Hadirkan Energi Positif dengan Menebar Kebaikan kepada Sesama

May 28, 2020

Selama masa pandemi covid-19 yang masih terus berlangsung sampai saat ini, banyak diantara saudara, kawan dan kenalan kita yang mengalami dampak dari peristiwa ini. Tidak sedikit dari mereka yang kehilangan pekerjaan, karena pihak perusahaan mengurangi jumlah karyawan demi mengurangi biaya operasional. Tentu hal ini menjadi sebuah renungan bagi kita, bahwa ada banyak orang yang mengalami masa-masa sulit dalam kondisi pandemi ini.

Bulan suci ramadan baru saja berlalu dari hadapan kita, sekarang sudah memasuki bulan syawal, bulan peningkatan yang diharapkan akan semakin menambah rasa keimanan dan juga ibadah kita. Melihat begitu banyaknya peristiwa yanng terjadi sebagai efek dari pandemi covid-19 ini tentu membuka mata hati kita untuk senantiasa bersyukur, jika selama ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk senantiasa berbuat baik kepada sesama.

 foto : dokumen pribadi
 
Saya bersyukur, masih diberikan kesempatan untuk bisa berbagi dan bermanfaat bagi sesama, selama masa pandemi ini. Meskipun hanya berperan kecil, tetapi itu mampu menghadirkan energi positif dalam diri saya. Tidak hanya dalam bentuk materi, tetapi mencurahkan tenaga untuk melakukan kebaikan, juga mampu menjadi semangat untuk terus melecut diri agar tetap senantiasa bersyukur, bahwa kita masih dapat bermanfaat bagi orang lain.

5 Hal yang bisa dilakukan saat pandemi covid-19 untuk membantu sesama, diantaranya :

Berbagi 
Berbagi dalam bentuk materi, tenaga maupun pikiran, bisa menjadi salah satu cara agar kita bisa bermanfaat bagi sesama. Jika kita mampu secara materi, maka tidak ada salahnya untuk berbagi kepada yang membutuhkan. Namun, kita juga bisa berbagi dalam bentuk tenaga maupun pikiran. Membantu menyalurkan bantuan atau mengkoordinir acara penggalangan dana, bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan berbagi yang bisa kita lakukan. 

Membantu Tenaga Kesehatan
Saat ini tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam menangani covid-19. Mereka berupaya dengan sekuat tenanga untuk membantu para pasien yang terkena virus ini, oleh karena itu membantu mereka menjadi salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan, dengan cara memberikan bantuan berupa APD yang konon menjadi langka karena pandemi ini, yang terus berlangsung dan menambah korban. 

Membantu Bisnis atau Usaha Teman
Banyak pekerja yang menjalani WFH, tentu berdampak terhadap roda perekonomian dalam keluarga. Hal ini menjadikan mereka yang terdampak covid-19 berusaha untuk banting stir agar tetap bisa berdaya dan menghasilkan, diantaranya dengan membuka usaha baru. Nah, tidak ada salahnya kita ikut nglarisi usaha atau bisnis teman kita selama masa pandemi ini, dengan demikian kita tetap bisa menebar kebaikan kepada sesama.

foto : Dokumen pribadi
 
Bergabung dalam Kegiatan Sosial
Bergabung dengan kegiatan sosial akan memberikan banyak pengalaman dan mengajarkan banyak hal kepada kita, terutama yang berhubungan dengan kehidupan sosial masyarakat yang mungkin kurang beruntung. Alhamdulillah saya juga sudah tergabung di dalam sebuah organisasi yang bergerak dibidang sosial. Bersama mereka, kami bergerak membantu masyarakat yang membutuhkan, selain itu dengan berinteraksi dengan mereka, memberikan banyak pengalaman dan pembelajaran tentang kehidupan dan mampu menguatkan jiwa kita.

Menjadi Garda Terdepan dalam membantu Menjaga Kesehatan dengan Di Rumah Saja
Penting bagi kita untuk menjadi contoh bagi masyarakat agar menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan tetap berada di rumah saja. Tukang sayur langganan saya bahkan sering menanyakan, kenapa anak perempuan saya tidak pernah ikut  belanja lagi selama libur corona. Saya jawab "Dia takut corona, Mbak," kata saya, hehehe. "Wah bagus ya, Mbak nurut anaknya," jawab mbak tukang sayur. Saya secara tidak langsung ingin memberikan pembelajaran bagi para tetangga yang masih membiarkan anaknya main keluar, agar menganjurkan mereka untuk tetap di rumah saja.

Menebar kebaikan kepada sesama benar-benar mampu menghadirkan energi positif dalam diri saya. Hal itu memberikan saya kesadaran, bahwa kami masih lebih beruntung dibandingkan dengan yang lain. Rasa syukur yang terus bertambah setiap hari, mampu memberikan semangat untuk terus berbagi walau hanya sedikit. Ada rasa bahagia kala kita bisa berbagi dengan sesama.

Harapannya, semoga dengan yang sedikit ini akan menjadi bekal bagi kami untuk melanjutkan perjalanan ke kampung akherat. Melakukan kebaikan tidak harus menunggu kita sukses dulu ya, tetapi lakukan sembari kita berbenah menuju perbaikan diri. Alhamdulillah, saya sudah merasakan manfaatnya, walaupun itu hanya bersedakah dengan tenaga kita. Mari gunakan waktu yang masih tersisa ini untuk senantiasa menebar kebaikan kepada sesama, dan jangan lupa untuk terus bersyukur.

Salam hangat
Kudus, akhir Mei 2020








 

You Might Also Like

6 comments

  1. masyaallah semoga selalu istiqomah dalam menebar kebaikan mba. semoga bisa menginspirasi orang banyak. aamiin. makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Berbagi dalam kebaikan memang selalu memberikan energi positif bagi kita. Nggak banyak orang sih orang yang menyadarinya. Kita beruntung menjadi bagian yang sedikit itu. Toh, dari kebaikan itu kita sendiri yang akan menikmati hasilnya. Meski nggak di dunia yang semoga menjadi tabungan buat di akhirat kelak. Aamiin Ya Rabb.

    ReplyDelete
  3. Masa pandemi seperti sekarang ini emang berat buat semua orang ya mba. Karena itu emang kita harus turut ambil bagian sekecil apapun itu, untuk meringankan beban saudara-saudara kita. Semoga amal ibadah kita berkenan di hadapan Tuhan dan ujian ini segera berlalu. amin...

    ReplyDelete
  4. Bener mba. Kita harus berbagi apa yang bisa kita bagikan. Melakukan hal apa yang bisa kita lakukan untuk orang lain dan sebenernya ada banyak cara untuk kita berbagi seperti yang mba tulis di atas. 😍

    ReplyDelete
  5. Kita semua sebenernya garda terdepan untuk bersatupadu melawan CoViD-19. Jadi bukan hanya dokter. Alhamdulillah dengan menebar kebaikan juga menebar energi positif...

    ReplyDelete
  6. Pandemi ini kok terasa lama sekali ya berlalunya. Daripada terus mengeluh, memang lebih baik berbuat baik dengan menebarkan energi positif. Terima kasih buat ide-idenya, mba.

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images