Serunya Wisata Jeep Lava Tour Merapi

July 29, 2019

Assalammu'alaikum, Pembaca.





Yogyakarta terkenal memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Selain wisata edukasi, banyak juga terdapat wisata alam yang luar biasa indah. Pemandangan alam yang memberikan pesona bagi para pengunjungnya. Salah satu wisata alam yang keren dan menarik adalah, Wisata Jeep lava Tour Merapi. Wisata ini menyuguhkan, petualangan seru dengan mengendarai jeep, menyusuri kawasan yang terdampak erupsi gunung merapi. Para wisatawan akan diajak mengunjungi ke beberapa destinasi pasca letusan gunung Merapi.

Petualangan ini memacu adrenalin kita, karena melewati jalanan yang terjal, berdebu dan juga curam. Disepanjang perjalanan, kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah. Kesejukan udara pegunungan juga menambah suasana semakin menyenangkan dan segar. Dalam tour ini ada beberapa paket wisata yang di tawarkan. diantaranya :

1. Short Route.
    Harga 350.000/jeep. Durasi 2 jam
2. Medium Route.
   Harga 450.000/jeep. Durasi 2 jam
3. Long Route.
   Harga 600.000/jeep. Durasi 3 jam
4. Sunrise Route.
   harga 400.000/jeep. berangkat pukul 04.30 WIB.


Liburan bulan juli kemarin, saya dan keluarga alhamdulillah berkesempatan untuk mengikuti wisata jeep lava tour ini. Kami memilih paket Short Route, karena berkaitan dengan waktu yang kami miliki. Berangkat dari villa tempat  menginap, sekitar pukul sembilan. Kami memulai petualangan seru ini ditemani cuaca yang cerah. Rute yang kami kunjungi adalah :

1. Museum sisa hartaku. 
 Museum ini dibangun untuk mengenang kejadian erupsi gunung merapi pada 5 November 2010.         Banyak benda-benda dan perabot rumah tangga milik warga, yang meleleh akibat abu panas merapi. Diantaranya, ada sepeda motor, televisi, perabotan makan, mobil, daun pintu dan jendela, dan masih banyak lagi perabot rumah tangga milik warga yang menjadi saksi bisu, bagaimana dahsyatnya erupsi merapi saat itu. Dari banyaknya sisa harta masyarakat yang terkena bencana, di simpan di Museum ini.


 foto : Museum sisa hartaku

2. Bunker Kaliadem.
 Destinasi selanjutnya yang di kunjungi setelah Museum Sisa Hartaku adalah, Bunker Kaliadem. Konon   Bunker ini di gunakan sebagai tempat perlindungan dari bahaya lahar panas. Kami pun         masuk ke dalam Bunker tersebut. Suasana  di dalam ruangan sangat gelap dan pengap. Menurut cerita dari     pemandu wisata kami. Di dalam bunker ini dulu sempat ada dua relawan yang tewas karena terkena lahar panas.

foto : Bunker Kaliadem

3. Trek Basah Kalikuning.
Perjalanan selanjutnya adalah, menuju ke Trek Basah Kalikuning. Di sini kita diajak untuk melewati sungai kuning yang menyegarkan sekaligus seru. Kami diajak bermain manuver di sungai. Ladies bisa bayangain kan, betapa seru dan hebohnya kami, ketika sopir jeep melakukan manuver yang cukup- membuat jantung berdebar-debar. suara jeritan dan tawa menggema selama kegiatan ini berlangsung. 


Nah, ladies. Itu tadi adalah tiga tempat yang menjadi tujuan dari Jeep lava tour merapi dengan pilihan  paket shourt route yang kami ambil. Semua kegiatan tour itu di selesaikan dalam waktu selama kurang lebih dua jam. Rasanya, masih ingin mencobanya sekali lagi, tetapi karena kami harus melanjutkan perjalanan, maka cukuplah dengan paket short route itu.

