Manfaat Membaca Nyaring untuk Anak

September 22, 2020

Membaca nyaring adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Dilansir dari id.m.wikipedia.org membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara membaca keras di depan umum. Saya sudah melakukannya semenjak anak yang pertama, saat ini dia sudah berumur 14 tahun. Saya kemudian melanjutkannya hingga anak kedua dan ketiga. Kegiatan ini biasa kami lakukan menjelang tidur. 

Sampai sekarang saya masih rutin membacakan nyaring buku cerita kepada anak saya yang nomer tiga. Dia mempunyai beberapa buku cerita favorit yang sudah di simpan di bawah bantal, sehingga si kecil tidak perlu repot-repot lagi menggambil di rak buku. Terkadang dia meminta saya untuk mengulang membaca buku tersebut hingga berkali-kali.

Membaca nyaring bisa dilakukan oleh siapa saja, guru dan orang tua yang memiliki anak usia PAUD hingga SD. Dulu sewaktu saya masih menjadi guru PAUD, saya juga terbiasa membacakan nyaring murid-murid saya. Setelah resign, saya mencoba menerapkan kegiatan itu terhadap anak-anak di rumah. Saat ini bahkan sudah banyak pegiat literasi yang melakukan hal ini.

Baca Juga : 5 Manfaat Membacakan Buku Cerita Bagi Anak

Foto : Dokumen Pribadi

Manfaat Membaca Nyaring untuk Anak

Jika kegiatan membaca nyaring ini dilakukan secara rutin, maka akan banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan, di antaranya 

Membantu Perkembangan Otak

Pada saat anak terbiasa mendengarkan cerita, maka secara otomatis akan menumbuhkan daya imajinasinya. Dia akan membayangkan peristiwa yang terjadi, percakapan antar tokoh, ekspresi tokoh dalam cerita, angka, bilangan, sehingga otaknya akan berkembang.

Menambah kosakata

Ketika anak mendengarkan cerita, dia akan mendapatkan banyak sekali kosakata baru, sehingga akan semakin memperkaya bahasanya.

Membangun Kedekatan Emosional Anak dan Orang Tua

Membacakan nyaring secara otomatis akan terjalin komunikasi dua arah antara orang tua dan anak, sehingga kedekatan itu akan menumbuhkan rasa kasih sayang yang semakin dalam di antara mereka. Lewat membaca nyaring, orang tua juga dapat memasukkan nilai- nilai postif pada anak.

Melatih Konsentrasi Anak

Dengan mendengarkan cerita, apalagi yang di bacakan secara nyaring, secara otomatis akan menarik perhatian anak untuk mendengarkan. Konsentrasi mereka akan tertuju pada buku yang di bacakan, dan ekspresi yang membaca. Setelah selesai bercerita, orang tua dapat mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan cerita. Hal itu dapat membantu mereka untuk belajar konsentrasi. 

Menjadikan Anak Cinta Buku

Karena terbiasa di bacakan buku, anak akan mulai menyukai kegiatan membaca. Mereka akan tahu, bahwa dengan membaca ada banyak hal yang bisa di pelajari dan ilmu pengetahuan yang di dapatkan.

Lakukan kegiatan membaca nyaring ini dalam suasana yang menyenangkan dan penuh kesabaran, sehingga anak dan orang tua merasa nyaman saat melakukannya. Pilihlah waktu yang tepat dimana orang tua dan anak sudah siap melakukannya.

Membaca nyaring memberi begitu banyak manfaat, sehingga kita tidak ingin melewatkannya bukan, jadikan kegiatan ini sebagai momen yang paling indah di masa kecil anak. Tinggalkan memeori indah tentang membaca nyaring dengan banyaknya nilai positif dan pesan moral yang tersaji dalam buku cerita.

Video kami waktu ikut challenge read aloud bersama penerbit Ziyad dapat di lihat di instagram saya ya @ulfahwahyu22, silakan mampir teman-teman.

Salam hangat

Ulfah Wahyu



You Might Also Like

19 comments

  1. semangat untuk Bunda dan si kecil ya :D

    ReplyDelete
  2. Wah ada video challenge aloudnya ya di Instagram Mba, mantul deh, btw emang membaca nyaring lebih menarik anak2 n bikin dia mencintai aktivitas membaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mereka jadi lebih tertarik dan akhirnya jadi ketagihan di bacakan nyaring.

      Delete
  3. Ternyata banyaaakkk manfaatnya ya mba
    Nih kudu dibiasakan oleh para ortu ya
    Supaya anak2 makin cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus deh mbak kayaknya, biar tidak kehilangan momen masa kecil yang indah

      Delete
  4. Ternyata banyak sekali ya manfaatnya membacakan buku buat anak-anak. Sayangnya sekarang masih banyak orang tua yang kurang meluangkan waktu untuk hal semacam ini dan memilih 'menyuap' anak-anak dengan gawai. Akhirnya interaksi ortu-anak berkurang dan anak jadi minim literasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, banyak sekali. Saya juga berusaha merutinkan kegiatan ini, agar kelak anak mempunyai memori indah di masa kecil.

      Delete
  5. Sepertinya untuk orang yang jarang ngomong di rumah, manfaat membaca nyaring ini sangat besar manfaatnya ya Mba. Apalagi anak kedua saya itu telat bisa ngomong karena emang emaknya yang gak ngeh 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di coba terapi ini mbak, kam anak secara tidak langsung akam belajar kosa kata baru dan mungkin secara tidak langsung dia akan menyampaikan pendapat tentang cerita yang di bacakan.

      Delete
  6. Setuju mbak, membaca nyaring banyak manfaatnya. Saya pun merasakan. Seperti yang mba tuliskan di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,senang ya kalau kita bisa langsung merasakan manfaatnya.

      Delete
  7. Banyak banget ya, mbak manfaat membacakan buku buat anak ini. Harus sering-sering nih saya mempraktikkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mbak parktekkan, pasti akan ketagihan hehehe.

      Delete
  8. Sepakat mbak, read aloud banyak manfaatnya..
    Makanya skrg aq slalu read aloud bareng anak2 di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, kayaknya ada yang kurang gitu kalau nggak read aloud dulu sebelum tidur.

      Delete
  9. Mbak Ulfah, videonya taro dipostingan juga dongbiar sekalian lihat hehe. aku belum punya nih buku ziyad yang series shohabiyah nabi..jg pengen punya jg deh

    ReplyDelete
  10. Bener deh mba, manfaatnya banyak banget ketika kita membacakan buku ke anak-anak kita secara nyaring. Apalagi jika bisa ekspresif. Anak-anak juga terstimulasi kemampuan berbahasanya...

    ReplyDelete
  11. Banyak koleksi bukunya mbak, gimana cara memperoleh bukunya ya? Apa ada dijual online. anakku yang kecil umur 2,5 tahun. Mulai suka baca-baca tapi di daerahku agak susah cari buku anak.

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images