Membangun Ketahanan Keluarga untuk Mewujudkan Keluarga yang Berkualitas

Maret 10, 2021



Keluarga adalah salah satu unit terkecil dari masyarakat. Keluarga juga merupakan tempat yang nyaman bagi seseorang untuk melabuhkan penat setelah seharian beraktivitas di luar rumah, selain itu keluarga juga merupakan gerbang pendidikan yang paling awal dari seorang individu. Memiliki keluarga yang harmonis adalah dambaan semua orang. Apalagi ditambah dengan anak-anak yang sollih/sholihah, pastinya kehidupan keluarga akan semakin bertambah bahagia.

Namun untuk mewujudkan keluarga yang harmonis, berkualitas dan bahagia tidaklah semudah membalikan telapak tangan ya Moms. Ada banyak rintangan, ujian dan juga usaha yang harus kita tempuh untuk mewujudkan keluarga berkualitas dan bahagia. 

Keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu dan anak harus memiliki visi misi yang sama untuk mewujudkan keluarga berkualitas itu. Membangun ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas harus di dukung oleh semua anggota keluarga. Terlebih di era digital ini dan masa pandemi yang masih setia menemani hari-hari kita, maka peran keluarga sangat penting untuk dapat membangun ketahanan itu.

Tips Membangun Ketahanan Keluarga untuk Mewujudkan Keluarga yang Berkualitas


Seiring dengan perkembangan zaman khususnya teknologi informasi, menimbulkan tantangan yang tidak mudah untuk mewujudkan ketahanan keluarga agar terwujud keluarga yang berkualitas. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar terwujud keluarga berkualitas dengan membangun ketahanan keluarga.

Membekali dengan Ilmu Agama
Agama merupakan rem bagi perilaku manusia. Seseorang yang mentaati ajaran dalam agamanya dengan sungguh-sungguh, maka dia akan dapat melewati semua ujian hidup. Oleh karena itu, membekali anggota keluarga dengan ilmu agama yang benar, akan menjadi kontrol bagi setiap perbuatannya. Tanamkan pemahaman agama sejak kecil, biasakan semua anggota keluarga bertingkah laku sesuai dengan tuntunan agama yang dianut. Berusaha untuk menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Mencurahkan Kasih Sayang dengan Tulus
Kasih sayang dalam sebuah keluarga mutlak diperlukan, karena dengan adanya rasa kasih dan sayang itulah yang akan menumbuhkan rasa nyaman, tentram dan bahagia. Ketiga rasa itu akan sangat mempengaruhi dalam perilaku anggota keluarga ketika bersosialiasi dengan lingkunganya. Oleh karena itu, mencurahkan kasih sayang dengan tulus akan menjadi salah satu kunci dan motivasi dalam membangun ketahanan keluarga agar terwujud keluarga yang berkualitas.

Membangun Sikap Optimis
Salah satu fungsi keluarga adalah menjadi sekolah pertama bagi anak dalam menjalani kehidupnya. Ketahanan keluarga akan terwujud, jika semua anggotanya memiliki rasa optimis dalam menatap masa depan. Orang tua dan anak bisa menjadi partner yang baik dalam mewujudkan masa depan yang cerah bagi keluarga, Saling memberikan motivasi sesama anggota keluarga dalam menjalani aktivitas untuk mewujudkan impian mereka, sehingga tujuan untuk mewujudkan keluarga berkualitas akan terwujud. 

Membangun Kepercayaan
Kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam hubungan keluarga, baik itu antara orang tua dengan anak, antar ayah dan ibu atau antar anak dengan anak. Keluarga dapat saling mendukunng jika ada kepercayaan yang mengikat hubungan mereka dengan kuat.

Keluarga berkualitas tidak hanya diukur dari segi materi. Tetapi ada banyak faktor yang mempengaruhinya, di antaranya adalah adanya sinergi yang harmonis antar anggota keluarga dalam menjalani kehidupan mereka, dan juga kekompakan antar anggota keluarga untuk saling mendukung dalam hal kebaikan.

Meskipun jarak memisahkan dengan anggota keluarga yang lain, tetapi ikatan hati yang kuat dan didasari atas rasa kasih sayang dan cinta, maka hubungan antar anggota keluarga akan tetap terjalin dengan baik. Membangun ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga berkualitas menjadi tanggung jawab semua anggota keluarga. 

Apalagi di masa pandemi ini ya, peran keluarga sangat penting agar siklus kehidupan dapat terus berjalan. Memastikan semua anggota keluarga  menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, sehingga tercapai tujuan untuk mewujudkan keluarga berkualitas.

Salam Hangat

Ulfah Wahyu






You Might Also Like

18 komentar

  1. Saya itu kadang sering sedih sendiri saat di kelas ada anak yg jadi trouble karena adanya masalah keluarga. Beberapa anak jadi pendiam bgt, jadi tidak aktif di kelas, tugas tugas tercecer.ada yg jadi temperental bermasalah gitu.
    Jadi setuju bgt dng tulisan mbak ini, Ketahanan keluarga itu penting banget dijaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, jika terjadi masalah dalam keluarga, akan berimbas ke anak.

      Hapus
  2. Aku suka sedih aja kalau baca, ada anak yg punya masalah di keluarga, terus efeknya ke semangat belajar yang merosot. Emang ya ketahanan keluarga penting banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bund, peran keluarga sangat penting bagi kesuksesan anak.

      Hapus
  3. nah membekali ilmu agama ini paling penting. sedih aja mba, melihat fenomena masa pandemi malah banyak keluarga hancur, hingga menyebabkan perpisahan. pasti anak-anak yang jadi korban. InsyaAllah percaya setiap ujian keluarga pasti bisa dilewati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, setiap kita pasti akan diuji sesuai dengan kemampuan, hanya ikhtiar terbaik yang bisa dilakukan bersama keluarga.

      Hapus
  4. Bener banget mbak....kalau keluarga sudah dibangun berbekal ilmu agama, Insya Allah berlimpah kebaikan dan keberkahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga selalu dimudahkan dalam menjaga keluarga kita ya.

      Hapus
  5. Bener sih. Lingkungan terkecil adalah keluarga. Jadi, kasih sayang tulus mutlak ada. Biar makin kompak dan harmonis. Nggak gampang terhempas badai yang datang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak karena kekompakan dalam sebuah keluarga akan menjadi benteng bagi anak2 dalam bersosialisasi.

      Hapus
  6. Aku setuju banget sama tulisan Mom Ulfa ini. Di masa serba digital kek sekarang ini, penting bangey ortu membangun bonding yang kuat dengan anak. Agar anak gak terbawa arus informasi dan pergaulan maya yang serba deras mengalir. Pondasi agama dan attitude yg baik minimal bisa menjadi tiang penjaga anak-anak. Semangat membersamai anak ya Mom..

    BalasHapus
  7. Setuju, tidak hanya materi tapi sinergi yang harmonis antar anggota keluarga dalam menjalani kehidupan juga saling mendukung dalam hal kebaikan. Sehingga akan tercipta keluarga yang harmonis jiwa raga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga selalu dimudahkan ya mbak untuk bisa mewujudkan itu.

      Hapus
  8. Nah iya, untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas itu kita perlu membangun ketahanan keluarga dengan mencurahkan kasih sayang yang tulus, membekali anak-anak dengan ilmu agama, dan membangun kepercayaan di dalam keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suport dari keluarga akan membawa dampak positif bagi perkembangan anak ke depannya ya mbak.

      Hapus
  9. Nice Info mbak, sukses selalu jangan lupa berkujung:)

    BalasHapus