Ladies, kegiatan tour ini sangatlah menarik. Akan tetapi, karena kegiatan ini dilakukan di alam terbuka, maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan selama mengikuti tour ini, agar berjalan dengan aman, nyaman dan menyenangkan. Apa saja sih yang harus kita persiapkan sebelum mengikuti jeep tour ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Memakai Masker.
 Ini adalah syarat terpenting nomer satu. karena kita berada di alam terbuka dan berdebu. Maka, masker adalah hal penting yang harus kita siapkan.Namun, Ladies jangan khawatir jika lupa membawa masker. Pihak jeep sudah menyiapkan masker untuk para penumpangnya.

2. Memakai Sepatu.
 Usahakan agar kita memakai sepatu saat melakukan perjalanan wisata ini. Hal ini menjadi sesuatu yang cukup penting. Karena akan lebih memudahkan kita dalam melakukan aktivitas naik turun jeep dan berjalan mendaki tempat wisata. Area merapi yang cukup terjal, membuat kita harus tangkas dalam bergerak. Dengan memakai sepatu, maka langkah kita akan lebih nyaman.

3. Membawa barang bawaan secukupnya.
Usahakan tidak membawa barang terlalu banyak. Karena kegiatan kita lebih banyak di atas jeep yang berjalan melewati jalanan yang terjal dan curam, bawalah barang secukupnya yang bisa mendukung kegiatan wisata kita. contoh : ponsel/kamera dan dompet. Jangan lupa, simpan dengan hati-hati barang bawaan kita itu.


4. Memberikan Pengawasan Ekstra Untuk Anak Usia Di Bawah 3 Tahun.
Karena kegiatan ini dilakukan di alam terbuka, maka Ladies harus memberikan perhatian yang ekstra kepada anak-anak di bawah usia 3 tahun, yang mungkin ikut serta dalam tour itu. Pastikan mereka juga menggunakan peralatan keselamatan, dan tetap berada dalam jaungkauan kita, demi kelancaran dan kenyamanan perjalanan selama tour berlangsung.


foto : Bersama istri Mbah Maridjan

Nah Ladies, itu tadi beberapa hal yang harus kita persiapkan sebelum melakukan wisata jeep tour ini. Jangan lupa persiapakan fisik dan mental kamu ya. Saat kita berkunjung ke Yogya, jangan sampai melewatkan tour wisata ini. Karena kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Selamat liburan.

Kudus, medio Juli 2019

You Might Also Like

12 comments

  1. Saya sudah pernah memang seru banget memacu adrenalin banget asyiiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Jadi pingin nyoba lagi ya hehehe.

      Delete
  2. Serunya Wisata Jeep Lava Tour Merapi yaa
    Ini satu jeep bisa berap orang, Mbak
    Terus apakah rute ditentukan?
    Kita dijemput dan diantar lagi di meeting point atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu jeep bisa 4 orang dewasa Mbak. Kita tinggal pesan via Wa. Nanti dijemput dan diantar kembali ke villa. Kalau kita menginap di sana. Kalau mau janjiaan di meeteing point juga bisa Mbak.

      Delete
  3. Akhir tahun kemarin aku wisata Lava Tour juga, Mbak. Cuma waktu itu hujan sejak pagi, ajdinya gak bisa pepotoan karena sayang sama kameranya. Nggak bisa atraksi macam2 pula karena jalanan licin. tapi ya lumayanlah, karena tetep menantang. Malahan menantang banget karena sambil hujan2.

    ReplyDelete
  4. Dulu banget, aku pernah ke lokasi ex lava Merapi bareng temen². Kalau ga salah, setahun sesudah letusan. Kami nyewa mobil. Jadi engga pakai jeep. Jadi engga seru²an ngepot gitu sih. Kayaknya perlu dicoba tuh yg naik jeep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk Mbak dicoba lagi. Bisa sambil basah-basahan di trek kali kuning.

      Delete
  5. Asik banget ya mba, keliling sekitaran Merapi. Tapi pas cuaca berangin dan berdebu gini emang tantangan banget. Mana mataharinya genit banget di atas hehe. Btw kalo ke Jogja lagi colek-colek dong. Kali aja bisa mitap kita

    ReplyDelete
  6. Sepertinya seru. Yuni suka yang memacu adrenalin begini. Tapi kadang suka parno sendiri.

    Tapi nggak papa lah. Suatu saat nanti mau nyobain.
    Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain Mbak. Asyik sambil teriak2 dan deg2an hehehe.

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images