6 Cara Agar Bisa Move On dari Masa Lalu

Juli 02, 2021



Setiap orang pasti memiliki masa lalu, entah itu masa lalu yang menyenangkan atau menyedihkan. Nah, yang menjadi masalah adalah saat memiliki masa lalu yang menyedihkan dan terus menjadi halangan bagi seseorang untuk melangkah, maka hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam kehidupannya.

Move on dari masa lalu atau peristiwa yang buruk tentu tidaklah mudah, apalagi jika kamu masih berhubungan dengan kepingan sisa-sisa masa lalu tersebut. Membutuhkan tekad dan dukungan dari orang-orang terdekat agar kamu dapat melewatinya.

Ada beberapa orang yang berusaha dengan keras agar bisa move on dari masa lalu yang menyakitkan bahkan sampai menimbulkan trauma dalam hidupnya. Entah itu yang berhubungan dengan keluarga, kekasih atau juga sahabat. Banyak dari mereka yang akhirnya bisa melewati masa-masa berat dalam hidupnya sehingga berhasil melewatinya, meskipun membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Berikut 6 cara yang bisa kamu coba agar bisa move on dari masa lalu

6 Cara Agar Bisa Move On dari Masa Lalu                                                                                    

Ikhlas

Berusaha untuk mengikhlaskan semua kejadian dimasa lalu yang membuat kamu terbelenggu. Proses ikhlas ini memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, semua membutuhkan proses yang panjang dan bertahap. Proses ikhlas ini membutuhkan pendampingan dan motivasi dari orang terdekat yang dengan tulus menyayangi kamu, seperti keluarga, sahabat atau bisa jadi seorang guru mengaji dan lain-lain, sehingga keikhlasan akan benar-benar hadir dalam hati dan mampu memberikan ketenangan.

Melibatkan Allah 

Setiap manusia pasti akan mendapatkan ujian dalam kehidupannya. Semua ujian datangnya dari Allah, maka jalan terbaik untuk dapat melewati ujian tersebut adalah melibatkan Allah dalam menyelesaikannya. Berdoalah dengan bersungguh-sungguh, meminta agar diberikan kemudahan dan pertolongan untuk melewati masa-masa sulit itu.

Bersyukur

Dalam setiap masalah dan ujian yang Allah berikan pasti mengandung hikmah di dalamnya. Bersyukur adalah salah satu terapi untuk bisa move on dari masa lalu yang tidak menyenangkan. Setelah kamu merasa terpuruk bahkan hancur dan berhasil melewati semua proses untuk bangkit kembali, maka dengan bersyukur atas semua karunia-Nya yang telah Allah limpahkan kepadamu, maka kamu akan menemukan banyak hikmah dari semua peristiwa yang membelenggu di masa lalu . 

Berkumpul dengan Teman yang Positif

Saat kamu merasa terbelenggu dengan masa lalu yang buruk, maka salah satu cara agar bisa lepas dari belenggu itu adalah dengan berkumpul bersama teman yang positif. Teman yang memiliki pandangan positif tentang kehidupan, optimis dalam menjalani masa depan, mampu menjadi penyemangat dan siap menjadi pendengar yang baik. 

Menyibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Menyibukkan diri dengan melakukan kegiatan yang positif, bisa menjadi salah satu terapi. Banyak sekali kegiatan positif yang bisa kamu ikuti sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki, sehingga pikiranmu akan lebih tenang dan terarah. Kesibukan yang positif juga dapat menggali bakat yang kamu miliki, dengan demikian selain bisa move on kamu juga akan lebih produktif.

Memaafkan

Memaafkan dan menerima semua penggalan kisah masa lalu. Jika masa lalumu berhubungan dengan orang, maka berusahalah memaafkan meski membutuhkan proses dan waktu yang lama, dan jika berhubungan dengan peristiwa atau kejadian, maka berusahalah untuk memaafkan semua hal-hal yang berhubungan dengan peristiwa tersebut.

Baca juga : Sahabat Sejati

Move on dari masa lalu memang tidak mudah. Membutuhkan perjuangan yang luar biasa dan waktu yang lama. Kamu juga bisa bergabung dengan sebuah komunitas yang memiliki tujuan sama untuk memotivasi diri agar bisa bangkit kembali. Dukungan keluarga dan lingkungan sangat diperlukan, sehingga kamu tidak merasa sendiri berjuang. 

Membuka diri dan memaafkan diri sendiri juga bisa menjadi salah satu cara untuk bangkit dari keterpurukan. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran untuk lebih berhati-hati dalam melangkah dan juga bekal untuk menapaki masa depan sehingga kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Teruslah berusaha dan berdoa.

Salam hangat

Ulfah Wahyu

You Might Also Like

36 komentar

  1. Setuju mbak, Move On kata yang harus dikatakan buat yang gak bisa keluar dari masa lalu ya mbak.
    Semoga banyak yang baca tulisan ini. Sangat bermanfaat. Karena setiap orang ada ujiannya. Di usia sekian, di kondisi tertentu, ujiannya pun berbeda-beda. Tapi prinsipnya harus move on agar kedepannya lebih baik. Sayang sekali waktunya jika gak bisa move on. Poin-poin tulisan mbak benar adanya. Iklhas, melibatkan Allah, bersyukur, berkumpul dengan teman yang positif, menyibukkan diri dengan kegiatan positif, memaafkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling memyemangati kita ya mbak, agar hidup yang cuma sebentar ini bisa bermanfaat, dengan move on.

