Bijak Dalam Memanfaatkan Gadget

October 31, 2019


Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat gadget tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Penggunaan gadget cukup beragam. Mulai dari mencari informasi, hiburan, ataupun membantu anak dalam belajar. Dalam menyelesaikan tugas sekolah, tidak jarang anak harus berhubungan dengan gadget untuk mencari informasi. Mereka bahkan sudah mampu mencari informasi yang berhubungan dengan pelajaran itu sendiri, tanpa bantuan 0rang tua.

Teknologi yang terdapat di gadget ini, memang cukup banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari  Bahkan, manusia modern zaman sekarang, sepertinya sudah mulai mengalami ketergantungan dengan benda ini. Gadget merupakan salah satu teknologi yang dapat dengan cepat, membantu kita untuk mendapatkan informasi. Semua informasi yang kita butuhkan, hanya berada di genggaman tangan. 

Penggunaan gadget, dua mata pisau. Jika kita tidak bijak dalam menggunakannya, maka ujung pisau yang satunya, akan menusuk dan melukai kita. Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, jika bijak dalam menggunakan smartphone ini. Anak-anak akan lebih banyak mempunyai waktu bermain dengan teman sebaya, daripada terus berinteraksi dengan gadget. Kita sebagai orang tua pun, akan lebih memiliki waktu untuk bercengkrama dengan anggota keluarga.

Manfaat Positif Penggunaan Gadget.

Sebenarnya, jika kita bijak dalam menggunakan gadget, maka akan banyak manfaat positif yang akan kita dapatkan, diantaranya :

a. Banyaknya permainan edukatif di gadget, yang akan membantu merangsang kecerdasan otak anak, sesuai dengan usianya. Sehingga dapat menjadi media belajar bagi si kecil dengan cara yang menyenangkan.

b. Sebagai media informasi yang membantu pengguna, untuk mendapatkan informasi yang positif. Seperti contoh, membantu kita mencari referensi, untuk menulis artikel atau buku.

c. Dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dengan cara yang halal. Gadget dapat dimanfaatkan untuk bisnis online yang halal. Memanfaatkan sosial media untuk promosi produk atau jasa yang kita miliki.

d. Membantu anak belajar. Dengan menggunakan gadget, akan lebih memudahkan anak dalam mencari informasi tentang tugas dari mata pelajaran tertentu pelajaran yang sedang mereka pelajari. Selain itu, gadget dapat membantu anak, mendapatkan informasi secara lengkap dalam waktu yang singkat.

e. Memudahkan dalam berkomunikasi dengan orang lain, terutama yang tinggal berjauhan. Dengan adanya gadget, kita dapat setiap saat, setiap waktu melakukan komunikasi dengan orang lain tanpa kesulitan.

Pengaruh Negatif Dalam Penggunaan Gadget.

Jika kita tidak bijak dalam pemakaian gadget, maka sebaliknya, akan ada pengaruh negatif yang didapatkan, diantaranya :

a. Memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan, karena radiasi yang ditimbulkan. Akan menimbulkan berbagai jenis penyakit, dampak dari penggunaan gadget yang tidak bijaksana.

b. Membuat anak menjadi malas belajar dan bersosialisasi. Anak akan merasa nyaman dengan gadgetnya. Mereka menjadi malas keluar rumah, karena sudah asyik dengan permainan yang ada di smartphone. Selain itu, anak akan malas belajar dan lupa waktu, karena asyik bermain gadget.

c. Membuat kita menjadi orang yang egois dan tidak peka terhadap lingkungan. Meskipun kita berkumpul dengan banyak orang, tetapi penggunaan gadget yang tidak bijak, menjadikan kita pribadi yang egois dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Terkadang, saking asyiknya kita bermain gadget, saat ada orang yang mengajak berkomunikasi, kita bahkan mengabaikannya, karena terlalu asyik dengan gadget. 

d. Jika kita tidak bijak dalam mengakses berita, maka informasi yang kita dapatkan, dapat merusak mental dan masa depan. Apalagi saat ini, semua informasi, baik yang positif ataupun negatif dapat dengan mudah kita akses. Bahkan anak-anak pun sudah dapat melakukannya sendiri. Jika kita berhati-hati dan bijak dalam menggunakan gadget, maka pengaruh negatif berita atau sebuah kejadian, akan dengan mudah mempengaruhi kita.

e. Menjadikan kita lupa waktu, karena menggunakan gadget tanpa mengenal waktu. Jika sudah terlalu asyik, dan kita tidak dapat mengendalikan diri, maka sudah dapat dipastikan, kita akan menghabiskan waktu hanya untuk berinteraksi dengan smartphone. Semua pekerjaan kita akan terbengkalai dan kita akan kehilangan banyak kesempatan emas dalam hidup kita.

