan rumah tangga tentu tidak selamanya berjalan mulus. Adakalanya berjalan di jalan datar, berkerikil, berkelok atau bahkan menanjak. Semua itu adalah mutlak akan ditemukan dalam sebuah hubungan, hingga terkadang ada juga salah satu pasangan yang mengalami gejolak hingga terperosok dalam lubang kesalahan. Lalu apakah hal tersebut sebagai pertanda bahwa hubungan pernikahan sudah tidak bisa diselamatkan?

Ustaz Satria mengatakan keinginan untuk selalu belajar dari kesalahan adalah kunci kelanggenan hubungan suami Istri. Ada kalanya masing-masing dari pasangan menekan ego untuk kemudian merawat dan memupuk kembali rasa cinta setelah diterjang badai. 

Lalu tips apa yang bisa di terapkan dalam merawat hubungan romantisme suami Istri ini? berikut pemaparan Ustaz Satria Hadi Lubis.


Jaga Komunikasi

Komunikasi adalah kunci dalam sebuah hubungan. Selain kita menjaga komunikasi agar dapat terus berjalan dengan lancar, sebagai pasangan suami istri juga harus memahami sisi psikologi perbedaan pola komunikasi antara suami dan istri, berikut beberapa perbedaan komunikasi suami istri

Pria

Wanita

Rasional

Umum

Umum

Detail

Ego

Intim

Menurut sebuah penelitian, seorang wanita itu dalam sehari bisa berbicara 20.000 kata, sedangkan pria hanya 7000 kata. Oleh karena itu, pola komunikasi mereka juga berbeda. Dengan memahami hal ini, setiap pasangan diharapkan dapat saling memahami dan melengkapi.

Penuhi Kebutuhan Pasangan

Kebutuhan suami istri juga berbeda dalam beberapa hal, berikut perbedaannya

Pria

Wanita

Dipercaya

Diperhatikan

Ditaati

Didengar

Dipuaskan (seksual)

Dipuaskan (materi)

Jika setiap pasangan memahami perbedaan kebutuhan ini dengan baik, maka hubungan yang harmonis akan terjalin. Karena perbedaan ini, Ustaz Satria Hadi Lubis mengatakan, jangan salahkan jika seorang perempuan bertanya tentang apa pekerjaan laki-laki yang akan melamarnya? Karena bagi seorang perempuan mereka merasa akan puas dan tenang jika calon suaminya sudah memiliki materi yang cukup.

Baca Juga : Setelah Sepuluh Tahun Pernikahan 

Buat Tradisi Romantis

Tradisi romantis ini yang terkadang terlupa dengan berbagai alasan. Terlalu sibuk dengan pekerjaan baik di rumah maupun kantor, sibuk mengurus anak dan rumah, atau dengan alasan malu. Padahal menurut Ustaz Satria Hadi Lubis tradisi romantis ini sangat penting untuk menjaga keharmonisan hubungan suami istri. Berikut beberapa contoh tradisi romantis yang bisa kita lakukan bersama pasangan. 

  • Memanggil dengan nama kesayangan
  • Memberikan pelukan dan ciuman
  • meluangkan waktu berduaan
  • Merayakan momen spesial
  • Menjaga penampilan di hadapan pasangan
  • Mengucapkan magic words
  • Dll
Pilihlah tradisi romantis yang mudah dilakukan dan menjadi kesenangan pasangan. Dari contoh di atas, ada beberapa tradisi romantis yang gratis dan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja. Buang perasaan malu dan pupuk rasa cinta, sehingga kita akan mudah melakukannya.

Bersenang-Senang

Menjalin sebuah hubungan tentu membutuhkan respon positif dari kedua belah pihak, tidak hanya salah satu pasangan saja yang berusaha untuk membawa hubungan pernikahan menuju bahagia. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam merawat hubungan romantisme antar suami istri adalah dengan melakukan hal yang dapat membuat pasangan senang atau bahagia. Jadikanlah hubungan suami istri itu seperti garam dalam masakan yang saling melengkapi, mencairkan suasana dan mengurangi sakit hati, selain itu dengan bersenang-senang bersama pasangan dapat menjadi salah satu obat awet muda dan menjaga kesehatan.

Bersyukur

Rasa syukur adalah salah satu bentuk ungkapan kebahagiaan atas karunia yang telah Allah SWT berikan kepada hamba-Nya. Bersyukur dalam setiap detik helaan napas kita, bahwa Allah telah mengkaruniakan kepada kita seorang pasangan yang menerima segala kelebihan dan kekurangan kita, pasangan yang mampu menutup semua aib-aib kita, pasangan yang selalu siap sedia berada di samping kita saat dibutuhkan, pasangan yang rela menghabiskan waktu mendampingi kita mengarungi kehidupan, pasangan yang rela bekerja siang malam demi memenuhi semua kebutuhan keluarga, dan masih banyak lagi pikiran-pikiran positif yang dapat kita hadirkan dalam hubungan suami istri.

