Tips Memilih Tempat Wisata Yang Nyaman Untuk Keluarga

November 01, 2019


Berwisata bersama keluarga, merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bagi masyarakat, liburan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan mereka. berlibur bersama, untuk menghabiskan waktu bersama, agar hubungan antar keluarga semakin erat dan harmonis. Waktu liburan sekolah, biasanya menjadi pilihan yang tepat, bagi keluarga untuk melakukan perjalanan wisata. Meskipun terkadang, pilihan lokasi wisata menjadi kendala, karena perbedaan pendapat, tentang lokasi yang akan dituju. Namun, tetap saja hal itu cukup menyenangkan.

Sebenarnya banyak tujuan tempat wisata yang murah dan mudah dijangkau. Seperti pantai, taman hiburan, wisata pegunungan dan lain-lain.  Kita harus memperhatikan juga, lokasi wisata yang akan kita tuju itu, apakah cocok untuk anak-anak dan aman bagi mereka. Biasanya, anak-anak lebih menyukai tempat wisata yang memiliki banyak wahana permainan. Kita dapat memilih tempat wisata yang mampu menampung aspirasi semua keinginan anggota keluarga. 

Wisata bersama keluarga, dapat memberikan banyak manfaat, diantaranya :

A. Mengagumi Alam Ciptaan Allah.
Mengunjungi berbagai tempat wisata, akan membuat kita belajar secara langsung tentang arti bersyukur. Allah sudah menciptakan alam semesta ini dengan begitu indah dan sempurna. Kita dapat mengambil pelajaran dari semua ciptaan Allah ini, dengan cara membantu melestarikan keseimbangan ekosistem, menjaga kebersihan lingkungan dan juga ikut menjaga benda-benda ciptaan Allah.

B. Mendapatkan Pengalaman Baru.
Mengajak anggota keluarga berlibur bersama, dapat memberikan pengalaman baru bagi semua anggota keluarga. Dengan mengunjungi berbagai tempat, kita dapat mengetahui tentang sejarah tempat-tempat wisata yang dikunjungi, bertemu dengan orang-orang baru, budaya baru, makanan khas daerah, bahasa daerah dan lain-lain. Hal itu akan menambah keberagaman dalam diri kita. Memberikan pelajaran kepada anak, tentang perbedaan yang Allah ciptakan terdapat di muka bumi ini.

C. Membuat Hubungan Keluarga Menjadi Lebih Harmonis.
Berlibur bersama keluarga, berarti membentuk sebuah tim dalam melakukan perjalanan. Selama perjalanan, maka tim ini harus kompak. Sebagai orang tua, kita juga dapat memberikan kesempatan kepada anak, untuk memilih tempat wisata yang ingin dikunjungi. Berikan masukan dan juga pilihan alternatif tempat wisata yang lain, sehingga anak-anak akan belajar untuk memilih, tempat wisata yang cocok bagi mereka. Selama dalam perjalanan, tentu kekompakan akan senantiasa terjaga. Kita dapat bersama-sama, menikmati indahnya pemandangan dan membantu meringankan beban sesama anggota keluarga.

D. Mengukir Kenangan Indah.
Berwisata bersama keluarga, tentu akan meninggalkan kenangan yang indah dalam hidup kita bukan? Kebersamaan itu akan semakin mengeratkan ikatan batin diantara sesama anggota keluarga. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment kebersamaan dalam bentuk foto atau video. Sehingga kelak anak-anak tumbuh dewasa, kenangan itu akan terus terukir indah dalam memori mereka.

E. Mengisi Liburan Dengan Kegiatan Berkualitas.
Sebenarnya untuk mengisi liburan, tidak harus pergi ke tempat yang jauh. Menikmati indahnya alam terbuka bersama keluarga, dengan jalan-jalan menyusuri pematang sawah, camping di bumi perkemahan, bermain di tanah lapang, menyusuri sungai, dan lain-lain. Kegiatan bersama keluarga, akan tetap menyenangkan, jika dilakukan bersama-sama. 

F. Menghilangkan Stress.
Liburan bersama keluarga, juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan setelah lelah bekerja atau sedang menghadapi masalah. Meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, dan mengunjungi tempat wisata, sehingga akan menjadikan pikiran kita lebih segar dan dapat mengurangi stress.

