Perjalanan Ke Pulau Panjang Jepara

October 04, 2019






Jika kita berbicara tentang kota Jepara, maka yang akan kita ingat adalah ukirannya. Ya, kota Jepara terkenal dengan ukirnya yang tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga di manca negara. Namun, selain terkenal dengan ukirnya, ternyata Jepara juga dikenal dengan wisata pantainya yang terkenal indah dan mempesona. salah satu diantaranya adalah pantai Kartini. pantai ini terletak di 2,5 km arah barat dari pendopo kantor Bupati Jepara. Nah dari pantai Kartini inilah kita bisa menuju ke kedua objek wisata yang juga berada di Jepara, yaitu Taman Laut Karimunjawa dan Pulau Panjang.

Beberapa waktu yang lalu, saya dan keluarga berkesempatan mengunjungi pulau Panjang ini. Pulau yang memiliki luas kurang lebih 19 hektar dan terletak sekitar 1,5 mil di laut dari pantai Kartini. Kami menyeberang ke sana dengan menaiki kapal motor dan jarak tempuhnya sekitar 15-30 menit. Harga tiket per orang Rp 20.000 untuk pergi pulang. 


Pejalanan dengan kapal motor.

Suasana perjalanan selama di pantai sangatlah menyenangkan. Kami menyeberang sekitar pukul 10.00 Wib, dengan kondisi suasana yang cerah dan matahari yang bersinar terik, namun meskipun demikian, perjalanan kami masih tetap menyenangkan. Melewati hamparan air pantai yang biru, dengan suasana yang cerah, membuat kami senang dan menikmati indahnya hamparan pantai dari atas kapal motor.

Selama perjalanan, kami harus bersikap hati-hati. Menggunakan pelampung yang sudah disediakan dan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak pemilik kapal motor, salah satunya, dilarang menyentuh air pantai dengan tangan saat perjalanan, bersikap tenang, duduk dengan tenang dan rapi dan berhati-hati saat menaiki dan turun dari kapal. jika kita membawa anak-anak balita saat perjalanan, maka pastikan mereka juga mentaati peraturan tersebut. jangan biarkan mereka duduk di pinggir kapal.


Gerbang masuk pulau Panjang.

Ada Apa Saja Di Pulau Panjang ?

Setelah hampir sampai di pulau Panjang, pemandangan akan terlihat semakin indah. Pinggir pulau mulai terlihat dengan deretan hutan tropis, diselingi perdu dan semak, sebagai tempat burung laut berkembang biak. Setelah turun dari kapal motor, kami segera mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat sambil menikmati makan siang dan melihat keindahan pantai. Pulau Panjang memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal yang berair jernih.

Di dalam pulau terdapat banyak gazebo-gazebo yang disewakan dari para penjaja makanan di sana. kami pun memilih salah satu gazebo yang dekat dengan pantai. Anak-anak mulai turun ke pantai bermain pasir. Di sini juga tersedia fasilitas toilet dan musala, sehingga kita tidak perlu khawatir jika ingin melaksanakan salat. 


Peralatan snorkeling.

Di pantai pulau Panjang ini juga terdapat spot diving atau snorkeling. Kamu dapat menikmati indahnya alam bawah laut perairan Jepara, dengan berbagai deretan terumbu karang dan juga aneka spesies ikan. Kamu akan didampingi oleh seorang pendamping yang sudah profesional, jadi tidak perlu khawatir. 

Harga sewa peralatan ini pun cukup terjangkau yaitu hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 60.000. Selain itu, di pulau Panjang ini juga terdapat tempat untuk camping. Kamu bisa menikmati bermain di pantai berpasir putih sambil mengabadaikan setiap moment yang ada.


Pemandangan pesisir pantai pulau Panjang.

Tidak ada batasan waktu bagi kita saat berada di pulau Panjang ini. kita bisa kembali kapanpun yang kita mau. Asalkan tidak terlalu sore ya, karena objek wisata ini akan tutup sekitar pukul 17.00 Wib. Ada dua dermaga di sini, yang satu menuju ke pantai Bandengan dan yang satu ke Pantai Kartini. Jadi, ada dua akses jalan menuju ke pulau Panjang ini. Tinggal kamu mau pilih yang mana. 

Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan Saat Bekunjung Ke Pulau Panjang.

Melakukan perjalanan ke pantai, tentu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan kegiatan yang akan kita lakukan di sana. Berikut beberapa hal yang harus kita siapkan, agar perjalanan kita menjadi lebih menyenangkan dan bisa puas menikmati indahnya suasana :

1. Membawa baju ganti. 
Pastikan kamu membawa baju ganti untuk persiapan bermain di pantai. Apalagi di pulau Panjang, pantai dan pasirnya sangat indah, pasti kita tidak ingin melewatkannya bukan?

2. Membawa bekal makanan.
Meskipun di sekitar objek wisata banyak yang menjual makanan ringan dan minuman, namun kebersamaan dengan keluarga akan lebih terasa lebih indah jika kita bisa menikmati makanan yang kita bawa sendiri dari rumah. Selain itu, di objek wisata tersebut kebanyakan hanya menjual aneka gorengan, seperti bakwan sayur, pisang goreng, mendoan dan mie kemasan.

Hamparan pasir putih pulau Panjang.

3. Siapkan Peralatan Mandi.
Pastikan kamu tidak lupa membawa barang yang satu ini ya, karena sangat penting. Setelah bermain di pantai dan basah-basahan, maka selanjutnya kita akan membersihkan diri. Jangan lupa membawa plastik untuk menaruh pakaian basah.