Jika Ustaz Satria Hadi Lubis mengibaratkan Bersikaplah seperti arkeolog, semakin tua pasangan semakin berminat anda kepadanya.


Merawat hubungan romantisme suami istri harus selalu dilakukan setiap waktu, dengan semakin bertambahnya usia, semakin bertambahnya jumlah anggota keluarga, sehingga proiritas kita terhadap pasangan mungkin akan mengalami pergeseran. Akan tetapi, usaha untuk terus merawat romantisme harus terus diupayakan. Apalagi dengan semakin maraknya kasus perceraian dan KDRT  yang membuat kita harus senantiasa saling menguatkan satu sama lain.

Doakan selalu pasangan kita, agar senantiasa terjalin tautan hati antar suami istri, sehingga ikatan cinta itu akan terus kekal sepanjang masa. Terakhir 

Ya Rabb kami, anugerahkanlah kami pasangan dan keturunan yang menyenangkan pandangan mata dan jadikanlah kami (sekeluarga) pemimpin dari orang orang yang bertaqwa (QS. 25:74).

Salam hangat

Ulfah Wahyu




 

You Might Also Like

22 komentar

  1. Aamiin Allahuma Aamiin ��

    Tapi memang bener, dengan bertambahnya anggota keluarga, prioritas pasangan kadang tergeser

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, tetapi harus tetap kita upayakan agar kita tetap memiliki ikatan hati yang kuat.

      Hapus
  2. Reminder buat saya ini, apalagi jelang 20 tahun pernikahan dengan suami. Banyak suka duka, ada 2 anak remaja, seringkali romantisme hubungan pasutri jadi terlupa...huhuhu
    Setuju jika usaha untuk terus merawat romantisme harus terus diupayakan di sepanjang pernikahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, karena hati itu selalu berubah ubah. Dengan terus merawat romantisme diharapkan akan semakin kuat ikatan hati, sehingga menimbulkan ketenangan batin.

      Hapus
  3. alhamdulillah. saat ini aku lagi di fase berkesempatan melakukan semua tips di atas. semoga kita semua selalu harmonis dengan pasangan, ya

    BalasHapus
  4. Ustaz Satria Hadi Lubis, suaminya Ustazah Kingkin Annida :)
    Setau saya beliau salah satu pakar rumah tangga Islami. Bagus nih Mbak pemaparannya. Menjaga keromantisan memang tugas abadi kita sebagai pasutri, ya. Ada naik-turunnya namun selama berpegang teguh pada komitmen sakinah mawadah warahmah, Insyaallah romantisme terjaga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, semua itu harus terus diupayakan agar tujuan pernikahan tercapai.

      Hapus
  5. Duh..duh yg menjaga penampilan di depan suami yg belum maksimal ini aku, pakenya baju dinas rumah melulu ini, huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa mbak, asal baju dinasnya bersih, rapi dan tetap seksi hehehe.

      Hapus
  6. Aamiin

    MasyaAllah kalo baca atau dengar nasihat tentang rumah tangga, selalu nyes gitu. Usia 5 tahun pernikahan masih harus banyak belajar. Makasih pengingatnya yaa Mbak

    BalasHapus
  7. Yes, pastinya perempuan butuh dipuaskan secara materi tapi tetap juga ada kebutuhan dipuaskan secara seksual maka memang baik suami maupun istri harus bagus komunikasinya dan menjalankan semua tips di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua harus di tempatkan sesuai porsinya masing2 ya mbak, biar langgeng hubungannya.

      Hapus
  8. perempuan dan laki laki memang punya banyak perbedaan ya mbak
    kalau kita tahu bagaimana cara mengatasi perbedaan perbedaan tersebut, pasti rumah tangga jadi harmonis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak semua butuh proses dan saling belajar

      Hapus
  9. Komunikasi penting banget, nggak bisa masing-masing pasangan membaca pikiran pasangannya. Yang ada timbul insecure, nggak aman dan nggak percayaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, jangan hanya dibatin aja biar jelas semuanya.

      Hapus
  10. MasyaAllah, tulisan yang bagus banget nih mbak. Memang wajib hukumnya memikat hati antar suami istri agar cinta yang ada bisa terus terawat hingga JannahNya. Bener banget tuh pria itu lebih senang jika dipercaya dan ditaati, jadi selama beliau masih meminta istri yang tidak berlawanan dengan hukum Islam, ayoin aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak saling percaya dan taat dalam kebaikan

      Hapus
  11. Seringnya lupa akan bersyukur, selalunya ingat kekurangan dan kesalahan pasangan. Hiks.
    Terima kasih sudah diingatkan. Mesti wajib belajar lagi agar saling memikat hati antar suami istri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini poin penting menurut saya mbak, karena ada banyak godaan di luar sana, jadi bersyukur bisa menjadi obat hati dalam hubungan suami istri

      Hapus