Bagaimana Menyikapi Perbedaan Hobi dengan Pasangan

Januari 25, 2021


Bertemu dengan pasangan yang sesuai dengan impian kita adalah harapan semua orang. Akan tetapi Allah SWT menciptakan semua makhluk-Nya dengan bermacam-macam sifat, sebagai bentuk dari ke Maha Besaran-Nya. Terlahir sebagai dua orang individu yang memiliki banyak perbedaan dan akhirnya disatukan, pasangan suami istri adalah dua orang yang memiliki ego, kebiasaan, sifat dan juga hobi yang mungkin berbeda. 

Meskipun ada juga pasangan yang menikah dengan alasan karena memiliki hobi yang sama sehingga mereka merasa cocok. Nah, kamu jangan sampai cemburu ya kalau ada yang seperti ini, heheh. Menikah dengan pasangan yang memiliki hobi yang sama dengan kita, terkadang  memang menjadi salah satu cara untuk lebih mengeratkan hubungan di antara mereka. Sebagian orang menganggap dengan memilik hobi yang sama, maka akan lebih mudah dalam menjalani kehidupan rumah tangga, karena pasangan memiliki ketertarikan pada hal yang sama.

Namun, bagaiamana kalau ternyata kamu memiliki hobi yang berbeda dengan pasanganmu? Jangan khawatir, banyak pasangan di luar sana yang tetap bahagia meskipun memiliki hobi yang berbeda. Bagaimana cara menyikapi perbedaan hobi dengan pasangan? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan

Memasuki Dunia Baru dengan Hobi yang Berbeda

Memiliki hobi yang berbeda dengan pasangan adalah hal yang menyenangkan, karena kamu akan menemukan dunia baru, yang selama ini mungkin belum pernah kamu temui sebelumnya. Dengan mengenal hobi pasanganmu, akan menambah wawasan dan juga ilmu baru tentang hobi yang digeluti itu. Bisa juga kamu mencoba untuk mempelajari hobi pasanganmu, sebagai wujud kamu menghargai pilihannya. 

Menjadikan Perbedaan Hobi Sebagai Cara untuk Memupuk Rasa Cinta

Saat kamu memiliki perbedaan hobi dengan pasangan, maka kalian akan memiliki waktu untuk saling bercerita tentang hobi masing-masing. Dengan saling bercerita dan mendengarkan, maka secara otomatis menjadikan komunikasi antara suami isrtri menjadi lancar dan akan semakin memupuk rasa cinta di dalam hati. Kalian dapat memilih waktu yang tepat untuk salling bercerita tentang hobi masing-masing.

Saling Mendukung Hobi Masing-masing

Meskipun memiliki hobi yang berbeda, setiap pasangan masih tetap memiliki ruang yang lain untuk menyatukan perbedaan itu, dengan cara saling mendukung hobi masing-masing selagi itu adalah hal yang positif. Bentuk dukungan itu bisa berupa memberikan waktu kepada pasangan untuk menyalurkan serta memenuhi kebutuhan yang berhubungan dengan hobinya, dan menghargai hobinya itu selagi tidak memberikan dampak negatif bagi hubungan suami istri.

Luangkan Waktu dengan Hobi Masing-masing

Me time adalah hal yang penting dalam kehidupan kita, karena dengan memiliki waktu untuk diri sendiri akan mengembalikan semangat yang mulai kendur. Nah, salah satu cara me time ya efektif adalah dengan melakukan hal  yang kita sukai. Miliki waktu khusus untuk menyalurkan hobimu. Berikan dukungan kepada pasangan untuk melakukan hobinya tanpa gangguan dari kita, dan kamupun bisa melakukan hal yang sama.

Foto : Dokumentasi Pribadi

Memberikan Hadiah yang Berhubungan dengan Hobinya

Poin ini sepertinya yang paling menarik ya, karena memberikan hadiah yang berhubungan dengan hobi pasangan, selain akan semakin menambah semangat dalam menjalankan hobi itu, tentu akan semakin menumbuhkan dan memupuk rasa cinta di antara kalian.  