Tips Bijak Dalam Memanfaatkan Gadget.

Banyak pengaruh yang kita dapatkan dari penggunaan gadget ini. Setiap orang tua, harus memberikan arahan kepada anak, untuk dapat menggunakannya dengan cerdas. Orang tua juga, harus mampu mengendalikan diri, agar bijak dalam menggunakan smartphone ini. Ada beberapa tips, yang bisa kita terapkan agar bijak dalam menggunakan gadget, diantaranya sebagai berikut :

1. Membatasi Diri.
Ini adalah kunci utama dari tips ini. Kita harus dapat mengendalikan diri, untuk tidak sering berinteraksi dengan gadget. Hal ini bisa kita biasakan, hanya dengan menggunakan smartphone ini, pada saat yang memang kita benar-benar harus menggunakannya. Terhadap anak, kita juga harus dapat membantu mereka untuk, tidak tergantung terhadap gadget. Bantu mereka untuk lebih mengembangkan bakat dan minatnya. Berinteraksi dan bermain bersama teman sebaya.

2. Gunakan Aplikasi Yang Mendukung Aktivitas Kita.
Kita dapat memilih aplikasi yang memang benar-benar kita butuhkan, untuk menunjang aktivitas kita. Termasuk dalam menggunakan media sosial. Dengan demikian, kita masih dapat memanfaatkan waktu untuk kegiatan yang lain. 

3. Tinggalkan Gadget Saat Bersama Keluarga.
Hal ini juga cukup penting. Saat kita menghabiskan bersama keluarga, maka matikan gadget untuk sementara waktu. Gunakan waktu dengan efektif bersama keluarga, tanpa gangguan gadget.

4. Hindari Bermain Gadget Sebelum Tidur.
Tidur merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Kita membutuhkan tidur untuk beristirahat dan mengembalikan energi. Jangan bermain gadget sebelum tidur, karena akan membuat mata kita lelah, dan mengalami sulit tidur.

5. Gunakan Posisi Yang Benar Saat Menggunakan Gadget.
Posisi kita saat menggunakan gadget, juga perlu kita perhatikan. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan kita. Jangan terlalu menunduk dan mata jangan terlalu dekat dalam menggunakan gadget. Posisi duduk kita juga harus diperhatiakan. Jangan terlalu membungkuk.

6. Memanfaatkan Gadget Di Waktu Senggang.
Pada saat menunggu antrian, kita dapat menggunakan smartphone untuk mencari dan membaca berita-berita yang bermanfaat. Tetapi, ada baiknya, jika juga membiasakan untuk membawa buku bacaan, untuk mengisi waktu luang.

7. Dampingi Anak Saat Bermain Gadget.
Jangan biarkan anak-anak asyik bermain gadget tanpa pengawasan dan pendampingan kita. Libatkan diri kita, saat anak bermain gadget. Kita juga harus tahu, permainan atau informasi apa yang mereka lihat. Buat kesepakatan waktu dalam penggunaan gadget.

8. Tidak Menggunakan Gadget Saat Menjalankan Kendaraan.
Gunakan smartphone pada saat yang tepat. Jangan menggunakannya pada saat menjalankan kendaraan, baik mobil ataupun motor. Karena hal itu akan membahayakan diri kita dan orang lain.

Memanfaatkan gadget dengan bijak, akan memberikan kenyamanan dalam hubungan kita dengan sesama. Berikanlah pengarahan dan teladan yang baik juga bagi anak, dalam penggunaan smartphone ini. Sangat mudah bukan, untuk bisa menjadi pengguna gadget yang bijak.

Mulailah belajar menggunakan gadget dengan bijak. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, harus tetap kita imbangi dengan kecerdasan dalam memilah dan memilih yang baik dan memberikan manfaat bagi kita dan keluarga. Jangan biarkan teknologi menguasai, tanpa kita dapat bersikap bijak dalam menyikapinya.

Kudus. akhir Oktober 2019.


You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images