4. Kacamata Hitam.
Jangan lupakan peralatan yang satu ini ya. Meskipun kecil tapi manfaatnya cukup besar hehehe. Saat berada di pantai siang hari, pasti cuaca akan sangat panas. Nah kita membutuhkan kacamata sebagai pelindung. Saya termasuk salah satu orang yang peka terhadap cahaya dan debu, jadi kacamata ini wajib berada di dalam tas kemanapun saya pergi.

Hutan tropis pulau Panjang.

5. Kamera.
Nah, ini salah satu alat yang tidak boleh ketinggalan, karena kita bisa mati gaya kalau setiap moment yang menarik tidak diabadikan hahaha. Bisa juga dengan menggunakan handphone ya. Yang jelas, untuk urusan foto-foto tetep nomer satu. 

Itu tadi ya, beberapa hal yang bisa kita persiapkan sebelum melakukan perjalanan ke pulau Panjang Jepara. Kalau kamu berkunjung ke Jepara, jangan sampai melewatkan wisata ke sana ya. 


Selamat berlibur, salam hangat dari saya.

Kudus, awal Oktober 2019.

You Might Also Like

24 comments

  1. Wah senangnya bisa liburan ke Pulau Panjang Jepara.Bisa diving dan snorkeling nih.
    Btw, kalau mau ke sini nginepnya paling mudah di mana ya Mbak?

    ReplyDelete
  2. Di sekitar Pantai Kartini ada beberapa penginapan Mbak. Bisa browsing dulu. Kalau pas liburan lebih ramai biasanya.

    ReplyDelete
  3. Asyik ih udah liburan aja. Semoga kapan-kapan aku ada kesempatan main ke Jepara. Bisa dimasukin ke list untuk liburan nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemon Mbak, jangan lupa calling2 kalau ke Jepara. Siapa tahu bisa meet up.

      Delete
  4. liburan ke pantai memang enak ya...bawa bekal dimakan sambil lihat laut. tapi pantainya kelihatan panas banget ya...padahal masih ada hutannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, emang panas. Apalagi musim kemarau kayak gini. Tapi tetep asyik kok.

      Delete
  5. Yuni adalah orang yang sangat menyukai pantai kak. Tidak menyangka Jepara punya pantai yang seindah itu. Hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jepara pantainya bagus-bagus emang, yuk jalan-jalan ke sana.

      Delete
  6. Sekarang² ini ke sana sepertinya gersang ya, akibat kemarau panjang.
    Btw...dinamakan pulau Panjang, apakah bentuknya panjang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah nama saya kurang paham, Mbak artinya. Karena pengaruh musim kemarau jadi terasa panas, tetapi pohon-pohon tropisnya masih lumayan melindungi dari sengatan matahari. jadi tetap adem.

      Delete
  7. Tentang Jeparaa dan seni ukirnya, aku jadi inget cerita sejarah KArtini di masanya, Mbak. Dulu Kartini lah yang membangkitkan kembali 'industri' seni ukir di Jepara yang pada saat itu hampir mati. Beliau yang dulu mengenalkan seni ukir Jepara ke Dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak. Jepara banyak melahirkan tokoh-tokoh yang melegenda. Salah satunya juga ratu Shima.

      Delete
  8. Jepara, wow! aku belum pernah singgah ke sana. Meskipun sangat akrab dengan kerajinan ukirannya, tapi berkunjung ke Jepara masih sekedar angan-angan saja. Sampai akhirnya dapat rekomendasi pantai seindah ini. Wah, langsung mupeng dong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cuss langsung diagendakan untuk liburan nanti Mbak.

      Delete
  9. Bagian kamera bener banget nih ga pake dslr atau mirorless juga tetep pake hape bisa dan jangan sampe ketinggalan dan siapkan memori nya juga yaa biar puas foto-foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, karena akan banyal view indah yang bisa diabadikan buat selfi.

      Delete
  10. Dulu ingat Jepara yang saya ingat adalah kerajinan ukirannya. Tapi sekarang kalau ingat Jepara yang saya ingat adalah Karimun Jawa-nya. Pengen bisa main ke Karimun Jawa dan ke Pulau Panjang, deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu satu jalur Mbak. Dermaganya bersebelahan. Fari pantai Kartini, bisa nyebrang ke pulau panjang dan karimunjawa.

      Delete
  11. Iya, nih. Kirain yg terkenal dari Jepara tuh ya seputar ukiran, gitu. Ternyata ada pantai cantik spt ini. Asyik yaa bisa travelling ke pantai sekeluarga begini. Pantai emang jadi salah satu pilihan terbaik termasuk Pantai Pulau Panjang ini. Sip :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Cepet lagi perjalanannya dari kota kami, Kudus. Sudah cukup puas bermain di pantainya juga.

      Delete
  12. Sayang banget pas saya ke sana sama keluarga nggak sempat snorkling soalnya udah terlalu siang menjelang sore. Padahal pasti seru ya... ombak yang nggak besar bikin kita nggak takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah ke sana juga ya Mbak? Yang snorkeling juga tidak begitu banyak waktu itu, hanya beberapa orang saja.

      Delete
  13. saat ke pantai beberapa waktu lalu saya lupa bawa peralatan mandi. Ya saya pikir enggak akan nyebur eh ternyata badan basah juga. Nyesel deh enggak bawa sabun karena ternyata air laut bikin badan lengket, wkwkwk. Pengalaman pertama mandi di pantai sih, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngajak anak2 kayaknya wajib Mbak bawa peralatan mandi dan ganti baju. Mereka pasti akan nyebur, gak tahan lihat laut hehehe.

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images