Tips Tampil Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

November 02, 2020

Berbicara di depan umum bagi sebagian orang menjadi sebuah hal yang menakutkan. Dulu saya pun mengalami hal yang sama. Rasa malu, grogi, canggung dan khawatir seringkali menjadi penghambat bagi seseorang untuk tampil di depan umum. Sering kita beranggapan, bahwa orang yang bisa tampil di depan umum itu ya memang orang yang sudah terbiasa dengan aktivitas sosial tinggi, populer dan juga mudah bergaul. Namun  ternyata anggapan saya salah. Ternyata tidak semua orang yang aktif dalam pergaulannya berani berbicara di depan umum.

Kemampuan berbicara di depan umum tentu tidak serta merta datang dengan sendirinya. Semua membutuhkan proses, pun demikian dengan saya. Jujur keberanian untuk tampil di depan umum saya peroleh ketika bekerja menjadi guru PAUD. Di sini mau tidak mau saya harus berhadapan dengan para wali murid yang berbeda latar belakang dan memiliki ragam karakter. Nah, dari sanalah saya belajar berkomunikasi dengan baik dan benar.

Pertama saya belajar untuk berkomunikasi secara efektif. Tentu saya tidak boleh kelihatan ragu atau gugup saat berhadapan dengan wali murid, karena di tangan sayalah putra putrinya dipercayakan untuk di didik. Setelah hampir lima tahun saya mengabdikan diri sebagai pendidik di PAUD, ternyata mampu memberikan bekal kepada saya untuk lebih percaya diri saat berbicara di depan umum sebagai mc ataupun moderator sebuah acara.


Tips Percaya Diri Tampil di Depan Umum

Sering kita mendengar istilah demam panggung. Sepertinya ini memang berlaku bagi kita yang benar-benar merasa tidak bisa saat harus di minta berbicara di depan umum. Bahkan ada beberapa orang yang mengalami rasa takut berlebihan hingga membuatnya gemetar, berkeringat dingin bahkan harus bolak balik ke toilet. So, apa yang harus kita lakukan agar bisa tampil percaya diri saat berbicara di depan umum. Berikut tipsnya

Kuasai Materi

Menguasai materi yang akan disampaikan oleh pembicara menjadi kunci penting saat menjadi seorang mc atau moderator. Dengan menguasai materi kamu akan bisa masuk ke dalam materi yang di sampaikan oleh pembicara, sehingga bisa memberikan umpan ballik dari materi yang disampaikan.

Lakukan Kontak Mata

Lakukan kontak mata dengan audience saat berbicara di depan umum, karena hal itu akan memberikan kesan bahwa kita menghargai mereka. Selain itu dengan melakukan kontak mata akan memberi kesan bahwa kamu percaya diri.

Berpikir Positif

Rasa takut berawal dari pikiran kamu yanng negatif, oleh karena itu saat tampil di depan umum, baik sebagai mc ataupun moderator kamu harus berpikir positif. Yakinkan bahwa kamu bisa dan mampu. Kesempatan itu diberikan karena orang percaya bahwa kamu bisa.

Lakukan Persiapan dengan Baik

Persiapan di sini tidak hanya menyangkut materi atau teks untuk mc atau moderator, tetapi masalah penmapilan juga perlu kita persiapkan dengan baik, karena kamu akan berbicara di depan orang banyak, pilihlah kostum yang nyaman dan membuatmu percaya diri. Selain itu berlatihlah di depan cermin untuk melihat penampilan kamu secara keseluruhan.

Berdoa

Setelah semua persiapan kita lakukan dengan baik dan matang, maka langkah terakahir adalah berdoa, memohon kepada yang maha kuasa agar kamu diberikan kemudahan dan kelancaran saat tampil di depan umum.

Nah, sobat bagaimana sudah siap untuk tampil di depan umum? Jika ada kesempatan tampil di depan umum cobalah untuk mengambilnya dan buktikan bahwa kamu mampu melakukannya. Jangan lupa perbanyak referesnis dengan membaca.

Teruslah mencoba untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, karena pada dasarnya ada 3 poin penting yang harus kita persiapkan, yaitu persiapan, teknik dan latihan. Dengan banyak berlatih maka kemampuan kamu akan terus terasah dan membuatmu semakin pandai dan percaya diri untuk berbicara di depan umum.

Salam Hangat

Ulfah Wahyu

You Might Also Like

28 comments

  1. Duluu saya malu bgt kalo d minta utk berbicara d depan umum. D depan kelas, d depan sekolah. Tp mau nggak mau harus berani ya dan belajar lebih percaya diri.

    Tips2'y oke banget mba, kalau ada kesempatan bakal dipraktekin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayapun dulu pemalu mbak, tetapi setelah bekerja alhamdulillah mendapat banyak ilmu jadi lebih berani ngomong.

