Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

December 28, 2019




Tanaman lidah buaya sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Tanaman ini juga termasuk dari 10 tanaman yang paling potensial di dunia, untuk dapat dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Lidah buaya atau dikenal juga dengan nama aloe vera ini berasal dari Afrika. Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh, baik di pekarangan atau pot. Selain itu, tanaman ini juga sangat dikenal di masyarakat dan termasuk mudah dalam menanam dan merawatnya.

Tanaman lidah buaya mengandung beberapa unsur, diantaranya protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Selain itu juga mengandung asam amino. Bentuk tanaman ini hampir mirip dengan kaktus, namun di balik daunnya yang lebar, terdapat gel yang sangat berlendir. Dengan banyaknya kandungan berbagai nutrisi di dalamnya inilah, tanaman lidah buaya menjadi tanaman herbal yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan Dan Kesehatan 

Berikut ada beberapa manfaat tanaman lidah buaya yang bagi kesehatan dan kecantikan :

1. Untuk Kesehatan Rambut.
Anak laki-laki saya, beberapa waktu yang lalu mengikuti kegiatan polisi cilik. Dalam kegiatan tersebut, mengharuskan semua peserta memotong rambutnya model 0-0-1. Bisa dibayangkan, bagaimana bentuk potongan model itu Bunda? Ya, mirip dengan potongan rambut para taruna, nyaris gundul. Ternyata, hal itu membuat putra saya merasa tidak nyaman. Setelah kegiatan Polisi cilik selesai, dia pun mengoleskan tanaman lidah buaya yang ada di halaman rumah pada rambutnya itu. Nah ternyata yang dilakukan oleh anak saya itu benar, karena lidah buaya ternyata mempunyai khasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Diantaranya, menguatkan akar rambut, menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok dan membuat rambut menjadi berkilau.

2. Menjaga Kesehatan Bibir.
Lidah buaya mampu membantu melembabkan, menghaluskan, dan membuat warna bibir menjadi merah alami, dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada bibir setiap hari.

3. Membantu Mengatasi Jerawat.
Dalam tanaman lidah buaya, mengandung zat anti radang dan antimikroba. Oleh karena itu, lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawat. Gunakan tanaman ini sebagai masker, secara rutin.

4. Melembabkan Kulit.
Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang mampu membantu mempertahankan kelembaban kulit. 

5. Mempercepat Penyembuhan Luka.
Kandungan kalsium dan antioksidan yang terdapat di dalam tanaman lidah buaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

6. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut.
Lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena mengandung sifat anti bakteri. Tanaman ini juga digunakan untuk mengatasi plak gigi.

7. Menghilangkan Stretch Mark.
Nah, ini dia manfaat yang paling membantu Ibu pasca melahirkan. Biasanya masalah stretch mark akan sangat mengganggu. Ternyata lidah buaya dapat membantu menghilangkannya, dengan cara mengoleskannya pada bagian stretch mark tersebut.

8. Menjaga Sistem Pencernaan.
Tanaman lidah buaya, mengandung enzim yang dapat membantu pemecahan gula dan lemak yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk membantu menurunkan iritasi pada lambung dan usus.

9. Membantu Mengurangi Berat Badan.
Mengkonsumsi lidah buaya, akan membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Hal tersebut secara langsung akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat, sehingga akan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh dan pencernaan akan terjaga.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman lidah buaya ini. Selain dimanfaatkan secara mentah. lidah buaya juga dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat untuk dinikmati. Selamat mencoba aneka olahan lidah buaya dan rasakan manfaatnya ya Bunda.

Kudus, akhir Desember 2019.



You Might Also Like

17 comments

  1. Sangat informatif sekali kak artikelnya, terimakasih

    ReplyDelete
  2. Recommended banget nih buat aku yang suka pengobatan herbal, sedang perlahan menjauhi obat-obatan kimia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mudah didapatkan dan gampang cara pemakaiannya.

      Delete
  3. Ternyata lidah buaya juga bisa menghilangkan strech mark ya, mak. Buat kulit sensitif bisa juga lho, pokoknya adem banget dech.

    ReplyDelete
  4. Emang lidah buaya ini banyak banget manfaatnya ya mba. Aku juga nanam di halaman, sewaktu-waktu butuh tinggal petik. Langsung pakai. Aku paling suka dipake untuk keramas, sama kalo pas kulit terasa panas, dikasih ini lgs adem

    ReplyDelete
  5. Dulu pernah menanam tanaman lidah buaya, tapi terjadi kebakaran eh tanaman itu keinjak orang padahal manfaatnya banyak banget. Rencana mau nanam lagi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah, sayang banget ya mbak. Padahal manfaatnya banyak.

      Delete
  6. Mbak selama ini, lidah buaya di rumah cuma untuk urusan rambut, ternyata manfaatnnya banyak ya
    Jadi pengin coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Coba aja. Saya juga jadi tertarik.

      Delete
  7. Lidah buaya ini tanaman wajib di rumahku. Harus ditanama dan dikembangbiakan, Biasanya kami pakai untuk rambut dan wajah. Pengin nyoba dibikin jus juga, tapi blm berani nyobain. Ngeri aja sama baunya. Kalau untuk campuran minuman udah sering coba tapi kurendam dulu semalaman untuk menghilangkan baunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk minuman belum pernah nyoba mbak. Paling yang bentuk gel kayak agar-agar itu.

      Delete
  8. Bener mb manfaat lidah buaya banyak. Dari buat rambut hingga pncernaan. Ada produk minuman berbahan lidah buaya, pernah coba mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau minuman dari lidah buaya belum pernah nyoba mbak. Pernahnya yang agar-agar berbahan lidah buaya.

      Delete
  9. tanan yg dpt dijumpai dimana aja ini, ternyata menyimpan manfaat yg luar biasa ya. Terima kasih infonya Mba

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images