Imajinasi Itu ....

May 19, 2019

Assalammu'alaikum, Pembaca.

Arti imajinasi menurut KBBI adalah, daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang. Bisa diartikan juga khayalan.

Bunda, kira-kira  apa sih yang membuat anak-anak kita merasa bahagia. Bahagia yang sesungguhya tanpa syarat. Apakah itu saat kita membelikan mereka  sebuah tas baru, sepatu baru, baju baru, mainan baru, makanan yang enak favorit mereka, ataukah saat kita mengajak mereka jalan-jalan ke tempat wisata? Sepertinya hal itu memang akan membuat mereka bahagia. Tetapi setelah mereka mendapatkan semua itu dan mereka sudah menikmatinya beberapa waktu maka, mereka akan mencari lagi sumber kebahagiaan yang lain. 

Kalau menurut saya, sumber kebahagiaan sejati bagi mereka itu adalah, saat mereka bisa berimajinasi menjadi sesuatu atau melakukan sesuatu. Disanalah sumber kebahagiaan terbesar mereka karena dengan berimajinasi mereka bisa menuangkan semua yang ada di dalam pikiran mereka, tentu saja sesuai dengan usianya ya. Saat mereka berimajinasi menjadi sesuatu atau seseorang, berimajinasi melakukan sesuatu maka, dunia ini seakan menjadi miliknya. Tidak peduli dengan yang lain. Setiap anak pasti pernah dan senang berimajinasi.





Ada beberapa tips yang biasa saya lakukan, saat putri saya sedang berimajinasi dan ini mungkin bisa kita terapkan : 

1. Menjadi penonton yang baik saat mereka berimajinasi.

Tidak memberikan komentar terhadap imajinasi yang mereka lakukan, kecuali jika mereka meminta kita memberikan tanggapan. Seorang penonton yang baik, akan melihat pertunjukan yang ditontonnya sampai selesai tanpa banyak komentar.

2. Jadilah artis yang profesional. 

Jiika mereka menginginkan kita masuk kedalam dunia imajinasi mereka. Menjadi pemeran yang profesional saat anak-anak meminta kita bergabung dalam imajinasi mereka. Posisikan diri sebaik mungkin, senyata mungkin sesuai dengan peran yang mereka kehendaki, sehingga akan menimbulkan rasa bahagia dan percaya diri pada anak.

3. Berikan penghargaan atas karya imajinasi mereka. 

Memberikan penghargaan sangat penting bagi mereka atas karyanya. Penghargaan tidak harus dalam bentuk materi. Berupa tepuk tangan yang meriah, acungan jempol atau kecupan sayang buat mereka dan kata-kata yang menimbulkan kepercayaan diri atau berisi pujian, akan sangat bermanfaat dan disukai oleh anak-anak.

4. Berikan pengarahan jika imajinasi mereka mulai keluar dari jalur yang tidak semestinya.

Nah, hal ini juga cukup penting ya Bunda. Agar imajinasi mereka berada di jalur yang positif dan itu benar-benar mengasah daya pikir dan kreativitas mereka maka, memberikan arahan tetap kita lakukan, apabila imajinasi mereka tidak sesuai dengan norma atau hal-hal yang negatif lainnya karena bisa jadi, pengaruh teknologi yang semakin canggih ini, membuat mereka mempunyai imajinasi yang tidak seharusnya untuk di kembangkan.


Bunda sholihah, kita masih tetap bisa mengontrol imajinasi mereka dengan pendampingan yang benar dan berperan aktif dalam pengasuhan mereka. Menjadi orang tua yang kreatif dan komunikatif adalah kunci bagi kita untuk mengimbangi dunia anak yang penuh warna. 

Selamat mencoba ya Bunda sholihah ... salam hangat dari saya.



Kudus, medio Mei 2019.




You Might Also Like

4 comments

  1. Keren postingannya! Terimakasih ya kak sudah berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir.

      Delete
  2. Replies
    1. Semoga bermanfaat,terima kasih sudah mampir.

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images