Meskipun kalian memiliki hobi yang berbeda dengan pasangan, bukan berarti kalian tidak kompak ya, karena kekompakan itu justru akan muncul, jika masing-masing pasangan dapat menghargai dan mendukung hobi dari pasangannya. Sama seperti saya yang lebih suka ngendon di rumah sambil berkhayal, hahaha,  sementara suami mempunyai hobi bersepeda bersama komunitasanya, dan sering berpetualang ke berbagai daerah demi menuntaskan hobinya itu.

Saya akan menjadi suporter setianya yang selalu mendukung hobinya itu, meskipun harus rela ditinggal berhari-hari demi memuasakan hobi bersepedanya, dan sebaliknya, beliau adalah sponsor utama saya dalam kegiatan tulis menulis. Meskipun memiliki hobi yang berbeda, jangan lupa untuk saling melengkapi dengan kekurangan yang dimiliki oleh pasangan kita yang berkaitan dengan hobinya, dan yang terpenting, kalian harus tetap memiliki waktu untuk bisa menikmati hobi yang bisa menjadi salah satu cara untuk terapi jiwa.

Salam Hangat

Ulfah Wahyu

You Might Also Like

35 komentar

  1. Perbedaan hobi sah-sah aja ya. Bukan sesuatu yang prinsipil yang perlu dipertengkarkan. Malah saling mendukung ya mba. Seperti memberi hadiah sesuai hobi pasangan kita. Selama dalam melakukan hobi tidak berlebihan sampai melupakan tanggung jawab dari peran masing-masing 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, menjalani hobi buat selingan, agar hidup kita seimbang. Pokoknya saling dukung dan menghargai hobi pasangan biar tetap bahagia.

      Hapus
  2. Hobi kami pun beda. Saling pengertian aja dng hobi masing². Hobi buatku itu me time. Samalah suami juga, hobi buat dia juga me time. Klop deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bund, pokoknya saling mendukung meskipun berbeda.

      Hapus
  3. Suamiku paham dan mendukung hobi baruku saat ini yaitu nge blog dan menulis antologi. Tapi, setiap tulisan baru ada yg terbit, cuman diliat doang nggak dibaca...hahah karena dia memang tidak suka baca2 sih. Koment nya : buku nya kok nggak bergambar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, suami juga hanya lihat sekilas tulisan saya, tapi beliau selalu mendukung 100%.

      Hapus
  4. Memiliki hobi berbeda dengan pasangan justru bikin hidup lebih bermakna. Saling menghargai dan memberikan waktu luang jadi kuncinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jadi lebih ber warna hidup kita.

      Hapus
  5. Kebetulan aku sama suami punya beberapa hobi yang sama. Jadi sesekali bisa ngejam bareng sama anak-anak.nyanyi di rumah atau kadang jalan makan keluar menuntaskan hobi kuliner. Tapi asa jg beberapa hobi yang berbeda. Suami suka bola, aku suka drakor wkwkek... Santuy aja, nikmatin pilihan sendiri2 ya mba. Yang penting semua hepi dan saling dukung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, asal masing2 pasangan bisa saling menghargai pasti akan tetap bahagia.

      Hapus
  6. Wah, setuju saya...kekompakan justru akan muncul, jika masing-masing pasangan dapat menghargai dan mendukung hobi dari pasangannya. Jadi meski berbeda hobi masih bisa saling menghargai dan mendukung ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup benar sekali mbak, saling mendukung dan menghargai.

      Hapus
  7. Saya dan suami beda hobi, bahkan sifat dan kesukaan kami pun bertolak belakang. Bersyukurnya malah bisa sebagai me time dan kami saling tau. Kalau hadiah Yang sesuai dengan hobinya sih paling kami saling tanya lalu kasih uang dan beli sendiri wkwkwkwk, takut salah kalau mau jadi surprise karena kan ga paham hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak saling mendukung aja ya, walaupun beda hobi. Kalau masalah kasih hadiah, biasanya sih suami yang sering membelikan.

      Hapus
  8. Yang penting saling pengertian dan komunikasikan secara baik2 perihal hobi. Jangan sampe hobi bikin keuangan Rumah Tangga terguncang. Apalagi kalo ganggu cashflow belanja harian. Wah bisa perang dunia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jangan sampai mbak. Hobi itu sudah ditakar sendiri keuangannya. Kalau ada rezeki bisa saling kasih hadiah buat pasangan, atau menjalalankan hobi masing2, kalau belum ada ya santai aja, kan buat selingan saja.

