Review Buku Seri 10 Shahabiyah Wanita Mulia

November 17, 2020


Judul Buku    : Seri 10 Shahabiyah Wanita Mulia

Penulis          : Wulan Mulya Pratiwi, dkk  

Ilustrator       : Ning Rahyau, dkk

Penerbit         : Ziyad books

Cetakan         : Pertama 2020


Begitu pertama kali melihat buku Seri 10 Shahabiyah Wanita Mulia ini, saya dan si kecil langsung jatuh cinta dengan cover dan ilustrasinya. Beneran deh, keren habis. Si kecil bahkan langsung minta di fotoin bareng dengan buku ini, hihihi. Buku ini saya pesan secara online melalui salah satu penulisnya yang kebetulan satu grup di komunitas menulis. 

Awal saya membeli buku ini adalah tertarik dengan judulnya dan juga karena ingin mengikuti challenge membaca nyaring yang diadakan oleh penerbitnya, dan ternyata setelah bukunya mendarat, benar-benar di luar ekspektasi, dengan penampilannya yang imut dan oke punya, malamnya langsung saya praktek membaca nyaring dengan si kecil sebelum tidur, dilanjutkan keeseokan harinya membuat video challenge.

Kisa-kisah dalam buku ini benar-benar luar biasa. Jujur saya jadi lebih paham dan mengetahui secara detil tentang 10 Shahabiyah Wanita Mulia ini. selama ini hanya mendengar beberapa kisah wanita mulia di antaranya, Bunda Khadijah, Aisyah, Fathimah dan Asma. Setelah membaca buku ini, saya jadi lebih tahu, ternyata masih banyak kisah shahabiyah wanita mulia lainnya yang tidak kalah hebat dan bisa menjadi panutan.

Sinopsis Buku

Terdiri dari 10 buku dengan ukuran 20cmx20cm, berisi 10 kisah Shahabiyah wanita mulia, yaitu Khadijah, Aisyah, Fathimah, Asma, Ummu Salamah, Saudah, Ruqayyah, Hafsah, Shafiyyah, Zainab. Dimana kisah ini bercerita tentang istri-istri Rasulullah yaitu Khadijah, Aisyah, Ummu Salamah, Saudah, Hafsah, Shafiyyah dengan segala keutamannya, keteguhannya dan kesetiannya dalam mendampingi dakwah Rasulullah.

Para Ummul Mukminin itu mempunyai sifat yang mulia, mereka sangat kuat memegang prinsip, dermawan, cerdas dan pantang menyerah dalam mendampingi dakwah Rasulullah, meskipun harus menghadapi begitu banyak ujian dan juga rintangan, namun mereka tetap tegar dalam menjalankan perannya sebagai istri dan juga pendamping Rasulullah sebagai manusia mulia.

Sementara tiga buku dengan judul Fathimah, Ruqayyah, Zainab bercerita tentang putri-putri Rasulullah yang memiliki akhlak mulia, dermawan, zuhud, pemberani dan teguh kepada keimanannya. Mereka adalah para wanita-wanita yang luar biasa dan patut menjadi teladan. Sedangkan satu buku yang lainnya adalah berkisah tentang Asma, putri Abu Bakar ash-Shiddiq yang terkenal sebagai pemilik dua ikat pinggang karena keberaniannya berjuang dalam membantu dakwah Rasulullah dan Ayahnya.

Baca Juga : Review Buku Totto Chan Gadis Cilik di Jendela

Kelebihan Buku

Buku kisah seri 10 Shahabiyah Wanita Mulia ini sangat bagus penampilannya. Dengan cover warna warni dan ilustrasi yang menarik, membuat anak-anak menyukai tampilan fisik buku ini. Dikemas dalam sebuah dus berwarna dusty pink, dengan kombinasi biru elektrik, hijau muda dan juga kuning dengan gambar ilustrasi seorang anak perempuan kecil dalam posisi mengangkat tangan, seperti berdoa membuat tampilan secara keseluruhan buku ini benar-benar eye catching.

Buku ini di tulis dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak. Setiap akhir cerita ada pesan hilkmah yang di sampaikan dari setiap kisah para wanita mulia ini, selain itu buku ini  juga dilengkapi dengan doa-doa harian yang bisa dihafal oleh anak-anak dengan mudah.

Buku ini cocok dipakai untuk membaca nyaring atau bagi anak usia 9 tahun yang sudah dapat membaca dengan lancar, bisa menjadi pilihan bacaan yang menarik. Si kecil bahkan meminta saya untuk membacakannya berulang-ulang menjelang tidur, karena dia baru kelas satu, jadi belum begitu lancar membaca, maka saya membacakan nyaring buku ini buat dia.



Kekurangan

Saya hampir tidak menemukan kekurangan dari buku ini, karena menurut saya isi dan penampilannya oke banget. Mungkin spesifikasinya yang kurang lengkap, tidak ada jumlah halaman dan ukuran buku, hingga saya memutuskan untuk mengukur sendiri ukuran buku ini. Tetapi selebihnya, buku ini sangat menarik dan berisi banyak penegetahuan tentang 10 wanita mulia tersebut.