      Delete
  2. Saya sebenernya males berbicara di depan umum, apalagi banyak yang bilang suara saya pelan. Terpaksa aja ini karena mengajar, jadi terbiasa bicara depan umum, dan sekarang kaaan ada mic. Tapi kontak mata, engga selalu sih...Seolah liat ke audience, padahal enggak. Eh...gimana? Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tatapan mata ke depan ya bund, ke arah audience, gak nengok kanan kiri kayak kurang fokus gitu, jadi mereka berpikir bahwa kita mampu.

      Delete
  3. pertama kali jadi MC, nggak nguasain materi jadi kebanyakan jeda. Memang materi adalah kunci n banyak2in kosa kata agar bisa bicara lancar saat kehabisan ide

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bagi aku penting banget menguasai materi jadi lebih bisa nyambung dan percaya diri.

      Delete
  4. Tips berpikir positif itu penting bgt ya. Kalau sebelum ngomong di depan banyak orang sudah negative thinking duluan, biasanya konsentrasi akan kacau akhirnya buyar deh kepercayaan diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah benar, kalau kita pikirannya positif maka semua akan lancar.

      Delete
  5. Saya juga biasanya latihan bicara di depan cermin. Kalau sekarang ditambah dengan saya rekam menggunakan kamera ponsel. Dengan demikian saya bisa melihat, apakah saya bicara terlalu cepat, nada membosankan, terlalu banyak bahasa tubuh yang tak perlu. Poin paling penting, mesti berpikir positif supaya tenang. Yang namanya deg-degan akan selalu ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, saya juga suka panas dingin kalau mau berbicara di depan umum, tangan sampai dingin gitu.

      Delete
  6. Tampil percaya diri emmnag enggak gampang ya Mbak, perlu persiapan, teknik dan latihan
    Dulu semasa bekerja menjadi manajer restoran waralaba saya pede-pede saja. Eh setelah jadi ibu rumah tangga dan nyaris jarang bicara di depan umum di forum formal makin ke sini kok deg-degan hahaah..Memang butuh terus dilatih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, sering berlatih biar gak grogi, saya juga latihannya dari lingkungan terkecil pengajian rutin bareng teman2.

      Delete
  7. saya dulu pertama kali bicara tampil depan umum karena harus nyalonin diri jadi pengurus ekskul PMR, asal jeplak aja mau ketua. tau-tau suara junior 80% malah milih saya, nah berangkat dr situ jadi terpaksa harus bicara di depan...walaupun ga mudah bgt karena sering grogian jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, memang harus nekat juga biar tahu kemampuan kita ya.

      Delete
  8. Saya termasuk yang suka grogi kalau harus bicara di depan umum. Memang butuh persiapan, teknik dan latihan terus.

    ReplyDelete
  9. Saya berani berbicara di depan umum ketika menjalankan bisnis network marketing. Mulai dari kelompok kecil hingga di depan ratusan audiens. Padahal dulu saya nervous banget kalo disuruh ngomong, hehehe... Tapi satu hal, sekarang saya masih enggak pede kalo ngomong di depan kamera :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kalau di depan kamera gak banyak yang nonton ya mbak, sukses selalu mbak.

      Delete
  10. Aku pas mau ngomong ya maju mundur. Tapi setelah di depan, biasanya strong dan percaya diri aja. Tipsnya sih memang harus menguasai materi. Kalau enggak ya bubar deh ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, awalnya emang grogi, panas dingin, tapi setelah beberapa waktu mulai bisa menguasai keadaan ya.

      Delete
  11. Seringnya kalau belum biasa, kontak mata malah bikin hancur lebur kepercayaan diri hehehe... langsung grogi parah. Dulu pertama kali tampil di depan umum, pandangan mata lurus ke depan aja, pandang yang terjauh biar ga grogi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kontak mata bisa juga dengan pandangan acak mbak,yang penting pandangan kita ke depan enggak menunduk atau lihat atas kanan kiri gak jelas.

      Delete
  12. Bener banget ini mba, saya pas jadi mentor untuk kelas offline jg begini. Meski deg2an banget karena baru pertama kali haha. Tapi Alhamdulillah lancar, emang materi harus dikuasai yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya iya banget mbak, biar nyambung dan bisa bikin kesimpulan.

      Delete
  13. Aku tuh selalu demam panggung kalau bicara di depan umum, Mbak. Baik dalam skala kecil maupun besar. Huhuhu. Terima kasih tipsnya ya, InsyaAllah akan dipraktikkan. Terutama yang berpikir positif dan menguasai materi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya juga begitu mbak, panas dingin sampai tangan dingin banget rasanya, tetapi dengan berjalannya waktu alhamdulillah sudah mulai bisa menguasai keadaan. Meskipun di awal tetap grogi sih.

      Delete
  14. Tampil percaya diri di depan umum ini membutuhkan jam terbang yaa..
    Kalau baru pertama kedua, merasa masih mencari-cari "gaya" yang pas.
    Tapi kalau uda ribuan kali, yakin semakin "megang" banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, kalau pertama kali pasti grogi. Lha wong udah berkali2 aja tetapa grogi.

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images