Daerah di Indonesia yang Menjadi Sentra Kerajinan Batik

Juli 14, 2022

Adakah Teman-teman yang suka memakai pakaian berbahan batik? Batik adalah salah satu kain khas Indonesia yang proses pembuatannya secara khusus dengan menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan indah di atas kain mori. 

Batik juga merupakan salah satu warisan luhur budaya bangsa Indonesia. Bahkan sejak tanggal 2 Oktober 2009 bertempat di Abu Dhabi, Uni Emirat  Arab, UNESCO telah menetapkan secara resmi, batik merupakan salah satu warisan budaya tak benda (The Representative List of the Intangable Cultural Heritage of Humanity).

Sumber foto : Pixabay.com

Saat ini bahkan sudah banyak tokoh dunia yang mengenakan batik dalam forum internasional. Selain itu, beberapa desain fesyen internasional juga mulai mengadopsi batik Indonesia dalam karya mereka. Sebagai warga negara Indonesia, kita tentu bangga dengan hal ini. 

Berbicara tentang batik, tentu tidak terlepas dari beberapa daerah di Indonesia yang menjadi sentra kerajianan batik. Sebenarnya, hampir di seluruh daerah di Indonesia memiliki produk batik dengan ciri khas tersendiri. Namun, ada beberapa daerah yang terkenal sebagai daerah sentra kerajinan batik, karena menjadi pusat produksi batik. Berikut beberapa daerah di Indonesia yang menjadi sentra kerajianan batik.

Daerah yang menjadi sentra kerajinan batik

Pekalongan

Kota Pekalongan terletak di daerah Jawa Tengah. Terkenal sebagai sentra produksi batik sejak dahulu kala. Bahkan diyakini, batik masuk ke Pekalongan sudah sejak abad ke-19, atau sekitar tahun 1800-an. Produksi batik banyak dikerjakan di rumah-rumah masyarakat.

Solo

Kota Solo juga terletak di Provinsi Jawa Tengah. Produksi batik sudah terbangun sejak masa lampau. Di sana juga terdapat beberapa sentra batik, antara lain Danar Hadi, Kampung batik Laweyan, pasar Klewer, kampung Batik Kauman, Pusat grosir Solo.

Cirebon

Salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Barat ini menjadi salah satu daerah penghasil batik terbesar di provinsinya. Memiliki motif dengan ciri khas tersendiri yang menjadi ikon kota, yaitu motif megamendung.

Madura

Selain terkenal dengan wisata alam dan religinya, Madura juga terkenal sebagai sentra batik. Beberapa kota yang menjadi pusat pembuatan batik antara lain,. Bangkalan, Sumenep, dan Pamekasan.

Jambi

Propinsi Jambi terkenal sebagai sentra batik sejak masa kejayaan Kesultanan Melayu Jambi. Motif batik Jambi juga terkenal dengan ciri khasnya yang berwarna merah, dan motif utamanya adalah flora dan fauna.

melestarikan warisan budaya batik menjadi tugas kita semua. Motif batik tiap daerah dengan ciri khas tersendiri, semakin menambah ragam budaya nusantara. Kita dapat melihat sejarah suatu daerah dengan melihat motif batiknya. 

Banyak kisah-kisah sejarah yang tertuang dalam lukisan kain batik. Setiap warna dan corak memiliki arti yang mendalam. Warna kain batik yang cantik dan unik juga menjadi daya tarik tersendiri, sehingga batik semakin digemari oleh hampir semua lapisan masyarakat.

Proses pembuatannya yang cukup detail dan membutuhkan konsentrasi tinggi, serta daya kreasi yang besar, tentu membuat batik semakin menjadi salah satu produk yang memiliki keunggulan dan nilai budaya yang tinggi. Mari kita lestarikan batik sebagai warisan budaya tak benda agar semakin dikenal, terutama oleh generasi muda yang akan datang.

