Hadirkan Memori Masa Kecil yang Indah bagi Anak

May 01, 2020



Jika kita berbicara tentang memori, apa yang terlintas dalam pikiran kita? Pasti ingatan kita akan berputar ulang kemasa yang telah berlalu. Di sana ada kenangan yang indah dan buruk. Setiap orang pasti memiliki keduanya, karena hidup itu ibarat sebuah perjalanan yang panjang, jadi wajar bukan jika ditengah perjalanan itu kita menemui banyak sekali peristiwa yang akan meninggalkan kenangan dalam hidup kita.

Nah Bunda, setelah kita menyadari dan mengingat kembali perjalanan kita kembali hingga saat ini, kira-kira kenangan apa yang paling membekas dalam ingatan kita? Tentu kita tidak ingin bukan, kenangan yang buruk yang akan mendominasi pikiran kita hingga dewasa. Setiap orang pasti berharap menyimpan kenangan yang indah saja dalam hidupnya. Sementara kenangan buruk akan berusaha untuk dilupakan atau hanya akan dijadikan sebagai bahan pelajaran untuk memperbaiki diri.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk menghadirkan memori masa kecil yang indah bagi anak mereka. Masa kecil adalah masa yang indah, dimana semua kenangan akan melekat sepanjang hidupnya. Menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak, akan membantu menciptakan kenangan yang indah dalam kehidupan masa kecilnya. Kenangan yang indah akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan anak selanjutnya.

Membentuk kenangan indah tidak harus melakukan hal yang mahal ya Bunda, berikut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, untuk menghadirkan memori indah bagi anak, diantaranya :

Membacakan Cerita Sebelum Tidur
Kegiatan ini sangat simple dan menyenangkan, tetapi efeknya sangat luar biasa. Saya pun melakukan hal ini bersama anak saya, ketika mereka masih usia pra sekolah. Membacakan buku cerita menjelang tidur dengan menggunakan intonasi. Ternyata mereka masih mengingatnya hingga sekarang, anak saya sudah berumur 11 tahun. Dia bahkan masih ingat dengan judul buku yang saya bacakan. Hal ini tentu saja membuat saya terharu. Ternyata, kegiatan membacakan buku cerita menjelang tidur, menjadi memori indahnya masa kecil.

Liburan Bersama
Melakukan perjalanan liburan bersama keluarga, akan menjadi salah satu kegiatan yang meninggalkan kenangan indah dalam memori anak.Liburan bersama anggota keluarga akan menghadirkan kebahagian dan mengeratkan hubungan antar anggota keluarga, dan tentu saja akan memberikan berbagai macam hikmah. Liburan tidak harus pergi ke tempat yang mahal atau jauh ya, yang penting semua anggota keluarga berkumpul dan menikmati kebersamaan itu.

Mengajak Anak Membantu Melakukan hal yang Menyenangkan Bersama
Kegiatan ini dapat bermacam-macam bentuknya, seperti memasak, berkebun, berolahraga, dan lain-lain. Kita bisa melakukan kegiatan itu sesuai dengan minat anak. Kenangan indah melakukan hal yang mereka sukai bersama orang tua akan menjadi memori terindah yang dapat memberikan efek positif dalam tumbuh kembangnya kelak.

Bersenandung Sebelum Tidur
Bersenandung sebelum tidur dapat menjadi salah satu pilihan untuk meninggalkan memori indah masa kecil. Anak-anak dapat memilih lagu kesukaan mereka, atau kita yang memilihkan lagunya. Lagu pengantar tidur ini akan membuat anak merasa nyaman dan senantiasa dilimpahi kasih sayang oleh orang tuanya.

Mengajarkan Anak Mengaji atau Beribadah
Saya terbiasa memperdengarkan murottal kepada anak saya yang berusia 6 tahun sebelum tidur. Hal itu saya lakukan saat dia masih balita, dan Masya Allah, efeknya sungguh luar biasa. Si kecil lebih mudah dalam menghafal surat-surat pendek saat di sekolah, dan hal itu menjadi salah satu memori yang dia ingat hingga sekarang. 

Kenangan yang indah dapat kita ciptakan bersama dengan anak-anak. Sebagai orang tua, kita tentu menginginkan kelak kehidupan mereka penuh dengan kenangan yang indah, karena memori yang indah akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan psikologi anak. Jika sekarang zaman sudah berganti, dengan adanya kemajuan teknologi, jangan sampai kita lalai dan lengah dalam mendampingi anak melewati masa kecilnya, untuk mendapatkan memori masa kecil yang indah.