      Hapus
  2. Terima kasih artikelnya. Sungguh perlu nih tips untuk bisa move on.
    Menurutku sih, move on, engga harus selalu dikaitkan dengan pataha hati ama seseorang gitu.
    Pindah kerja, pindha rumah, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Bunda, move on itu berlaku untuk semua aspek kehidupan yang intinya berusaha untuk bangkit dari masa lalu yang tidak menyenangkan.

      Hapus
  3. Memaafkan itu butuh waktu...tapi beneran saat kita sudah berusaha memaafkan akhirnya makin ke sini makin lega hati rasanya. Siapapun itu yang pernah menyakiti, kita doakan yang terbaik.
    Move on memang sulit tapi bisa, seiring berjalannya masa kita mampu melaluinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, kumcinya berasal dari diri kita sendiri ya mbak dan selalu melibatkan Allah dalam setiap langkah.

      Hapus
  4. Poin2 tipsnya sungguh luar biasa, Mbaaa
    terutama part "Melibatkan ALLAH"
    Yap... kita ini apa sih, cuma butiran debu d jagat raya ini :D
    Jadiii, selalu ingat Allah dalam hal apapun!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, karena bisa jadi semua masalah itu adalah cara Allah untuk lebih menguatkan kita, jadi hanya kepada-Nya kita berserah diri.

      Hapus
  5. Memaafkan ini kadang sulit ya mbak bagi saya mungkin beberapa orang. Malah lebih baik mengikhlaskan tapi misal ada orang salah kepada kita kayaknya kalau ketemu gitu berasa masih sebel aja, hehehe. Tapi yang namanya move on itu wajib dari masa lalu yang tak menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup benar mbak, memaafkan memang berat, tetapi harus kita upayakan, walaupun membutuhkan waktu yang lama.

      Hapus
  6. duh adem banget tulisannya mbak ulfah, sifat ikhlas, bersyukur dan memaafkan itu harus diasah terus ya Mbak biar makin sip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, selagi kita masih diberika umur oleh Allah, ikhlas ini harus terus diupayakan, walaupun berat.

      Hapus
  7. Ikhlas.. ikhlas.. ikhlaass... kata sederhana tapi berat dilakukan dan butuh waktu bertahun-tahun lamanya. Tapi kalau sudah sampai pada fase itu, leganya minta ampun. Been there, semoga masih ada umur untuk ikhlas dan move on.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak butuh waktu yang lama. Tetapi bisa dilakukan asal ada kemauan dan niat yang baik.

      Hapus
  8. Menyibukkan diri itu cukup efektif, tapi kalo udah sendirian pasti gagal move on lagi. Haha. Susah ya, butuh waktu, effort dan banyak berdoa biar bisa melepaskan masa lalu dengan damai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, yang terpenting adalah niat dan usaha dari dalam diri sendiri.

      Hapus
  9. Point ke 6 adalah kuncinya. Bila kita pribadi pemaaf, lenyaplah uneg2 yang mengganjal di hati. Jiwa akan jadi plong. selamat sore, ananda Ulfa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memaafkan memang berat, tetapi jika kita bisa melakukannya maka hati akan lebih tenang dan pikiran menjadi ringan. Sehat selalu bu Nur.

      Hapus
  10. Jawaban atas segala sesuatu yang ganggu batin memang harus ikhlas dan melibatkan Allah. Tips nya bagus mbak, semoga membantu yang membacanya

    BalasHapus
  11. Iya nih mbak, untuk move on dari masa lalu memang butuh keikhlasan dan selalu bersyukur kita bisa melewatinya, meskipun bukanlah hal yang mudah karena seringkali kita masih teringat-ingat juga dengan masa lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap mengingat tapi jangan sampai membuat terpuruk lagi, dengan terus bersyukur bisa membantu melupakan.

      Hapus
  12. Kalau sudah ikhlas dan memaafkan, rasanya memang bisa lebih mudah move on dari masa lalu ya Mbak, apalagi kalau sudah selalu melibatkan Allah, jauh rasanya lebih plong.

    BalasHapus
  13. Banyak orang yg aku kenal susah move on dari masa lalu. Tapi mau kasih tahu supaya move on juga sulit ya, karena mungkin aku engga merasakan yg dia rasakan...
    Mungkin perlu waktu sedikit lagi untuk move on dan menata hati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membutuhkan energi yang luar biasa ya biar bisa move on bund

      Hapus
  14. Sudah ikhlas, sudah melupakan, sudah lain-lain. Tetep ya di saat-saat tertentu ingatan itu tetap ada dan muncul. Hemmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan berjalannya waktu mungkin bisa ya mbak

      Hapus
  15. Duhlaa...aku paling gak jago sama move on ini..
    Huhuu....tapi setelah memiliki keluarga seperti sekarang ini, aku banyak kontemplasi bahwa kehidupan yang sekarang ya...yang aku jalani ini.
    Jangan sampai masa lalu menghacurkan masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keluarga dan kegiatan positif bisa menjadi semangat untuk move on ya mbak

      Hapus
  16. Move on dari masa lalu yang pertama adalah menerima keadaan dulu, engga menyalahkan diri sendiri atas kejadian yang terjadi, memaafkan dan melangkah jauh ke depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, itu yang pernah saya baca juga, menerima dan memaafkan.

      Hapus
  17. move on dari masa lalu itu memang butuh proses ga mbak
    memang salah satunya dengan banyak melakukan aktivitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aktifitas yang bermanfaat dan memberikan kita ruang untuk berekspresi.

      Hapus
  18. Semangat move on fan membenahi diri sendiri

    BalasHapus