Salam hangat

Ulfah Wahyu


You Might Also Like

27 komentar

  1. Batik itu memang cantik dan menarik. Dulu saya senang sekali mengenakan celana batik. Rasanya unik dan beda. Motifnya pun sangat beragam, tapi anehnya cocok dipadupadankan dengan aneka bahan dan motif lainnya. Semoga batik Indonesia terus berjaya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain unik bahannya juga nyaman ya batik itu.

      Hapus
  2. Bangga jadi orang Indonesia meskipun bukan orang Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batik tidak hanya di Jawa saja mbak, yang pasti kita tetap bangga ya dengan aneka keragaman budaya Indonesia.

      Hapus
  3. Batik itu Indonesia banget. Saya suka batik dan setiap daerah memiliki batik khasnya tersendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, batik tiap daerah memiliki ciri khas tersendiri

      Hapus
  4. Wastra Nusantara yg selalu bikin bangga

    Keren batik ini ya.
    Suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bangga punya wastra nusantara yang mendunia.

      Hapus
  5. Batik tulisnya madura punya nih mba bagus. Memang mahal banget sih yang asli, cuma emang bagus banget coraknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau batik tulis memang biasanya mahal mbak, karena proses pembuatannya lebih detail.

      Hapus
  6. Batik masa kini model dan warnanya sangat menarik.
    Dari manapun, tampak sangat cocok digunakan dalam berbagai acara, semi-formal ataupun formal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih fleksibel ya mbak pemakaiannya, tergantung kondisi.

      Hapus
  7. Wah ternyata banyak ya, daerah sentra kerajinan batik di Indonesia
    Aku selama ini tahunya cuma solo, Pekalongan dan Madura saja
    Batik adalah warisan budaya Indonesia yang membanggakan

    BalasHapus
  8. batik memang merupakan salah satu warisan budaya kita yang harus selalu dilestarikan ya, mbak dan setiap daerah pasti memiliki ciri khasnya masing-masing soal batik ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, setiap daerah memiliki ciri khas dan cerita sendiri dibalik karya batiknya.

      Hapus
  9. Wah ternyata di Sumatera yaitu di Jambi, ada juga sentra batik ya. Aku tahunya batik ada di Solo saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya setiap daerah ada mbak sentra batik, cuma yang lebih terkenal daerah Jawa ya.

      Hapus
  10. Eh jambi jg termasuk? Saya pikir cuma di jawa aja yang jafi centra batik indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap daerah memiliki ciri khas sendiri mbak.

      Hapus
  11. batik itu memang indonesia banget ya dan banyak sekali jenisnya, bisa dibilang tiap daerah punya ciri khas motif batik sendiri-sendiri yang unik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, setiap daerah memiliki ciri khas sendiri dan cerita sendiri tentang motif batiknya.

      Hapus
  12. Kalau di Madura salah satu sentra nya ada di dekat rumahku. Nggak terlalu dekat sih. Tapi aku suka banget sama batik dari sana. Motif dan coraknya keren. Harganya pun agak mahal kalau menurut kantongku. Makanya aku harus nabung biar bisa beli Batik Tanjung Bumi. Hehehe

    BalasHapus
  13. Kalau ngomongin batik emang seru, Mbak. Sekarang ini, coraknya macem-macem, ada yang bergaya kekinian dengan motif trendi ala-ala anak muda juga. Kalau sudah jadi baju, harganya juga beragam dari yang murah sampai yang mahal. Tinggal pilih. Bisa dipakai di segala acara juga, disesuaikan sama model bajunya yang gak harus selalu formal.

    BalasHapus
  14. Batik bisa digunakan dalam segala suasana, formal maupun informal. Dari harga yang paling murah sampai yang termahal. Semua tergantung selera. Batik is the best.

    BalasHapus
  15. Aku sukanya batik yang coraknya kalem aja sih. Bagi orang-orang yang suka gambar-gambar di buku sekolah, sukanya batik apa?

    BalasHapus
  16. Sekarang batik gak hanya dipakai untuk acara-acara resmi aja. Model dan jenisnya macam-macam sehingga bisa dipakai di segala jenis acara.
    Saya sendiri senang dengan motif batik yang sederhana dan warna natural.

    BalasHapus