Merencanakan liburan bersama keluarga tidak harus mengunjungi tempat yang mahal atau mewah. Bersama-sama menikmati indahnya pantai, mengunjungi taman bermain, atau sekedar makan bareng di luar, itu sudah merupakan bentuk kebersamaan yang menyenangkan bersama keluarga. Hubungan yang harmonis akan dapat tercipta, jika sesama anggota keluarga saling menunjukkan perhatian dan rasa kasih sayang.

Tips Memilih Tempat Wisata Yang Nyaman Bagi Keluarga.

Dalam memilih tempat wisata, kita tentu berharap, semua anggota keluarga menyukai dan merasa nyaman dengan pilihan kita itu. Kita simak yuk, tips memilih tempat wisata yang nyaman bagi keluarga :

1. Memilih Tempat Wisata Yang Aman.
Pilihlah tempat wisata yang aman bagi anggota keluarga. Apalagi jika kita mengajak anak-anak usia balita. Berikan perhatian dan pengawasan yang ekstra kepada anak balita kita, jangan sampai mengalami masalah di tempat wisata.

2. Pilihlah Tempat Wisata Yang Sesuai Budget.
Sesuaikan juga kondisi finansial kita, dengan tempat wisata yang akan kita kunjungi. Saat ini sudah banyak sekali tempat wisata yang menyajikan ragam fasilitas menarik dengan budget terjangkau. 

3. Perhatikan Jarak Tempuh.
Jarak tempuh juga penting kita perhatikan. Dimana domisili kita, akan berpengaruh terhadap kenyamanan saat dalam perjalanan. Jika kita memilih untuk melakukan perjalanan jarak jauh, maka pastikan untuk menyiapkan bekal yang cukup selama perjalanan. Terutama saat mengajak anak-anak. Bawalah perlengkapan yang dibutuhkan selama dalam perjalanan.

4. Belum Pernah Dikunjungi.
Pilih tempat wisata yang belum pernah kita kunjungi. Dengan demikian, pengalaman kita akan semakin beragam. Kalaupun anda ingin mengunjungi tempat yang sama kembali, maka pilihlah tempat menginap atau lokasi wisata yang berbeda.

5. Tentukan Jenis Wisata  Yang Dipilih.
Menentukan jenis wisata yang anda inginkan, juga menjadi salah satu hal yang penting, sebelum melakukan perjalanan. Apakah kita akan ke pantai, ke gunung, Museum, atau tempat wisata yang memiliki banyak wahana permainan untuk anak-anak. Penentuan jenis wisata, berpengaruh terhadap perlengkapan dan kesiapan biaya yang harus dipersiapkan.

6. Pertimbangkan Cuaca.
Faktor cuaca menjadi hal yang cukup penting, sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata bersama keluarga. Jangan memaksakan mengunjungi tempat wisata, dengan kondisi cuaca yang kurang baik. Hal itu akan membuat perjalanan kita tidak nyaman, dan juga mengancam keselamatan jiwa.

Pastikan semua hal yang berhubungan dengan perjalanan wisata yang akan kita lakukan, sudah siap. Cek juga kondisi kesehatan, agar selama perjalanan tetap nyaman dan dapat menikmati indahnya suasana. Ciptakan suasana yang nyaman selama perjalanan. Jika membawa kendaraan pribadi, maka anda harus memastikan, kendaraan tersebut dalam kondisi baik, sehingga perjalanan anda akan lancar.

Ada baiknya juga, kita memilih tempat wisata edukasi untuk menambah wawasan bagi anak-anak, seperti mengunjungi museum, mengunjungi kebun binatang, mengunjungi tempat produksi makanan, dan lain-lain. Jadi anak-anak tidak hanya menghabiskan waktu untuk bermain, tetapi mendapatkan pelajaran dari wisata tersebut. 

Tidak perlu mengunjungi tempat wisata yang jauh atau mahal. Yang terpenting adalah, kebersamaan dengan keluarga, dan kita merasa nyaman dengan lokasi wisata yang dipilih. Anak-anak juga merasa nyaman dan aman, saat berada di tempat wisata tersebut. Mengisi liburan dengan berwisata bersama keluarga, dapat menjadi salah satu alternatif untuk menambah pengetahuan bagi anak.

Berwisata bersama keluarga, tentu menjadi harapan bagi semua orang. Mengajak anak-anak menikmati indahnya alam ciptaan Allah, memberikan pengalaman untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang menarik dan indah. Jangan lupa, abadikan setiap moment kebersamaan bersama keluarga, saat melakukan perjalanan wisata ya. 