Kesibukan orang tua dalam mencari nafkah, jangan menjadikan kita kehilangan moment berharga bersama anak. Setiap individu pasti memiliki cara terbaik untuk meninggalkan memori indah itu bagi anaknya. Sampai sekarang saya bahkan masih terus mengingat kegiatan yang dulu dilakukan bersama teman dan saudara, diantaranya berangkat mengaji ke langgar dan setiap pulang, kami harus berlari karena takut gelap hahaha, dan Ayah sudah siap menunggu di ujung gang.  Maklum, zaman itu listrik masih minim ( ketahuan ya, lahir di tahun berapa hahaha ). Cerita itu menjadi salah satu kenangan indah yang tersimpan dalam memori saya.

Masih banyak kenangan indah yang tersimpan rapi dalam memori saya, dan itu menjadi bekal bagi saya dalam mendidik anak-anak saat ini. Masa kecil yang bahagia, akan memberikan dampak pula terhadap pola asuh kita terhadap anak-anak, setelah kita menjadi orang tua. Pilihan ada di tangan kita ya Bunda, apakah akan menghadirkan memori masa kecil yang indah atau tidak bagi anak. Pastikan semua kegiatan yang kita lakukan bersama anak, menjadi kenangan yang indah dan selalu tersimpan rapi dalam memori mereka. 

Salam hangat,
Kudus Mei 2020









You Might Also Like

40 comments

  1. Alhamdulillah, salah satu hikmah di balik wabah adalah banyaknya kesempatan utk melakukan kebersamaan dg anak2 itu ya. Karma skrg anak2 di rumah saja. Walau saya juga tetap bekerja, tapi juga lebih banyak waktu kebersamaan dg anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, alhamdulillah ya masih bisa meninggalkan kenangan yang indah bagi anak.

      Delete
  2. betul Mbak, sepakat saya, memori masa kecil yang indah akan dikenang anak sampai nanti...dan pas banget saat pandemi begini kedekatan dengan anak-anak membuat kami menjadi keluarga yang makin erat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang tua harus pandai-pandai dalam menghadirkan memori indah ini ya Mbak, karena akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang mereka.

      Delete
  3. Aku terus mengingatkan diri untuk bisa menghadirkan memori baik di masa kecil anak. Seringnya mengajak anak melakukan hal menyenangkan bersama, alhamdulilah tapi aku lebih banyak waktu di rumah jadi bisa fokus juga ke anakk-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan ya Mbak untuk menghadirkan memori indah.

      Delete
  4. Aku juga sama suami sedang mengusahakan itu mbak. Apalagi usia anak2 sekarang kemungkinan teringat masa kecilnya besar. Ya walaupun dirumah aja, tetap harus ada hal menyenangkan yang dipakai untuk bercerita ketika mereka besar nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya benar-benar mengusahakan hal itu Mbak,karena ingin kelak anak-anak tumbuh dengan semua kenangan indah masa kecil bersama orang-orang yang mereka cintai.

      Delete
  5. Orang tua dituntut untuk kreatif dan tetap semangat ya di tengah pandemic seperti ini. Apalagi anak-anak kan engga ngerti, apa itu virus, kenapa harus di rumah terus. Semoga tetap semangat dan sehat yaaa...

    ReplyDelete
  6. Memori indah yang terekam di otak anak memberi peran penting pada kedekatan anak dan orang tua. Terutama saat anak sudah mulai mengenal lingkungan di luar rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak. harapannya dengan mempunyai memori indah masa kecil, anak akan dapat bertahan ditengah kehidupan yang keras.

      Delete
  7. Thankiss mbak sharingnya. Membaca tulisan seperti ini bagi saya sebagai pengingat saya untuk menjadi ibu yang lebih baik��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak, ini juga sebagai pengingat bagi saya pribadi.

      Delete
  8. InsyaAllah, aku sangat belajar dari pengalaman masa kecil. Makanya, anak-anak selalu terbiasa dengan kalimat pujian, pelukan, ikut serta dalam kegiatan bersama di rumah, termasuk dalam bermain, bekerja, dan beribadah.

    Alhamdulillah, hubungan kami sangat dekat. Sampai sekarang, bungsu masih suka minta dibacakan cerita sebelum tidur. Usianya sudah 8 tahun. Nggak papa, yang penting bahagia, hihihi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, kedekatan yang sederhana seperti itu justru akan membekas hingga dewasa nanti.