      Hapus
  9. Kalau sudah jadi pasangan, semua bisa diatur ya, Mbak Ulfah. Yang penting saling pengertian dan saling menghargai. Dan jangan terlalu mendewakan hbi masing-masing.terima kasih ulasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bund, hobi kan buat refresihng, biar semangat kembali menyala, jadi dijalani dengan santai.

      Hapus
  10. Kalau udah ngebahas perbedaan, saya paling antusias deh. Soalnya saya sama suami super beda dari segala hal. Kayak saya di langit dia di bumi. Dia suka dangdut saya suka pop, dia suka makan ikan saya suka makan sayur SM tempe, dia suka ngomong saya pendiam, dll. Kayak semua serba berlawanan gitu. Tapi entah kenapa bisa bersama dan udah punya dua anak. Ya, berarti perbedaan bukan hal yang harus di ubah atau di hindari ya kan. Justru memberi warna setiap kehidupan sebagai pasangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, justru perbedaan itu bisa saling melengkapi

      Hapus
  11. Betul mba yg penting saling support. Suami hobi main game, saya hobi nulis. Kalo suami sibuk ngegame yaudah saya juga sibuk nulis. Hehe.. Santuy aja ya Mba asal tau waktu dan ada batasan2'y..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, yang penting saling mendukung dan tidak lupa waktu.

      Hapus
  12. Betul mba yg penting saling support. Suami hobi main game, saya hobi nulis. Kalo suami sibuk ngegame yaudah saya juga sibuk nulis. Hehe.. Santuy aja ya Mba asal tau waktu dan ada batasan2'y..

    BalasHapus
  13. Teman saya suami-istri yang punya hobi dan kepribadian yang berbeda. Biasanya sang istri meluangkan waktunya minimal seminggu sekali hobi suaminya yang ngutak-atik mesin. Dia bagian bersihin mobil misalnya. Terus suaminya juga gitu, nemenin istrinya. Saling support gitu, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gitu kan asyik ya mbak, saling mendukung dan menghargai hobi pasangan.

      Hapus
  14. Bagi kami, perbedaan hobi ini justru menyenangkan sih... Kami bisa memiliki waktu me time yang berkualitas. Jadi kalau udah kumpul dan ngobrol-ngobrol lagi hubungan makin berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, justru dengan berbeda akhirnya saling dukung jadi tambah kompak hubungan pasutri.

      Hapus
  15. Berasa diingatkan nih baca artikel ini yang saling memberikan hadiah sesuai hobi ini. Aku hobi ngeblog udah dikasih laptop dan HP baru. Suami hobi mancing belum kubelikan apa-apa, hihihi trims remaindernya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, aku juga dapat hadiah laptop sama buku2 gitu
      Kalau laki2 kayaknya gak terlalu mementingkan hadiah deh, kita udah dukung hobi mereka aja, suami sudah senang.

      Hapus
  16. Indahnyaa..
    Dengan saling mendukung hobi masing-masing, semakin maju dan bertumbuh juga bahagia menjalaninya yaa...

    Yang bingung kalau suami hobinya otomotif.
    Heuheuu~

    BalasHapus
  17. Setuju.. Tidak harus segalanya sama dengan pasangan. Yang penting saling mendukung dan menghargai

    BalasHapus
  18. Seru ya saling mendukung hobi. Untung suamiku hobi ga neko2. Anak rumahan main game haha

    BalasHapus
  19. berbeda nggak masalah
    selama saling dukung dan tetap tahu porsinya masing masing...
    beda itu biasa

    BalasHapus
  20. Iya nih kayak saya ama suami, saya hobinya nulis, beliau nonton film action, jd cara mengakalinya saya kadang ngetik di sebelah dia nemenin nonton film perang, hihi.

    BalasHapus
  21. saling mendukung ya mbak ulfah. aku dan suami pun pny hobi beda, hobiku ngeblog dan baca buku. beliau support aku beli buku seneng bgt

    BalasHapus