Buku ini ditulis oleh para penulis anak nasional yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menghasilkan karya. Buku ini juga cocok buat kado lho, dan harganya juga terjangkau. Karena saya membeli 2 box maka otomatis mendapatkan diskon Moms, karena kebetulan teman ada yang berminat, jadi sekalian order.

Jadi kesimpulannya, buku seri 10 Shahabiyah Wanita Mulia ini benar-benar recomended untuk bahan bacaan anak-anak dan juga orang dewasa. Banyak sekali ilmu pengetahuan yang didapatakan dari buku istimewa ini. Selain itu kita juga dapat mengajak anak dan diri kita untuk meneladani para wanita mulia tersebut. 

Salam Hangat

Ulfah Wahyu

        


You Might Also Like

26 comments

  1. Kayaknya orang dewasa juga bakalan tertarik nih baca bukunya. Belum semua tahu kisah tentang Shahabiyah ini ya. Termasuk saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Bund, cocok untuk semua usia, kayaknya memang di sarankan membacanya juga, biar tahu seperti apa kisah para wanita mulia ini.

      Delete
  2. Covernya udah membuat mata tertarik untuk melihat dan membaca isi di dalamnya, pasti anak-anak sangat menyukainya bahkan yang menemaninya membaca pun akan merasakan asyik ikut berpetualang di dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak dan yang pasti banyak sekali teladan di dalamnya.

      Delete
  3. buku yang oke banget buat dibaca sama si kecil ya Mom. Btw untuk yang anak cowok kira-kira ada buku lain yang seperti ini ya?

    ReplyDelete
  4. Wah... sepertinya saya juga akan tertarik dengan buku seri 10 Shahabiyah Wanita Mulia ini.
    Selain bisa membuat anak belajar tentang wanita-wanita mulia, kita selaku orang tuanya juga bisa ikut belajar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak, isinya tidak hanya untuk anak2, orang tua pun bisa mengambil teladan dari kisah ini.

      Delete
  5. Jadi ini ada 10 buku ya, Mbak? Pengin juga nih, udah waktunya buat kenalin Najwa tentang perempuan-perempuan hebat di jaman Nabi. Harga berapaan MBak? Ordernya sama siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga 250rb an mbak, sama salah satu penulisnya bisa.

      Delete
  6. Wah, anakku pasti suka nih, Mbak. Ceritanya bisa jadi suri tauladan bagi anak ya. Bahkan kita para orangtua pun bisa turut belajar bagaimana berprilaku yang baik menurut para shahabiyah ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak, sama2 belajar bersama anak.

      Delete
  7. Catat dulu, masuk list. Emang mbak, jaraaaang banget ada buku yang khusus memuat kisah shahabiyah ya. Plusnya buku ini ilustrasinya anak-anak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget ilustrasinya, anakku aja suka mbak sampai minta dibuatkan cadar seperti tokoh shahabiyah waktu masih kecil.

      Delete
  8. Melihat kemasannya, cerita dalam buku ini tak kalah menarik dengan dongeng para princess Barat. Anak2 terutama perempuan, pasti suka membacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak Rindang, bisa menjadi referensi yang bagus buat anak2.

      Delete
  9. Daripada buka youtube, memang anak sedari kecil harus dibiasakan utk membaca apalagi kisah kisah tokoh Islam ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalau yang belum lancar bisa dibacakan dulu kayak anakku.

      Delete
  10. harganya berapa mom? bagus nih ya untuk dikasih ke anak-anak jika ingin mengenalkan shahabiyah. Kadang saya juga merasa kesulitan untuk menjelaskan kepada mereka saat bertanya, kayaknya dengan cerita anak gini jadi mudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah sesuai dengan kualitas dan isi buku mbak, anak2 dan orang tua pasti suka membacanya.

      Delete
  11. Saya salut sama penulis buku anak yang mampu membuat "surga" bagi pembacanya. Rasanya nggak mudah mengolah kata-kata untuk anak-anak, sederhana tapi mengadung makna. Semoga buku-buku semacam ini makin banyak dipublikasikan sehingga banyak mewarnai dunia anak-anak dengan kebaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak benar, anak2 sangat butuh bacaan bermutu seperti ini.

      Delete
  12. Auto mupeng juga nih mbaaa
    Pastinya buku seperti ini padat bergizi. Meningkatkan cinta kita od Islam juga yaaa

    ReplyDelete
  13. Buku yang harus dipunya ni, buku ini jadi harga terjangkau ya mbak ulfa, saya kira itu yang bisa dibayar dengan sistem arisan juga. Selain kisah para shahabiyah wanita mulia, ada apa aja ya mbak?

    ReplyDelete
  14. Aku belum punya ini mbak baru beli yang masterkids...btw ini harganya brp mbak? Setelah baca buku ini, bukunya cocok untuk umur brp mbak?

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images