      Delete
  9. Kenangan yang akan mereka ceritakan, kelak kepada anak cucu mereka. Bahkan bisa menjadi contoh untu mereka nanti setelah punya keluarga sendiri. Ualasan yang bermanfaat. Semoga saya bisa konsisten melakukan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenangan yang akan terus melekat sepanjang masa ya Mbak. Semoga kita termasuk orang tua yang mampu mewujudkannya.

      Delete
  10. Setuju banget mba, simple things juga bisa bikin kenangan sampe bertahun2 lama'y. Pengalaman saya yg selalu terkenang2 sama kegiatan yg saya lakukan bareng bapak n ibu dulu, rasa'y baru kemarin pdhal udh bertahun2 lalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah ya Mbak senangnya memiliki kenangan indah yang akan terus menyertai sepanjang hidup kita.

      Delete
  11. Alhamdulillah mbak, saya biasa dengarkan bacaan rukiyah bayi buat anak sebelum tidur. Memang benar, jadi gampang hafal surat pendek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, saya juga sudah membuktikannya.

      Delete
  12. MasyaAllah setuju sekali dengan hal-hal di atas, bahagianya sebagai org tua yang bisa menciptakan memori senang pada anak. Alhamdulillah pula sebuah hikmah luar biasa dibalik hikmah pandemi, semua bisa berkumpul dengan keluarga:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, rasa syukur masih diberikan kesempatan untuk bisa berkumpul dengan keluarga dan saling menyayangi ya Mbak.

      Delete
  13. Terima kasih Remindernya Mbak Ulfa, bener banget kita sebisa mungkin harus bisa memberikan kenangan indah selama masih bresama anak2 sebagai amanah dari Allah ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak, karena waktu itu cepat sekali berlalu, jangan sampai kita menyesal dikemudian hari.

      Delete
  14. Betul banget mb, ini cita-cita saya banget. Ingin memberikan kenangan-kenangan indah di masa kecil ke anak-anak saya. Saya ingin ketika mereka besar banyak kenangan tentang kisah kecilnya. Salah satunya kalau saya suka mengajak anak-anak kemping ceria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senangnya ya Mbak bisa kemping ceria. Pasti akan menjadi kenangan yang indah bagi anak.

      Delete
  15. yup.. memiliki kenangan indah d masa kecil itu perlu krn akan berpengaruh hingga tumbuh dewasa nnt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, akan menjadi memeori yang indah dan melekat sepanjang masa.

      Delete
  16. Membaca tulisan ini jadi teringat dengan ungkapan psikolog Ibu Elly Risman "Inti dari parenting itu membentuk kebiasaan dan membentuk kenangan". Dan betul sekali Mba, kita memang perlu menciptakan momen-momen indah bersama anak saat kecil, sehingga nanti jika anak anak sudah mandiri dan tidak bisa selalu bersama kita lagi. Tetap ada hal manis yang bisa anak ingat dari orangtuanya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah benar Mbak, ketika orang tua sudah tidak selalu bisa mendampingi, kenangan indah bersama mereka akan selalu melekat sepanjang masa.

      Delete
  17. Kenangan indah memang sering kali sederhana ya, ga perlu mahal-mahal, cuma perlu tulus aja, nanti pasti melekat jadi memori yang indah buat anak ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sederhana dan tulus ya Mbak, sehingga anak-anak akan selalu mengenangnya.

      Delete
  18. Benar mbak, kenangan akan selalu diingat oleh anak..
    Apalagi kenangan yg indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kenangan indah akan melekat sepenjang masa, meskipun sudah banyak eristiwa yang hadir dalam kehidupan mereka.

      Delete
  19. kadang mengingat masa kecil membuat kita lebih paham bagaimana perasaan anak kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. SetujuMbak, dengan begitu kita belajar menjadi lebih bijaksana ya.

      Delete
  20. Punya masa kecil indah memang menyenangkan ya, Mbak. Bisa jadi cerita yang indah juga buat anak-anak kita.

    ReplyDelete
  21. Insyaallah untuk mengaji, aku sudah rutin ajak si bayi kalo nggak pas lagi tidur mbak. Kalo untuk bernyanyi, juga udah.. Mungkin yang belum itu bercerita sebelum tidur. Semoga setelah ini Allah mudahkan, Aamiiin

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images