Kudus, awal November 2019.




You Might Also Like

18 comments

  1. Aku setuju mba ama yang ditulis semuanya di atas. Aku kalau ngajak jalan-jalan ama keluarga termasuk ama anak, aku juga ngajakin anak aku untuk mengenal Allah lewat ciptaannya. Soalnya dia masih kecil misalnya "De, masyAllah lihat pohongnya tinggi banget ya dan bagus lagi. Allah hebat ya bisa bikin pohon sebagus itu" yang kayak gitu itu aku suka aku sampaikan dan ajak anak diskusi juga. Dan aku juga kalau cari tempat wisata yang cocok untuk semua umur. Misalnya kalau anaknya masih batita trus kita ajakin ke liburan ke dufan. Ya nggak nyambung ya jadinya hihihi. Soalnya dufan banyak wahana yg bukan untuk batita. Aku juga menpertimbangkan jarak. Kalau terlalu jauh, kasian anak-anak juga. Kalau capek dijalan nanti jadi malah nggak menikmati liburannya lagi. Sayang kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak. Soalnya anak-anak dah besar, jadi kalau mau wisata, sekalian yang mengandung pelajaran bagi mereka.

      Delete
  2. Belajar dari alam pasti akan banyak manfaatnya. Apalagi kalau masih pu ya anak kecil. Uuugghh, momen emas banget bisa cerita banyak hal tentang alam sambil jalan-jalan.

    Aaahh, apalagi kalau sampai punya kesempatan bisa keping. Saya mah suka banget nikmati malam sepi di alam bebas. Berasa dekat dengan Pencipta.

    Jadi bahan tafakur, betapa kecil dan naif ya diri ini dibandingkan dengan semua ciptaan Allah.

    Suka sama tipsnya😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka wisata alam Mbak. Berasa benar rasa syukurnya.

      Delete
  3. Pas banget nih artikelnya. Karena anak2ku sudah besar dan punya kesibukan sendiri2, jadi momen liburan ini pas banget buat ngumpul dan wisata bareng. Biasanya sih kami mengunjungi tempat2 wisata yang belum pernah dikunjungi. Ngga harus yg mahal, yg penting kebersamaannya, biar fresh, punya kenangan, pengalaman & mengagumi ciptaan Allah SWT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak, tidak harus mahal. Bisa berkumpul bersama aja udah seneng banget.

      Delete
  4. Liburan yang murah itu nggak selalu murahan kok. Kadang yang bikin enjoy dan nyaman ya yang murah-murah itu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bisa menikmati dan bersama orang-orang terkasih, sudah menyenangkan Mbak.

      Delete
  5. Asyik, dapat tulisan ini bertepatan dengan waktu liburan tiba. Bisa jadi rujukan nih agar liburan kita berlalu dengan penuh kesan. Kalau kami sekeluarga sih paling suka dengan obyek wisata yang murah,meriah dan serunya gak abis-abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia. Samaan kita Mbak. Yang terpenting adalah kebersamaannya ya.

      Delete
  6. point penting dalam berwisata, mengagumi ciptaan Allah itu yang kadang kita lupa, hanya kesenangan semata yang dikejar, tapi rasa syukur sendiri itu kurang dari dalam hati. wisata nggak harus mahal bener ya, mbak. yang penting bersama orang-orang yang kita sayang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau wisata ke alam terbuka, baru terasa betapa luas dan indahnya ciptaan Allah ya Mbak.

      Delete
  7. Nah itu, bener mbak. Penting banget untuk mempertimbangkan faktor cuaca. Agar perjalanan kita aman dan selamat. Apalagi jika medan yg ditempuh di daerah pegunungan, harus itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah pegunungan dan laut Mbak. Kalau cuaca kurang mendukung, mending di pending aja dulu kali ya.

      Delete
  8. Setuju mb memilih tempat wisata liburan juga kudu mempertimbngkn cuaca dan jarak. Jgn smpi waktu hbs di jln krn jarak tempuh jauh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau bepergian yang jauh, harus disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya ya Mbak, biar terencana dengan baik.

      Delete
  9. Suka banget nih. Tipsnya bermanfaat banget mbak... Bener bahwa beberapa hal itu kudu dipertimbangkan sebelum berwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi membawa anak-anak ya Mbak. Pokoknya persiapannya harus matang banget hehehe.

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images